Pengaruh Pengunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Forehand Dan Backhand Tenis Meja Melalui Modifikasi Pantulan Dinding Di SMK Kesehatan Kader Bangsa

Authors

  • I Bagus Endrawan Universitas Bina Darma
  • Aang Oktavianus Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3032

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran tenis meja adalah kondisi meja untuk permainan tenis meja sudah tidak layak. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik materi pukulan forehand dan backhand di SMK Kader Bangsa Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Farmasi SMK Kader Bangsa Palembang yang berjumlah 30 Orang yang terdiri dari 26 perempuan dan 4 laki-laki. Hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha dapat diterima atau thitung > ttabel (22,37 > 1,721). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik materi pukulan pantulan dinding forehand dan backhand di SMK Kader Bangsa Palembang.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Tenis meja

 

Abstract

The problem found in learning table tennis is that the condition of the table for the game of table tennis is not feasible. The aim of this research is to find out the significant effect of using learning videos on student learning outcomes for forehand and backhand strokes at SMK Kader Bangsa Palembang. This type of research is quasi-experimental with the research design used is One Group Pretest-Posttest Design. The subjects in this study were students of class XI Pharmacy SMK Kader Bangsa Palembang, totaling 30 people consisting of 26 women and 4 men. The results of research and data analysis, it can be concluded that the hypothesis Ha can be accepted or tcount > ttable (22.37 > 1.721). This, it can be concluded that there is an effect of using learning videos on student learning outcomes for forehand and backhand wall bouncing materials at SMK Kader Bangsa Palembang.

Keywords: Learning Video, Table Tennis

References

DAFTAR PUSTAKA

AgusMargono. 2006. Teoridan Agus Mukholid. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta timur: Yusdistira

Agus Salim. (2007). Buku Pintar Tenis Meja. JEMBAR

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardika Y., Kanca N., Sudarmada N. (2015). Pengaruh circuit training terhadap kelincahan dan daya ledak otot tungkai. Singaraja : E-Journal IKOR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Ilmu Keolahragaan.

Arikuto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2001). Materi Pelatihan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD/Pembina dan Pelatih Klub Olahraga Usia Dini SD. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta : BSNP.

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2006). “Statistika untuk Penelitianâ€. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujarwadi dan Dwi Sarjiyanto. (2010) Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan untuk SMP. Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta

Sutarmin, (2007), Terampil Berolahraga Tenis Meja, Surakarta: Era Intermedia.

Downloads

Published

2022-06-29