Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak

Authors

  • Edi Iskandar Universitas Tanjungpura
  • Sri Buwono Universitas Tanjungpura
  • Hadi Wiyono Universitas Tanjungpura
  • Aminuyati Aminuyati Universitas Tanjungpura
  • Jagad Aditya Dewantara Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3198

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 44 peserta didik yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada respoden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian penguatan pada pada pembelajaran IPS memperoleh persentase 47,30% tergolong dalam kategori kurang dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS memperoleh persentase 60,55% tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis regresi tentang pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya  dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan memberikan pengaruh pada motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Islamiyah Pontianak.

Kata Kunci: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pembelajaran IPS.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of providing reinforcement on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak, West Kalimantan. This study uses a quantitative approach in the form of correlation. The population in this study consisted of 44 students consisting of class VII, VIII, and IX as the research sample. The data collection technique used a questionnaire distributed to the respondents. The results showed that the provision of reinforcement in social studies learning obtained a percentage of 47.30% belonging to the less category and students' learning motivation in social studies learning obtained a percentage of 60.55% belonging to the sufficient category. Based on the results of the regression analysis on the effect of giving reinforcement on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak, it was obtained a significance value of 0.000 <0.05. This means that it can be concluded that the provision of reinforcement has an influence on students' learning motivation in social studies learning at SMP Islamiyah Pontianak.

Keywords: Giving Reinforcement, Learning Motivation, Students, Social Studies Learning.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, R., dan Rasto. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1) : 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, A., Iin, D, L., & Sari, P, D, L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. Dari https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dewi, M. A., Budiyono, dan Kurniawan, H. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: 228–233. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28916/12645

Guntoro, Tri Setyo. (2017). Pengaruh Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Atletik Mahasiswa Olahraga. Jurnal Pendidikan Progresif. Vol 7, No 2 (2017) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/14835/10807

Kurniawan, A.W & Puspitaningtyas, Z. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marno & Idris (2017). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Naufalin, L.R. (2014). Pengaruh pemberian penguatan dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar. JPFEBUNSOED. Jurnal & Proceeding. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/696

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.

Nugroho, R. dan Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMPN 2 Tirtamulya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. 6 (2) 2022, DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika: untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rohani. (2019). Pengaruh Pemberian Penguatan Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 3(2), 185. DOI: https://journal.ikippgriptk.ac.id

Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Triwahyuni. (2018). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Diperoleh dari https://osf.io

Vandriyanti, H., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh pemberian penguatan oleh guru terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP N 1 Jati Agung. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol.2, No.4 (2013) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/1919

Wahyuningsih, E, A. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2) : 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273

Zamsir, Masi, L., dan Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika 6(2) : 170–181. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

Downloads

Published

2022-07-12