Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Pendidikan Karakater pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Authors

  • Herlina Usman Universitas Negeri Jakarta
  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Yosi Wulandari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3240

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis pendidikan karakter sebagai penunjang materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode yang digunakan Research & Development, model yang dikembangkan dengan menggunakan; Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 04 Pagi. Langkah-langkah dalam tahapan penelitian ini, 1) menganalisis kebutuhan penelitian, 2) perancangan produk, 3) mengembangkan produk, 4) uji coba peserta didik, dan 5) evaluasi. Teknik analisis data menggunakan wawancara, dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan dievaluasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang diperoleh dari nilai rata-rata sebesar 90,3%dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba pengguna secara online menghasilkan nilai rata-rata 84,45%. Ini menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas empat sekolah dasar.

Kata Kunci: LKPD, Pendidikan Karakter, PPKn

 

Abstract

Development research aims to produce a student worksheet of electronic-based character education as well as supporting the learning materials Pancasila and Citizenship Education. Methods used in Research & Development, models are developed with the use of; Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation (ADDIE). This research was conducted in elementary school Lebak Bulus 04 in the Morning. The steps in the stages of this research, 1) analyze the needs of the research, 2) product design, 3) develop the products, 4) trials of learners, and 5) evaluation. Data analysis techniques using interviews, and questionnaires. The results of the test development were evaluated by media experts, material experts, and linguists obtained from an average value of 90,3%with very good category, while the results of user testing online generate an average value 84,45%. This shows that the worksheet learners decent used for learning Pancasila and Citizenship Education in the fourth grade of primary school.

Keywords: Student Worksheet, Character Education, Civic Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020). Mitigasi Bencana Info Artikel Abstrak. 10.

Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78.

Herlina, H., & Dewi, R. R. (2017). Flashcard Media: the Media for Developing Students Understanding for English Vocabulary At Elementary School. Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116. https://doi.org/10.21009/ijer.04.01.11

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.49-58

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Nurhasanah, N. (2016). Peningkatan Sikap Keadilan Melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Tematik Terpadu pada Siswa Kelas IV SD Islamal Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal ILmiah PGDD, III(2), 2016.

Prasadi, A. H., Wiyanto, W., & Suharini, E. (2020). The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Primary Education, 9(3), 227–237. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37712

Rahayuningsih, D. I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Rinawati, A. (2015). Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783

Sari, R. D. W., Rahmimah, D., & Maulidiya, D. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Integratif berbasis Pendidikan Karakter pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Statistika untuk Sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(2), 106–115.

Sulistyori, S., Harmanto, Abidin, Z., & Jaino. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dan Literasi Siswa Sd Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 9(1), 21–30.

Usman, H. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran Flashcard Media Berbasis Hots Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ciputat. Prosiding Pengabdian.

Usman, H., Lestari, I., & Pelenkahu, N. (2020). English e-Book for Elementary School Students: Research by Design Based on Whole Language Approach. 397(Icliqe 2019), 735–741. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.092

Wayong, M. (2017). Menuju Era Gklobalisasi Pendidikan: Tantangan dan Harapan bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 219. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5223

Zulkifli. (2014). Globalisasi Komunikasi dalam Hubungannya dengan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Munzir, 7, No. 2(2).

Downloads

Published

2022-07-14