Urgensi Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pelajar Sebagai Upaya Pencegahan Degradasi Moral Di Era Globalisasi

Authors

  • Santika Santika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ineu Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Putri Nurhasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Restu Syahas Wibusana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2940

Abstract

Abstrak

Globalisasi merupakan suatu perkembangan yang pesat dan cepat di berbagai bidang, khususnya di bidang inovasi dan komunikasi. Globalisasi diartikan sebagai sisi mata uang yang berbeda. Ini menyiratkan bahwa globalisasi mempunyai sisi positif dan negatif. Sisi positif yang dibawanya pasti membuat segalanya lebih mudah. Dan sisi negatif yang sering terjadi adalah jatuhnya moralitas suatu negara. Untuk itu, kita memerlukan suatu benteng dalam menghalau dampak negatif dari globalisasi ini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter pelajar sebagai upaya pencegahan degradasi moral  di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tinjauan pustaka, jurnal ilmiah, sumber artikel ilmiah, dan hasil penelitian dari makalah, internet, dan sumber lain yang relevan.

Kata Kunci: Degradasi Moral, Globalisasi, Pendidikan Karakter, Nilai Pancasila

 

Abstract

Globalization is a rapid and rapid development in various fields, especially in the fields of innovation and communication. Globalization is defined as a different side of the coin. This implies that globalization has both positive and negative impacts. The positive impact it brings definitely makes things easier. And the negative impact that often occurs is the moral collapse of a country. For this reason, we need a stronghold to ward off the negative impacts of globalization. The purpose of this study was to determine the importance of Pancasila values in the formation of student character in the era of globalization, as a step to prevent students' moral degradation. This study uses a literature review research methodology, scientific journals, sources of scientific articles, and research results from papers, the internet, and other relevant sources.

Keywords : Moral Degradation, Globalization, Character Education, Pancasila

References

Harefa, A. (2012). Pancasila sebagai Ideologi Dinamis. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, dan Pembelajarannya, 6(2), 879-891.

Ii, B. A. B. (2016). Pengaruh Bahasa Kesantunan Guru Terhadap Siswa di Kelurahan Sapolohe Kabupaten Bulukumba. Health Sciences, 4(1), pp. 1–23.

Ismail, S. (2020). Penanaman Nilai Inti Pendidikan Karakter Berlandaskan Pancasila Pada Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 157-172.

Jaelani, W. R., & Dewi, A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menghadapi Degradasi Moral di Lingkungan Sekolah. In Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Humaniora (Vol. 1, Issue 10). https://journal.actual-insight.com/index.php/rhizome

Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Mencegah Degradasi Moral. Ensiklopedia of Journal, 3. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258.

Nurrul Fitri,S.F., & Dewi, D.A. (2021). Pentingnya Pendidikan

Oktaviani Hidayat, D., Eltariant, I., Kevin Priyatna, R., & Agustina Fernanda, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Degradasi Moral Terhadap Isu Sara Dan Hoax. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1)

Prihatmojo, A. & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwija Cendekia : Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142-152 https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89.

Sianturi, Y. R. U. & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), pp. 222–231. doi: 10.31316/jk.v5i1.1452

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles