Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dita Mesrawati Hulu Universitas Darma Agung Medan
  • Karmila Pasaribu Universitas Darma Agung Medan
  • Engrati Simamora Universitas Darma Agung Medan
  • Setia Yarni Waruwu Universitas Darma Agung Medan
  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3056

Abstract

Abstrak

Belajar adalah suatu proses yang pasti terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan study eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajran visual terhadap hasil belajar saat tidak menggunakan media visual dan saat menggunakan media visual dalam proses pembelajaran. hasil penelitian yang telah dilakukan maka diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran visual dan tanpa menggunakan media pembelajaran visual. Hasil tes= menggunakan media visual–tidak menggunakan media visual = 83%- 70% = 13%.

Kata Kunci: Media, Hasil Belajar

 

Abstract

Learning is a process that inevitably occurs in every person throughout his life. The research method used in this study is a quantitative method with an experimental study. The implementation of this study is to determine the influence of the use of visual learning media on learning outcomes when not using visual media and when using visual media in the learning process. The results of the research that has been carried out, it is known that there are differences in student learning outcomes when using visual learning media and without using visual learning media. Test result= using visual media–not using visual media = 83%- 70% = 13%.

Keywords: Media, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul wahid. 2018. ‘pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar’ DDI Pinrang

Abdul haris, Asep jihad. 2013. ‘pengertian hasil belajar’. Bandung

Arifin. 2000. ‘Strategi belajar mengajar’. Bandung

Daryanto. 2010. ‘ media pembelajaran’. Bandung :satu nusa

Della sari. Neta dia lestari. 2018. ‘pengaruh media pembelajaran visual terhadap hasil pembelajaran ekonomi siswa’. palembang

Dirjer dikti no. 267/Dikti/2000 tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan

Nana sudjana. 2004. ‘Dasar-dasar proses pembelajaran’. Bandung

Nurgiansah, T. H. (2022a). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Nurgiansah, T. H. (2022b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Shaiful bahri djamarah, Aswan zain. 2004.’ Strategi belajar mengajar’ . Jakarta

Sunarso, ddk. 2003. ‘Pendidikan kewarganegaraan penganggan mahasiswa’. PPKN press Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-29