Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Domestik Pada Saat Pandemi Covid 19 Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Supadio Pontianak

Authors

  • Kinanti Aris Maharani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Raden Fatchul Hilal Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2913

Abstract

Abstrak

Disamping dari kerugian materil, pandemi covid-19 ini juga menyebabkan adanya kebjikan-kebijakan baru seperti harus menerapkan protokol kesehatan, penutupan layanan sementara dan kebijakan terkait kompensasi pegawai serta adanya perubahan situasi dalam dunia kerja. Dengan adanya penyediaan fasilitas-fasilitas yang memadai dapat mampu memberikan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan bagi para penumpang dalam menilai suatu kualitas pelayanan. Kepuasan penumpang akan sangat berpengaruh pada saat covid-19 terhadap pengembangan fasilitas ruang tunggu yang diberikan. Penelitian ini memiliki tujua untuk mengetahui pengaruh fasilitas ruang tunggu domestik pada saat            pandemi Covid-19 terhadap tingkat kepuasan penumpang di terminal Bandar Udara Supadio Pontianak, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu  domestik pada saat pandemi Covid-19 terhadap tingkat kepuasan penumpang di terminal Bandar Udara Supadio Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif dengan seluruh penumpang yang berada di ruang tunggu terminal domestik Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak selama masa Pandemi Covid-19 sebagai subyek penelitian. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan rumus solvin. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut, 1) Variabel Kepuasan Penumpang berpengaruh terhadap variable Fasilitas Ruang Tunggu pada saat Pandemi Covid 19 di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. 2) Variabel Kepuasan Penumpang berpengaruh terhadap variabel Fasilitas Ruang Tunggu domestik dengan persentase sebesar 82,8% sedangkan sisanya 100%-82%= 17,2% di pengaruhi oleh factor lain yang tidak di teliti.

Kata Kunci: Fasilitas Ruang Tunggu Domestik, Covid-19, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Supado

 

Abstract

In addition to material losses, the Covid-19 pandemic has also caused new policies such as having to implement health protocols, temporary service closures and policies related to employee compensation as well as changes in the situation in the world of work. With the provision of adequate facilities, it can be able to provide comfort, convenience, and safety for passengers in assessing a quality of service. Passenger satisfaction will greatly affect the covid-19 period on the development of the waiting room facilities provided. This study aims to determine the influence of domestic waiting room facilities during the Covid-19 pandemic on the level of passenger satisfaction at the Pontianak Supadio Airport terminal, and to find out how much influence domestic waiting room facilities during the Covid-19 pandemic have on the level of passenger satisfaction at the Pontianak Supadio Airport terminal. This study used the kuntitative method with all passengers in the waiting room of the domestic terminal of Supadio Pontianak International Airport during the Covid-19 Pandemic as the subject of the study. The number of research samples was 100 respondents determined by the solvin formula. From the research conducted, the following results were obtained, 1) Passenger Satisfaction Variables affect the waiting room facilities variable during the Covid-19 Pandemic at Pontianak Supadio International Airport. 2) The Passenger Satisfaction variable affects the domestic Waiting Room Facility variable with a percentage of 82.8% while the remaining 100%-82%= 17.2% is influenced by other factors that are not studied.

Keywords: Domestic Waiting Room Facilities, Covid-19, Passenger Satisfaction, Supado Airport

References

DAFTAR PUSTAKA

Annex 14–Aerodromes Volume 1, 2013, Aerodrome Design and Operations the on Internasional Civil Aviation (ICAO).

Arikunto. 2002. MetodologiPenelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Assegaf. 2009. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada penerbangan PT Garuda di kota Semarang). Jurnal ekonomi dan bisnis Unissula Semarang.

Azwar .2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Annex 14-Aerodrome ,ICAO Document 9774, ICAO Document 9895

Beauty, Princilia. 2017. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal 3 Domestik Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Terhadap Penumpang Maskapai Garuda Indonesia. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), Yogyakarta.

Bahri, Hairul. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Special Passanger Di Bandar Udara Internasional Lombok. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Candra, Rian. 2018. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Domestik Terminal A Bandar Udara Aditsutjipto Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Ghozali , imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakanke IV .Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Irawati. 2016. Pengaruh Pemberian Reward da Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. Jepara: Penerbit BMT Lima Satu Sejahtera.

Kotler, P, & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15thed). New Jersey: Pearson Education.

Maharani. 2021. Pengaruh Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Di Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II ( PERSERO ) . ( 2020 ) . Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II Nomor : PD.13.01 / 05 / 2020 / 0020 Tentang Pedoman Pelayanan Pelanggan Bandar Udara Dalam Implementasi Skenario The New Normal Di Bandar Udara PT Angkasa Pura II ( PERSERO ) . Jakarta : Direktur Operasi dan Pelayanan

Putro, Eko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rizqon Halal Syah Aji, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaranâ€, Jurnal Budaya Sosial dan Syar’I, Volume 07 Nomor 05, (Jakarta: FSH UIN Syarif Hidayatullah 2020), hal. 397-398

Sukma, Vivian. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Sugiarto. (2010). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) Bandung: alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA

Sekali, Boni. 2013. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 tentang standar kelayakan Bandar Udara

Zeca Pereira, Zeca. 2011. Analisis Perkembangan Fasilitas Terminal Ruang Tunggu Keberangkatan dan Kedatangan di Bandar Udara Internasional Presiden Nicolao Lobato Timor Leste Terhadap Ketentuan CASR

Downloads

Published

2022-06-19

Issue

Section

Articles