Peran Komunikasi Masyarakat terhadap Pemerintah untuk Mewujudkan Pelayanan Publik yang Berkualitas

Authors

  • Muhammad Amer Mushaf Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Lia Fauziah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Ummu Aiman Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Aulia Sholichah Iman Nurchotimah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3130

Abstract

Abstrak

Masyarakat pada masa kini memiliki berbagai macam permasalahan yaitu salah satunya dalam hal berkomunikasi,dalam hal ini masyarakat masih banyak yang acuh terhadap peran dari komunikasi itu sendiri baik dari segi penyampaian pendapat sebagai warga Negara.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi masyarakat itu sangat penting untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.  Penelitan ini menggunakan metode studi referensi dari berbagai sumber-sumber yang terpercaya dan ditinjau begitupun di analisis dengan mempelajari semua perbandingan yang ada pada sumber-sumber tersebut. Hasil dari artikel ini menyatakan bahwa setiap masyarakat harus mengerti situasi dan kondisi didalam lingkup pelayanan publik serta bisa mengungkapkan segala permasalahan yang terjadi pada kebijakan-kebijakan pemerintah dengan cara berkomunikasi yang baik tanpa adanya diskriminasi terhadap pemerintahan daerah. Komunikasi masyarakat dalam pelayanan publik masih belum terealisasikan karna kurangnya responsif pemerintah dalam menjawab aspirasi-aspirasi masyarakat sehingga masyarakat menjadi pasif dalam berkomunikasi dengan pemerintah. Masyarakat dan pemerintah harus saling mendukung dan bekerja sama dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Kata Kunci :Komunikasi, Pelayanan publik, Masyarakat, Berkualitas

Abstract

Today's society has various kinds of problems, one of which is in terms of communicating, in this case many people are still indifferent to the role of communication itself both in terms of conveying opinions as citizens.  The purpose of this study is to find out the role of community communication is very important to realize quality public services.  This research uses a reference study method from various reliable sources and is reviewed as well as analyzed by studying all the comparisons in these sources. The results of this article state that every community must understand the situation and conditions within the scope of public services and be able to disclose all problems that occur in government policies by communicating well without discrimination against local governments. Public communication in public services is still not realized because of the lack of government responsiveness in answering people's aspirations so that people become passive in communicating with the government. The community and the government must support each other and work together in realizing quality public services.

Keyword : Service, Public service, Community, Quality

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, M. F., Putubasai, E., & Asmaria, A. (2019). Peran Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat. Komunika, 2(2), 111-127.

Aprilia, I. A. (2022). Peran Komunikasi Pemerintah Untuk Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Communication, 13(1), 70-85.

Chotimah, A. S. I. N., & Affandi, I. (2018, November). The Role of Ombudsman to Encourage The Citizens’ Participation in Public Service Supervision through Ombudsman Network. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) (pp. 633-635). Atlantis Press.

Chotimah, A. S. I. N., & Affandi, I. Ombudsman’s Efforts to Encourage Participation of State Citizens in Public Service Supervision.

Hardiyansyah, H. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi.

Hasmawati, F. (2020). KARAKTERISTIK KOMUNIKATOR YANG EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 4(2), 69-95.

Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(1), 78-90.

Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(1), 78-90.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.

Nurchotimah, A. S. I. (2020). The forms of political participation in general elections by beginner voters. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2) 235-244.

Nurchotimah, A. S. I. (2021). Pengawasan Pelayanan Publik. Yogyakarta : Jejak Pustaka.

Prathiwi, G. L. A. (2020). Analisis Kendala Penggunaan Bahasa Dalam Pekerjaan Pada Masyarakat Sunda. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(2), 129-147.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Siti Maryam, N. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6.

Wibawa I. G. A. (2017). Reformasi Kelembagaan Menuju Tata Pemerintahan dan Pelayanan Publik Yang Berkualitas. SINTESA (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), 8(1), 45- 51.

Downloads

Published

2022-07-06