Pengaruh Adanya Perpustakaan Daring Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Vanesya Mutia Kusumawardani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Viriya Lishetiyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2973

Abstract

Abstrak

Di era digitalisasi seperti saat ini, tentunya kita tidak dapat memungkiri perkembangan zaman yang begitu pesatnya, seperti munculnya berbagai aplikasi atau website-website digital. Saat kini semua pihak baik swasta ataupun pemerintah bersaing untuk meluncurkan berbagai aplikasi dan website, salah satunya aplikasi “iPusnas†yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam bidang pendidikan. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat atau bahkan tenaga pendidik yang belum memanfaatkan hal tersebut terlebih pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur seberapa pengaruhnya perpustakaan daring di ruang lingkup kebahasaan anak sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni hasil dari kuesioner yang disebarkan secara daring pada anak usia sekolah dasar.

Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Perpustakaan Daring, Anak Sekolah Dasar

 

Abstract

In this era of digitalization, of course, we cannot deny the rapid development of the times, such as the emergence of various applications or digital websites. Currently, all parties, both private and government, are competing to launch various applications and websites, one of which is the "iPusnas" application issued by the government as an effort to provide the best service, especially in the field of education. But in reality there are still many people or even educators who have not taken advantage of this, especially at the elementary school education level. This study aims to measure how influential the online library is in the linguistic scope of elementary school children. The data collection method used in this research is a questionnaire. The source of data used in this study is the result of a questionnaire distributed online to elementary school-aged children.

Keywords: Language Skills, Online Library, Elementary School Children.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aslammiyah, S. (2021). Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Desa Tlobo. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Astini, S, K, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura Volume 11 Nomor 2 Juli 2020, ISSN: 2087-0760 doi: https://e-journal.stkipamlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang

Astuti, E., Triana, dan Yulianto, R. (2021). Pengenalan Perpustakaan Digital Untuk Mendukung Gerakan Literasi Nasional. Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal of Community Services e-ISSN: 2777-0567 p-ISSN : 2797-9717 Vol.1 No. 1 April 2021.

Dewi, F, A, W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61.

Harlina dan Wardita, R. (2021). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra 4 (1) (2020): 63-68.

Oktaviana, M., Rahmawati P, D., dan Sumardjijati. (2021). Strategi Mahasiswa Dalam Memahami Materi Pada Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Voxpop Ilmu Komunikasi UPN “Veteran†Jawa Timur†Volume 3 Nomor 1 (2021), EISSN doi: https://doi.org/10.33005/voxpop.v3i1.154

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles