Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemik (Studi pada Orang Tua Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Leksula)

Authors

  • Ronado Sigmarlatu Universitas Pattimura Ambon
  • Titus Gaite Universitas Pattimura Ambon
  • Ridwan Hatala Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3144

Abstract

Abstrak

Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini bahwa untuk mengetahui Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemik (Studi Pada Orang Tua Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Leksula). Sebelum adanya pandemik ini, tidak banyak waktu orang tua dalam membimbing anaknya. Namun sekarang ini situasinya berubah, orang tua menjadi lebih banyak waktu dalam membimbing anaknya dan terjalin kedekatan emosional lebih dari sebelumnya sehingga benar-benar menjadi indikator dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian adalah 7 orang tua, dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara. Dengan Hasil penelitian adalah Pembimbingan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemik bahwa ada berbagai jenis pembimbingan yang dilakukan oleh orang tua, ada yang orang tuanya fokus dalam membimbing anaknya sehingga bisa mendampingi anak dalam proses belajarnya, ada yang memberikan fasilitas seperti handphone dan kuota internet, memeriksa buku pelajaran anak, mengontrol tugas-tugas anak, kemudian pemberian nasehat agar anak lebih giat dalam belajar. Kendala orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemik di kelas adalah kurangnya fasilitas yang memadai karena faktor ekonomi, orang tua sibuk bekerja karena tuntutan pekerjaan yang menjadikan kurangnya pendampingan orang tua terhadap anak dalam belajar, jaringan internet yang tidak baik, kurangnya pemahaman orang tua pada pembelajaran daring dan tugas- tugas anak yang diberikan oleh guru. Solusi yang dilakukan orang tua untuk menghadapi kendala dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemik di kelas yaitu Orang tua tetap berusaha memfasilitasi kebutuhan belajar anak seperti salah satunya kuota internet, berkomunikasi dengan guru, berikan nasihat, berikan semangat dan motivasi walaupun orang tua kadang tidak dapat mendampingi anak dalam proses belajar dan kurang memahami tugas-tugas anak yang diberikan guru

Kata Kunci: Peran, Orang tua, Hasil Belajar

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the role of parents in improving student learning outcomes during the pandemic period (study of parents of class VII students of SMP Negeri 3 Leksula). Before this pandemic, there was not much time for parents to guide their children. But now the situation is changing, parents are getting more time in guiding their children and there is more emotional closeness than before so that it really becomes an indicator in improving student learning outcomes. The type of research used is descriptive qualitative research, with research subjects are 7 parents, with data collection techniques namely, observation, interviews. The results of the study are parental guidance in improving student learning outcomes during the pandemic that there are various types of mentoring carried out by parents, some parents focus on guiding their children so they can accompany children in the learning process, some provide facilities such as cellphones and quotas. internet, checking children's textbooks, controlling children's tasks, then giving advice so that children are more active in learning. Obstacles for parents in improving student learning outcomes during the pandemic in the classroom are the lack of adequate facilities due to economic factors, parents are busy working because of the demands of work which makes the lack of parental assistance to children in learning, internet networks are not good, lack of understanding of parents on online learning and children's assignments given by the teacher. The solution that parents do to face obstacles in improving student learning outcomes during a pandemic in the classroom is that parents continue to try to facilitate children's learning needs such as internet quotas, communicate with teachers, give advice, give encouragement and motivation even though parents sometimes can't. assisting children in the learning process and do not understand the tasks of children given by the teacher

Keywords: Role, Parents, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Nashih Ulwan. Pendidikan Anak Dalam Islam, terjemahan: Emiel Ahmad, Tarbiyatul Aulad, Jakarta: Khatulistiwa press, 2013.

Ahmadi, Abu. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Agustien Lilawati (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran dirumah Pada Masa Pandemi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Asma Purba (2020). Tanggung jawab Orang tua Kristen Sebagai Pendidik dalam Menyikapi Dampak Pandemi Covid-19. Teknik InformatikaPoliteknik TEDC Bandung, Jawa Barat.

Cahyati, Nika. (2020). Peran Orang tua dalam menerapkan pembelajaran di Rumah saat pandemik Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol.04. No.1.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159.

Cronbach, I. J. (1954). Educational Phychology. NewYork: Harcourt, Brace and World.

Cut Venny Luciana. (2015). Hubungan Peranan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Diusia Dini.

Dimyati , dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ernie Martsiswati dan Yoyon Suryono. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Erwin Muhammad (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Farida Nur Aziza, Muhammad Yunus (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid-19. S 1. Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Fudyarto, Ki RBS (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jogjakarta: Global Pustaka Ilmu.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga (Cetakan. 7). PT. Gunung Mulia.

Hadari Nawawi (2007). Metode Penelititan Bidang Sosial. Bandung: Rasdakarya. Hasbulah (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herliandry, L., Nurhasanah, Maria, E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknolgi Pendidikan, Vol. 22. No. 1.

Irhamna. (2016). Analisis Kendala Yang Di Hadapi Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlak Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. PembelajaranAlquran Hadis Di Man Pagar Alam, 57-65.

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I.,&Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enchancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, Vol. 12. No. 2. Hal 154-159.

Jones, K., & Sharma, R. (2019). Imagining A Future For Online Learning. New York. Kartini dan Kartono (1992). Teori Kepribadian. Jakarta : Rajawali.

Kartini dan Kartono (1985). Peran Orang Tua Dalam Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.

Kelsey JL, Thompson WD, Evans AS. Methods in Observational Epidemiology. New York: Oxford University Press; 1986. P. 216.

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact Of Covid-19 Pandemic On Learning Implementation Of Primary And Secodary School Levels. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, Vol. 1 No.2. 58-63.

Mendikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang pencegahan dan penanganan covid-19 di lingkungan Kemdikbud.

Noer Aly dan Hery (1999). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.

Novrinda, Nina Kurniah dan Yulidesni (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. PG-PAUD FKIP UNIB.

Novrinda (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latarbelakang Pendidikan. Jurnal PotensiaPG PAUD FKIP UNIB, Vol. 2. No.1.

Oknisih, N.,& Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar.Vol. 1, No.1.

Palusci, s., & Dom, J. (2020). Stress And Parenting During The Global Covid-19 Pandemic. PsyArXiv Preprints, 1-14.

Prasojo, Lantip Diat, & Riyanto. (2011). Tekonologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Putra , R., & Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.

Downloads

Published

2022-09-21