Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3090Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang pengaruh brand awareness dan social media marketing terhadap minat beli di es teh indonesia di Jakarta. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu kesadaran merek, pemasaran media sosial sebagai variabel bebas dan niat beli sebagai variabel terikat. Maka objek penelitian ini adalah Es Teh Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan google form sebagai alat penyebaran kuesioner dan SPSS 22 sebagai alat untuk menghitung data dengan sampel sebanyak 150 responden yang berdomisili di DKI Jakarta, menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek dan pemasaran media sosial berpengaruh terhadap minat beli Es Teh Indonesia.
Kata Kunci: Brand Awareness, Social Media Marketing, Minat Beli, Es Teh Indonesia.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aprilyanti. S. (2017). “Pengaruh Usia Dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. Oasis Water International Cabang Palembang)”. Jurnal sistem dan manajemen industri Vol. 1 h. 70.
Ari. P. L. ET AL. (2018). “Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA” jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan. Vol. 2. h. 179.
Darmawan. F. D. (2019). “Analisis Pengaruh Perceived of Advertising and Brand Awareness terhadap Purchase Intention pada Media Social UMKM Rendang Gadih Payakumbuh”. Skipsi Jurusan Manajemen, Universitas Andalas, Padang.
Djalu. H. S. et al. (2021). “analisis nilai ekonomi kawasan taman aktif kecamatan di kota semarang (studi kasusu : taman tirto agung, taman parang kusumo dan taman sampangan)”. Jurnal geodesi undip. Vol.10. h, 80.
Eliasari. R. A. & Sukaatmadja, I. (2017). “Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty”. E-Jurnal Manajemen. Vol.6, No.12.
Es Teh Indonesia. (2019). Trend Bisnis. Diakses 12 November 2020. Dari https://www.estehindonesia.com/
Fadhila. N. & Soesanto. H. (2016). “Studi Tentang Social Media Marketing Dan Brand Awareness, Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Mommilk (Studi Pada Instagram, Mahasiswa Universitas Diponegoro”. Jurnal Manajemen. Vol.5. h. 7-8.
Fauzia. H. A. & Rikumahu. B. (2019). “Analisis Faktor Resiko Sebagai Tambahan Dalam Model Tam Dalam Penggunaan Electrinic Money (Studi Kasus: E – Money Mandiri Di Kota Jakarta)” Jurnal Akuntansi, audit dan sisitem informasi akuntansi. Vol.3. h. 249.
Ferdias. Z. C. (2019). “Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhdap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Di Koperasi Visiana Bakti Tvri Jakarta”. Tesis Jurusan Magister Manajemen. Universitas Pamulang. Jakarta.
Gitasari. (2018). “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Herbal Bio7 di Kabupaten Lumajang”. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.Widya Gama. Lumajang.
Hastuti. F. M. (2018). “Pengaruh Kesadaran Merek, Presepsi Kualitas dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konusmen Wardah”. Skripsi fakultas ekonomi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Herlina. V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.
Hillar. A. S. & Zakky. M. A. (2021). “Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan”. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol.4, h. 70.
Irwana. A. A. (2020). “Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Pangestu Percetakan Dan Desain Grafis Mojokerto” Skripsi Fakultas Ekonomi Bisnis. Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya.
Kamal.K. & Eren.O. (2019). “The Role Of Social Media On Brand Awareness And Purchase Intention: A Case Study On The Coffee And Snack Shops Industry”. Journal Of Emerging Trends In E-Business, Marketing And Consumer Psychology. Vol.5. Issue.1
Krisnawati. I. et al. (2019). “Strategi Digital Marketing Dalam Perdagangan Hasil Tani Untuk Meningkatkan Pendapatan Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. Vol.10. h. 72-73.
Kurniasih. M. & Agun, B. (2018). “Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.7, No.1.
Kusuma. B. A. & Primadani. B. S. P. (2019). “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity”. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam. Vol.7. h. 34.
Lilis. N. S. (2019). “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA non fisik dan
komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT. bangkit maju bersama di jakarta”. Jurnal Ilmiah manajemen sumber daya manusia. Vol.2. h. 423.
Marwnsyah. S & Novi. A. U. (2017). “Analisis Hasil Investasi, Pendapatan Premi, Dan Beban Klaim Terhadpa Laba Perusahaan Perasuransian Di Indonesia”. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis. Vol.5. h. 216.
Meidawati. P. & Rapiyanta, P. T. (2018). “Perancangan Website Pada Desa Pacarejo Gunung Kidul Sebagai Media Promosi Dan Informasi Wisata”. Journal Speed. Vol.10.No.2. h. 96
Mileva. L. & Fauzi. A. (2018). “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.58, No.24.
Muslimawati. C. et al. (2017). “Pengaruh Promosi melalui media sosial dan kesadaran merek terhadap minat beli air minum dalam kemasan dengan merek aqua pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UNS”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol.3. No.2.
Nela. N. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Loyality Terhadap Brand Equity Semen Gesik Di Kecamatan Kebomas. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhamadiyah, Gresik.
Nur. P. W. et al. “Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Pessing Sepak Bola”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol.16. h. 44.
Nurul. I. M. S. & Ahmadi. D. (2021). “Hubungan Antara Social Media Marketing Akun Instagramm @Sociolla Dengan Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal hubungan masyarakat. Bandung Vol.7. h. 232.
Oktaviano. Karlina. (2017). “Pengaruh Pemeriksa Pajak Dan Penagihan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak (Studi Pada KPP Pratama Bandung Cibeunying Periode 2013-2015)”. Skripsi Jurusan Akuntansi. Universitas Pasundan. Bandung.
Purwana. D.E.S. et al. (2017). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Vol.1. h. 7.
Rochani. A. (2017). “Strategi Pengembangan Industry Kreatif Dalam Mewujudkan Kota Cerdas”. Skripsi Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.
Rumyeni. (2016). “Pengaruh Social Media Marketing Melalui Official Account Line Alfamart Terhadap Minat Beli Konsumen”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.3. h. 4.
Satrio. B. (2019). “Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Review Content Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli”. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah. Institute Agama Islam Negri. Salatiga.
Shahid. Z. et al. (2017). “The Impact Brand Awareness On The Consumers Purchase Intention”. Journal Of Marketing And Consumer Research. Vol.33.
Solihin. D. (2020). “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Mandiri. Vol.4. h. 42- 43.
Sundari. R. & Sulaeman. K. (2017). “Pengaruh Penerapan Metode Gross-Up Terhadap Perhitungan PPH Pasal 21 Di Kantor Pos Wonogiri”. Jurnal Logistik Bisnis. Vol.8, h. 44-45.
Suroso. B. H. & Sri, S. I. (2014). “Pengaruh Inovasi dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedap Cup”. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2, No.4.
Suryani. P. & et al. (2020). “Pengaruh Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadapa Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Di PT Tuntex Garment Indonesia. Jurnal Penelitian Teknik Dan Manajemen Industri. Vol.1. h.74.
Susanto. N. (2019). “pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada divisi penjualan PT Rembaka”. Jurnal Agora. Vol. 7. No. 1.
Thejaya. I, (2019). “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brans Awareness Terhadap Minat Beli Pada Manna Kopi”. Jurnal Manajemen Dan Start- Up. Vol.4. h. 475.
Tirto. S. R. & Semuel. H. (2018). “pengaruh social media marketing terhadap purchase intention dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada lazada”. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Tungka. D. et al. (2020). “Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia”. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol. 8. h. 85.
Ubaid. Y. & Widyaningsih. S. (2017). “Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Id Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung”. E-Proceeding Ilmu Terapan. Vol.3. h. 523
Ubaid. Y. S. & Widyaningsih. S. (2017). “Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung”. E-Proceeding Of Applied Science. Vol.3. h. 523.
Wiratna. V. S. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.
Wiro. (2018). “Pengaruh Promosi Di Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Di Pariwisata Puncak Mas Bandar Lampung”. Skripsi Jurusan Manajemen. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Bandar Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuyun Taufik, Ade Risna Sari, Aminatus Zakhra, Ivonne Ayesha, Ade Perdana Siregar, Iwan Henri Kusnadi, Ratnawati, Hendy Tannady
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.