Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3198Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 44 peserta didik yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada respoden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian penguatan pada pada pembelajaran IPS memperoleh persentase 47,30% tergolong dalam kategori kurang dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS memperoleh persentase 60,55% tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis regresi tentang pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan memberikan pengaruh pada motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak.
Kata Kunci: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran IPS.
Â
Abstract
This study aims to determine the effect of providing reinforcement on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak, West Kalimantan. This study uses a quantitative approach in the form of correlation. The population in this study consisted of 44 students consisting of class VII, VIII, and IX as the research sample. The data collection technique used a questionnaire distributed to the respondents. The results showed that the provision of reinforcement in social studies learning obtained a percentage of 47.30% belonging to the less category and students' learning motivation in social studies learning obtained a percentage of 60.55% belonging to the sufficient category. Based on the results of the regression analysis on the effect of giving reinforcement on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak, it was obtained a significance value of 0.000 <0.05. This means that it can be concluded that the provision of reinforcement has an influence on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak.
Keywords: Giving Reinforcement, Learning Motivation, Students, Social Studies Learning.
References
DAFTAR PUSTAKA
Andriani, R., dan Rasto. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1) : 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, A., Iin, D, L., & Sari, P, D, L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. Dari https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dewi, M. A., Budiyono, dan Kurniawan, H. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: 228–233. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28916/12645
Guntoro, Tri Setyo. (2017). Pengaruh Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Atletik Mahasiswa Olahraga. Jurnal Pendidikan Progresif. Vol 7, No 2 (2017) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/14835/10807
Kurniawan, A.W & Puspitaningtyas, Z. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marno & Idris (2017). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Naufalin, L.R. (2014). Pengaruh pemberian penguatan dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar. JPFEBUNSOED. Jurnal & Proceeding. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/696
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.
Nugroho, R. dan Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMPN 2 Tirtamulya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. 6 (2) 2022, DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627
Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika: untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rohani. (2019). Pengaruh Pemberian Penguatan Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 3(2), 185. DOI: https://journal.ikippgriptk.ac.id
Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Triwahyuni. (2018). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Diperoleh dari https://osf.io
Vandriyanti, H., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh pemberian penguatan oleh guru terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP N 1 Jati Agung. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol.2, No.4 (2013) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/1919
Wahyuningsih, E, A. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2) : 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Zamsir, Masi, L., dan Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika 6(2) : 170–181. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Edi Iskandar, Sri Buwono, Hadi Wiyono, Aminuyati Aminuyati, Jagad Aditya Dewantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.