Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 11 Pontianak

Authors

  • Awaludin Awaludin Universitas Tanjungpura
  • Sri Buwono Universitas Tanjungpura
  • Hadi Wiyono Universitas Tanjungpura
  • Aminuyati Aminuyati Universitas Tanjungpura
  • Thomy Sastra Atmaja Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3161

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik dalam pembelajaran IPS masa pandemi Covid-19 kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskritif dengan bentuk penelitian studi survei (survey studies). Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 219 peserta didik dan sampel 70 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa teknik komunikasi tidak langsung yaitu teknik angket. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan penyebaran angket melalui Google Form. Teknk analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan motivasi intrinsik peserta didik dalam pembelajaran IPS masa pandemi Covid-19 kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak  termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan motivasi ekstrinsik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak termasuk dalam kategori tinggi pula. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar baik motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik masa pandemi Covid-19 kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak termasuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS, Pandemi Covid-19.

 

Abstract

This study aims to determine the intrinsic motivation and extrinsic motivation of students in social studies learning during the Covid-19 pandemic in class VIII of SMP Negeri 11 Pontianak. The method used in this research is descriptive quantitative method in the form of survey studies. This study used a population of 219 students and a sample of 70 students. Data collection techniques in the form of indirect communication techniques, namely questionnaire techniques. The tool used to collect data by distributing questionnaires through Google Forms. Data analysis technique using descriptive statistics. The results showed that the intrinsic motivation of students in social studies learning during the Covid-19 pandemic class VIII of SMP Negeri 11 Pontianak was included in the high category. Meanwhile, the extrinsic motivation of class VIII students of SMP Negeri 11 Pontianak is included in the high category as well. Thus, it can be concluded that the learning motivation, both intrinsic motivation and extrinsic motivation of students during the Covid-19 pandemic class VIII SMP Negeri 11 Pontianak is included in the high category.

Keywords: Learning Motivation, Social Science Learnng, Pandemic Covid-19

Author Biography

Hadi Wiyono, Universitas Tanjungpura

Pendidikan IPS

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, A. (2019). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Kediri: IAIT Press.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, R. D. (2017). Analisis Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan, 1 (2), 320-333. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105-222

Jauhary, H. (2019). Membangun Motivasi. Tanggerang: Loka Aksara.

Kurniawan, A.W & Puspitaningtyas, Z. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Mediawati, E. (2010). Pengaruh Motivas Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikn Ekonomi Dinamika Pendidikan, 1(2), 134-146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index-.php/DP/article/view/4922

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Perse

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sahu, P. (2020). Clusure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Journal Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.7541

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangan Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1) 57-74. https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article-/view/12614

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-07-12