Pengaruh Mesin Self Check-in Terhadap Kepuasan Penumpang di Maskapai Citilink Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta

Authors

  • Dani Tatrasandi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • You She Melly A. D. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Mohammed Taaqbier Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3122

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan teknologi di dunia pasti hendak mempengaruhi pada setiap aktivitas yang dijalani oleh setiap manusia. Alat teknologi terus menjadi semakin moderen ini menolong seorang lebih gampang dalam menuntaskan seluruh aktivitas ataupun pekerjaannya. Teknologi pendukung jenis check-in ini dapat memudahkan para calon penumpang. Tetapi, nyatanya masih banyak pengguna yang memilih untuk memakai check-in konvensional maupun check-in counter. Dalam penelitian, peneliti memilih metode kombinasi, (mixed method). Penelitian kombinasi (mixed methods) dengan cara mengambil sampel sebanyak 100 responden. Dalam peneitian ini menjadi variabel independen adalah mesin self check-in (X), yang telah di sediakan oleh maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Menjadikan variabel dalam penelitian ini dependen ialah kepuasan terhadap penumpang (Y), dan pada variabel ini adalah variabel utama untuk menjadikan faktor berlakunya dalam penelitian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa mesin self check-in berpengaruh signifikan pada kepuasan penumpang pada maskapai citilink di Bandara Adjisucipto. Mampu menyediakan counter yang. khusus untuk. penumpang. sudah melaksanakan chec.k-in melalui. website juga. Smartphone perlu adanya penambahan mesin self check-in disetiap bandaran di Yogyakarta. Mampu menyediakan counter. yang khusus untuk. penumpang. sudah melaksanakan check-in melalui. website juga. Smartphone.

Kata Kunci : self check-in, kepuasan, Citilink

 

Abstract

The development of innovation on the planet will surely influence the exercises that are completed by people themselves. These mechanical instruments that keep on being progressed help people all the more effectively complete movements of every kind or work. This kind of registration support innovation can make it more straightforward for planned travelers. Be that as it may, truth be told there are as yet numerous travelers who decide to involve regular registration or registration counters. In this review, analysts utilized a mix research strategy (blended technique). Consolidated research (blended techniques) by taking an example of 100 respondents. In this exploration, the free factor is oneself registration machine (X), which has been given by Citilink aircraft at Yogyakarta Adisucipto International Airport. In this review, the reliant variable is traveler fulfillment (Y), where this variable is the really factor that is the overall element in the review. The computation results show that oneself registration machine essentially affects traveler fulfillment on Citilink carriers at Adjisucipto Airport. Ready to give counters. exceptional for. that traveler. as of now did a check.k-in through. sites and. Cell phones It is important to add a self registration machine at each air terminal in Yogyakarta. Ready to give counters. unique for. that traveler. as of now did a check.k-in through. sites and. Cell phone

Keyword: self registration, fulfillment, Citilink

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suhasimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Faisal. 2005. Pengaruh insentif dan fasilitas kerja terhadap produktivitas kariawan. Yogyakarta: FE-UGM.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Riset dan Prilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pusat.

Kusumah. 2011. Angket Sebagai Teknik Pengambilan Data. Jakarta: PT Indeks

Lupiyoadi. Handani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Moekijat. 2001. Manajemen Personaliadan Sumber Daya Manusia. Pustaka. Jakarta.

Sinambela. 2011. Refermasi Pelayanan Publik. Jakarta; Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendapatan Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwo, Edi. 2000. Layanan Penumpang dan Bagasi. Jakarta: Citra Pustaka.

UUD, No. 22 Tahun 2009. Tentang Penumpang Angkutan Umum pasal 1 ayat 25

Downloads

Published

2022-07-04