Recording Ternak Sapi menggunakan QR & Barcode dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Fakultas Peternakan Universitas Mataram

Authors

  • Hasma Universitas Mataram
  • Rina Andriati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3129

Abstract

Abstrak

Teknologi digital yang terus berkembang pesat diberbagai aspek, salah satunya recording data ternak sapi yang membutuhkan pemahaman dalam pengoperasian dengan baik. Model pembelajaran project based learning  diharapkan mampu mengasah digital skill mahasiswa melalui penggunaan aplikasi teknologi QR & Barcode di Teaching farm Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai target luaran PKM yaitu mengidentifikasi masalah, studi literatur, Perancangan Recording Data Ternak Sapi dan uji coba dan Evaluasi  tugas project Mahasiswa. Adapun tujuan dari recording ternak sapi menggunakan QR &Barcode untuk membaca dan menyimpan informasi penting terkait ternak sapi yang berada di Teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Lingsar Lombok Barat, melalui QR & Barcode data ternak sapi akan bisa dibaca, hanya dengan sekali scan maka data ternak akan nampak secara keseluruhan. Dengan cara ini diharapkan  dapat membantu dan mempermudah peternak pada umumnya dan petugas Teaching Farm pada khususnya dalam melakukan recording atau pencatatan ternak yang dimilikinya.

Kata Kunci: Recording, Ternak Sapi, QR &Barcode, Project Based Learning

 

Abstract

Digital technology continues to grow rapidly in various aspects, one of which is recording cattle data which requires an understanding of how to operate properly. The project-based learning model is expected to be able to hone students' digital skills through the use of QR & Barcode technology applications at the Teaching Farm of the Faculty of Animal Husbandry, University of Mataram. The approach method used to achieve the PKM output target is identifying problems, studying literature, Designing Cattle Data Recording and testing and evaluating student project assignments. The purpose of recording cattle using QR & Barcodes to read and store important information related to cattle in the Teaching Farm of the Faculty of Animal Husbandry, University of Mataram, Lingsar, West Lombok, through QR & Barcodes, cattle data can be read, with just one scan, the data can be read. cattle will be seen as a whole. This method is expected to help and facilitate farmers in general and Teaching Farm officers in particular in recording or recording their livestock.

Keywords:Recording, Cattle, QR &Barcode, Project Based Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini PW. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(2): 292-299

Ariyani N F, Meutia N, Ahmadiyah A S, Sungkono K R. 2020. Rancang Bangun dan Pemanfaatan Teknologi Barcode dalam Sistem Informasi Data Ternak di Desa Binaan Laz Al-Azhar. Sewagati, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4 (3) :197-203

Baihaqy M A M, Asnawi M F, Fatimah S. 2020. Rancang Bangun Mobile Verifikator Hewan Layak Qurban Menggunakan QR Code Berbasis Library Zxing.Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (2): 194 - 201

Erisa H, Hadayanti, Suptoro A. 2021. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. (1): 1-11

Fuadi T M. 2021. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) : Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik9(2): 183-200

Maskur, 2021. Buku Pedoman Akademik. Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Mataram

Muldiani R F, Yanti Suprianti, Sri Widarti, Farida Agoes, Nita Henita Koesoemah, Anny Suryani, Defrianto Pratama, Sri Nnur Yuliyawati. 2020. Perancangan Sistem Recording Data Ternak Berbasis QR Code dalam Pembelajaran Praktik Lapangan SMK Peternakan Juara. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat. 7 (3): 168-173

Primada M M, Arwan A, Pramono D. 2021. Sistem Informasi Manajemen Peternakan Sapi Perah: Studi Kasus Dinas Pertanian Kota Batu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 5 (3):984-991Kristanti Y D, Subiki, Handayani R D. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek(project based learning model) pada PembelajaranFisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2): 122 - 128

Downloads

Published

2022-09-21