Analisis Penerapan Sistem Low Cost Carrier Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang

Authors

  • Intan Mellisa Putri Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Andi Syaputra Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3248

Abstract

Abstrak

Low Cost Carrier adalah maskapai penerbangan yang memberikan tarif lebih rendah namun dengan menghapus beberapa kenyamanan. Keputusan Pembelian Ulang merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan. Keputusan pembelian ulang terhadap suatu produk tersebut timbul karena konsumen merasa puas akan produk yang dibeli sebelumnya. Maskapai Citilink selalu berusaha memberikan fasilitas pelayanan yang baik dan memuaskan para penggunanya dengan harga yang ditawarkan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta membutuhkan sampel 105 responden yang dipilih menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga pada Sistem LCC (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Ulang (Y) sebesar 63,5% sisanya 36,5% variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Low Cost Carrier, Keputusan Pembelian Ulang, Maskapai Citilink

 

Abstract

Low Cost Carrier is an offer by an airline that provides lower fares but eliminates some facilities for passenger comfort. The decision to repurchase is one of the important factors for the company. And the decision to repurchase a product arises if consumers are satisfied with the products they have bought before. With the prices offered, Citilink airlines always try to provide good service facilities and satisfy their passengers. This research method uses quantitative methods with data collection techniques using questionnaires and requires 105 respondents as samples, which were selected using Non Probability Sampling with Purposive Sampling techniques. And the results of the study indicate that the price variable in the LCC system (X) has a significant effect on the repeat purchase decision variable (Y) by 63.5% with the remaining 36.5% being other variables not examined.

Keywords: Low Cost Carrier, Repurchase Decision, Citilink Airline

References

DAFTAR PUSTAKA

Cahaya Adi Putra, I. G., Sasrawan Mananda, I. G., dan Susrami Dewi, N. G. A. 2016. Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Citilink Oleh Wisatawan Nusantara Di Bandara Ngurah Rai Bali. Jurnal IPTA, 4(2),44.

Fakhrudin, A. 2019. Pengaruh Kewajaran Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Penumpang Maskapai Citilink Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 55–72.

Fakhrudin, A. 2019. Pengaruh Karakteristik Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Low Cost Carrier Pada Maskapai Citilink Indonesia. Vol. 16, No1. 29-56.

Putranto, T. A. W. A. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus pada Konsumen PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional VI Yogyakarta. Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–110.

Simanjuntak, L. B. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Serta Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Oleh Penumpang Maskapai Citilink. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Yahya, Y., Maulida, Z., Yusra, Y., dan Makmur, L. 2020. Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai penerbangan Batik Air Banda Aceh. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), 1–13.

Yowanda, H. B., dan Mawardi, M. K. 2017. Strategi Pemasaran Penerbangan Berkonsep Low Cost Carrier (LCC) Dan Daya Saing Perusahaan (Studi Pada Maskapai Penerbangan Pt. Garuda Indonesia Citilink). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, 51(2), 168–178.

Downloads

Published

2022-07-12