Model Evaluasi Pendidikan Kewarganegaraann (Tes)

Authors

  • Ni Made Dwi Ayu Astari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Hendra Wiranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Friska Dewi Septianthari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Miasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2914

Keywords:

Evaluasi, PKn, Instrumen Tes

Abstract

Abstrak

Penilaian merupakan sesuatu yang sangat penting dan strategis dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penilaian maka dapat diketahui seberapa besar keberhasilan siswa dalam menguasai kompetensi atau materi yang telah dibelajarkan oleh guru. Mengingat pentingnya pelaksanaan penilaian, maka perlu dilalukan sebuah penelitian kepustakaan mengenenai model evaluasi PKn (tes) dengan tujuan untuk mengetahui mengenai tujuan dan fungsi dari diadakannya penilaian PKn, prinsip dan jenis penilaian, serta syarat instrument tes PKn yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literasi atau studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data yang diperoleh dari riset melalui membaca jurnal ilmiah, buku-buku referensi dan bahan publikasi untuk memperoleh informasi. Jenis pustaka yang digunakan dalam artikel ini adalah sumber tertulis yang terdiri dari 6 jurnal ilmiah mengenai evaluasi pembelajaran dan model evaluasi PKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Dari data yang dikumpulkan, diperoleh hasil mengenai definisi test, prinsip-prinsip dalam penyusunan tes, syarat-syarat tes yang baik dan layak digunakan, serta komponen-komponen dalam penyusunan tabel spesifikasi tes.

Kata Kunci: Evaluasi, PKn, Instrumen Tes

 

Abstract

Assessment is something very important and strategic in learning activities. With the assessment, it can be seen how much success students have in mastering the competencies or materials that have been taught by the teacher. Given the importance of carrying out an assessment, it is necessary to carry out a literature study on the Civics Education evaluation model (test) with the aim of knowing the objectives and functions of the Civics assessment, the principles and types of assessment, as well as the requirements for a good Civics test instrument. The research method used is a literacy study or literature study. The data collected in this study are in the form of data obtained from research through reading scientific journals, reference books and publication materials to obtain information. The type of literature used in this article is a written source consisting of 6 scientific journals regarding learning evaluation and Civics evaluation models. The data collection technique in this research is documentation, which is looking for data about things or variables in the form of notes, books, papers or articles, journals and so on. From the data collected, the results obtained regarding the definition of the test, the principles in the preparation of the test, the terms of a good and proper test, and the components in the preparation of the test specification table.

Keywords: Evaluation, PKn. Instrument test

Author Biographies

Ni Made Dwi Ayu Astari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

I Gede Hendra Wiranata, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Made Friska Dewi Septianthari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Made Miasari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

I Nengah Suastika, Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha

References

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEORE, 2(1), 28–36.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakter. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Fatmawati. (2012). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Banjar Masin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). http://download.portalgaruda.org/pdf

Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research.

Mubarokh, A. (2012). Hakikat dan Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan. Remaja Rosdakarya.

Nasir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nisrokha. (2018). Aunthentic Assesment (Penilaian Otentik). 8, 209–229.

Ratnawulandaari, E., & Rusdiana, H. . (2014). Evaluasi Pembelajaran.

Rubiyanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Program Akta Mengajar FKiP UMS.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran. Rencana.

Setiawan, F. (2013). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JUPIIS, 5, 73–81.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Grup.

Surapranata, S. (2007). Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Rosda.

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4 . 0. 3, 192–201.

Wahyuningsih. (2013). Alat Evaluasi sebagai Indikator Keberhasilan Pembelajaran. 361–367.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.

Winataputra, U. S. (2003). Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. 1–49.

Downloads

Published

2022-06-19

Issue

Section

Articles