Integrasi Manajemen Pendidikan Berbasis IT Di Kabupaten Maros

Authors

  • Mustari Mustari LP2M, Universitas Negeri Makassar
  • St. Fatimah Achmad LP2M, Universitas Negeri Makassar
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2972

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; Bagaimana strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Bagaimana bentuk pengintegrasian  manajemen pendidikan berbasis IT. Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. di Wilayah Kecamatan Mandai dan Kecamatan Marusu Kabupaten  Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Bentuk pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Pendekatan yang digunakan dalam kajian penelitian ini adalah pendekatan penelitian survei dengan metode pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan analisis data adalah analisis deskrptif kualitatif. Hasil kajian  menunjukkan bahwa strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT, secara umum yang dilakukan adalah membangun komitmen dan kerjasama pendidik dan tenaga kependidikan serta motivasi yang tinggi dari Kepala Sekolah dalam mendukung pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT serta pengutaan sumber daya manusia (SDM) pengelola website. 

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Studi terintegrasi, Pembelajaran Berbasis IT

 

Abstract

The problems studied in this research are; How to integrate IT-based education management strategy. What is the form of integration of IT-based education management. What are the supporting and inhibiting factors in integrating IT-based education management. in the Mandai District and Marusu District, Maros Regency. The purpose of this study was to identify and identify strategies for integrating IT-based education management. The form of integration of IT-based education management. The approach used in this research study is a survey research approach with data collection methods namely observation, documentation and interviews, with data analysis using qualitative descriptive analysis. The results of the study indicate that the strategy for integrating IT-based education management, in general, is to build commitment and collaboration between educators and education staff as well as high motivation from school principals in supporting the integration of IT-based education management and strengthening human resources (HR) for website managers.

Keywords: Education Management. Integarated Studi, Learning-based IT

References

DAFTAR PUSTAKA

Al Yakin, A. (2019). Manajemen kelas di era industri 4.0. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 9–12.

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168.

Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.

Idris, R. (2009). Pendekatan Pendidikan Berbasis Mutu. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 103–123.

Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(2).

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–15.

Muhammad, Y. (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan Indonesia. kota penerbit

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807.

Priansa, D. J., Sentiana, S. S., & Kasmanah, A. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru: fokus pada peningkatan kualitas sekolah, guru, dan proses pembelajaran.

Purba, M. A., & Yando, A. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3, 96–101.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses Pada, 22.

Saragih, J., Undap, A. P. P., & Mawikere, M. C. S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pak Berbasis Digital Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 158–169.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles