Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyelesaikan Pembelajaran Daring

Authors

  • Mayo Sahetapy Universitas Pattimura
  • A. Soumokil Universitas Pattimura
  • Aisa Abas Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2959

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan proses dalam membimbing seseorang menuju kearah pendewasaan dengan cara diajarkan atau dilatih. Pendidikan memiliki tujuan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memiliki moral yang baik. Dalam dunia pendidikan guru menjadi contoh untuk anak didiknya serta masyarakat yang ada dilingkungannya bersikap tegas dan mendidik para siswa menjadi tugas utama seorang guru. Pada saat proses pembelajaran berlangsung di lewat daring guru memiliki peran penting yaitu, dapat menangani masalah- masalah yang dihadapi siswa dalam proses belajar daring dimasa pandemi. Pembelajaran daring yaitu pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Pembelajaran daring dapat menyambungkan komunikasi antara siswa dengan sumber belajarnya, yang pada kenyataannya memiliki jarak yang berjauhan. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui menyelesaikan masalah pembelajaran daring pada siswa. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian kualitatif yang akan digunakan pada penelitian ini adalah fenomenologi, karena prosedur pelaksanaan penelitian akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek yang diteliti Teknik yang di gunakan adalah purposive sampling, dimana pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sebagai responden adalah bagi Guru PKN yang berjumlah Dua Guru sebagai (informan Guru PKN, kepala sekolah dan wakasek kurikulum) Hasil: Upaya guru dalam menyelesaikan maslah pembelajaran daring. memanfaatkan proses pembelajaran daring diskusi yang diadakan oleh guru untuk melihat bebrapa kendalah dalam proses pembelajaran daring serta menciptakan strategi yang khusus agar dapat mengatasi, menilai, mengukur kemampuan siswa dalam proses pembelajaran daring dengan metode membuat WA grup siswa dan guru serta menggunakan aplikasi zoom dan faktor pendukung dan penghambat pendukungnya dalam menyelesaikan masalah pembelajaran daring perlu adanya keseriusan dari pihak sekolah dan orang tua dalam mengadakan kerja sama untuk melihat dan memaksimalkan keadaan siswa dalam proses pembelajaran daring sedangkan penghambatnya akses jaringan yang kurang stabil, fasilitas yang dimiliki siswa masi dikatakan minim tingkat keseriusan siswa, yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, pemanfaatan kuota internet secara sembarangan. Kesimpulan: Terdapat Pengaruh Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyelesaikan Pembelajaran Daring.

Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Daring

 

Abstract

Education is a process in guiding a person towards maturity by being taught or trained education the nation's life and have good morals , in the world of education, teachers are examples for their students and the community in their enviroment to be firm and educating students is the main task of a teacher. When the learning process takes place online, the teacher has an important role, namely, being able to handle the problem faced by students in the online learning process during the pandemic. Online learning is learning that is carried out remotely by utilizing the internet network online learning can connect communication between students and their learning resources, which in fact have great distances, research objectives to find out how to solve online learning problems for students. Research method this research uses a qualitative approach the type of qualitative research that Will be used in the research is phenomenology, because the research important procedure Will procedure descrpitive data in the form of written or spoken words from the subject being studied. The technique used is purposive sampling, where sampling of data sources with certain considerations. The respondents were PKN teachers, totaling two teachers (informants of PKN teachers school prinsipals and vice head of the curriulum ) results teachers' efforts in solving online learning problems: utilizing the online learning process disccusions held by teachers to see some obstacles in the online learning process as well as create a special strategy in order to be able to overcome, assess, measure students' abilities in the online learning process by in the method of making WA groups of students and teachers and using the zoom application and its supporting and inhibiting factors in solving online learning problems,there needs to be seriousness from the school and parents in hold cooperation to see and maximize the situation of students in the online learning process while the obstacle in network acces that is less stable, the facilites owned by students are still said to have minimal levels of students seriousness, which is not as expected the use of internet quotas don't carelessy. Conclusion : there is an influence of the role citizenship education teachers, In completing learning

Keywords: Teachers role, online learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Ana lrhanadayaningsih pegukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pendemi COVID-19. Anuva: Jurnal kajian Budaya, perpustakaan, dan informasi 4 (2), 231-240,2020

Buan, L. A. Y. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter. CV Adanu Abimata.

Fauziah, S. D. (2019). Upaya Guru dalam Peningkatan Kualitas pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro)

Gunawan, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan Rpp Moda Daring Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pola Pembinaan Profesional Di Sekolah Binaan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Hilna Utria, dkk: 2020. Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar, Jurnal basicedu. Vol 4

Lexy J. Moleong. 2002. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdyakarya. Cetakan keduapuluh tiga

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi 2013. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.

Mahayoni, N. M. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Pada Pembelajaran Agama Hindu Di Masa Pandemi. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 47-53.

Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama

Rina Tri Handayani, dkk. 2020. pandemi covid-19 respon imun tubuh dan herd immunity, Jurnal ilmiah permas. Vol 10

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Suspahariati, S., & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 229-240.

Syarif, S., & Kholis, N. (2020). Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Zoom: Studi Pada Siswa Kelas 8 Smp ArRahmah Malang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 289-307.

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Auladuna : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221-232

Sundari, A. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa DI SMP Negeri 10 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara

Zilkifli, Z. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. AlHikmah : Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahun

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Articles