Integrasi Manajemen Pendidikan Berbasis IT Di Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2972Abstract
Abstrak
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; Bagaimana strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Bagaimana bentuk pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. di Wilayah Kecamatan Mandai dan Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Bentuk pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT. Pendekatan yang digunakan dalam kajian penelitian ini adalah pendekatan penelitian survei dengan metode pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan analisis data adalah analisis deskrptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT, secara umum yang dilakukan adalah membangun komitmen dan kerjasama pendidik dan tenaga kependidikan serta motivasi yang tinggi dari Kepala Sekolah dalam mendukung pengintegrasian manajemen pendidikan berbasis IT serta pengutaan sumber daya manusia (SDM) pengelola website.Â
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Studi terintegrasi, Pembelajaran Berbasis IT
Â
Abstract
The problems studied in this research are; How to integrate IT-based education management strategy. What is the form of integration of IT-based education management. What are the supporting and inhibiting factors in integrating IT-based education management. in the Mandai District and Marusu District, Maros Regency. The purpose of this study was to identify and identify strategies for integrating IT-based education management. The form of integration of IT-based education management. The approach used in this research study is a survey research approach with data collection methods namely observation, documentation and interviews, with data analysis using qualitative descriptive analysis. The results of the study indicate that the strategy for integrating IT-based education management, in general, is to build commitment and collaboration between educators and education staff as well as high motivation from school principals in supporting the integration of IT-based education management and strengthening human resources (HR) for website managers.
Keywords: Education Management. Integarated Studi, Learning-based IT
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Yakin, A. (2019). Manajemen kelas di era industri 4.0. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 9–12.
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168.
Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.
Idris, R. (2009). Pendekatan Pendidikan Berbasis Mutu. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 103–123.
Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(2).
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–15.
Muhammad, Y. (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan Indonesia. kota penerbit
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807.
Priansa, D. J., Sentiana, S. S., & Kasmanah, A. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru: fokus pada peningkatan kualitas sekolah, guru, dan proses pembelajaran.
Purba, M. A., & Yando, A. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3, 96–101.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses Pada, 22.
Saragih, J., Undap, A. P. P., & Mawikere, M. C. S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pak Berbasis Digital Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 158–169.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141.
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mustari Mustari, St. Fatimah Achmad, Sukmawati Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.