Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah

Authors

  • Heti Novita Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Pebriyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salsa Nurfarida Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Fadhil Suryanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Puti Ageng Ambun Suri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2922

Abstract

Abstrak

Kasus bullying sudah banyak terjadi di negara ini yang melibatkan siswa sekolah, bahkan dapat dikatakan perilaku bullying merupakan suatu tindakan yang melenceng dari nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian, dampak, distribusi dan cara mengatasi bullying, penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur pada dasar teori, dampak, pembagian dan cara mengatasi bullying. Peneliti menyarankan agar guru dapat cepat tanggap atau responsif pada perilaku bullying di sekolah. Pada penelitian ini akan dikaji pula cara penanganan pada kasus bullying.

Kata Kunci: Bullying, Nilai Pancasila, Siswa Sekolah

 

Abstract

There have been many cases of bullying in this country involving school students, it can even be said that bullying behavior is an act that deviates from the values of Pancasila. This study aims to determine the meaning, impact, distribution and ways of dealing with bullying, this study uses a literature study approach on the basis of theory, impact, distribution and ways to overcome bullying. Researchers suggest that teachers can be responsive or responsive to bullying behavior in schools. This study will also examine how to handle bullying cases.

Keywords: Bullying, Pancasila Values, Student

References

DAFTAR PUSTAKA

Choirunnisa, C., & Kudus, W. A. (2022). Dampak Bullying terhadap Psikologis Remaja di Kecamatan Rangkasbitung. ARZUSIN, 2(3), 205-218.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205-216.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1).

Priyatna, A. (2013). Lets end bullying. Elex Media Komputindo.

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. CALYPTRA, 3(1), 1-17.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles