Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Upaya Memaksimalkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Telaga Biru 7 Banjarmasin

Authors

  • Dewi Rahmawati SDN Telaga Biru 7 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3290

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang ada pada suatu bilangan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaksimalkan prestasi belajar matematika pada materi pecahan senilai. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tersebut akan terlihat pada tindakan yang diambil guru untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar matematika di setiap siklus-nya.

Kata Kunci: Explicit Instruction, Prestasi Belajar, Matematika

 

Abstract

Mathematics learning is a science that studies the magnitude, structure, building space, and changes that exist in a number. The purpose of this study is to maximize the achievement of learning mathematics on fractional material worth. The type of research to be used is classroom action research (PTK). The research will be seen in the actions taken by teachers to overcome problems that occur in the classroom in the teaching and learning process. The results showed an increase in mathematics learning achievement in each cycle.

Keywords: Explicit Instruction, Learning Achievement, Mathematics

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhmad Sudrajat, (2008). Metode Dan Tehnik Pembelajaran, www.wijayalabs. wordpress.com.

Aqib Zainal. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto Suharsimi, (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Cetakan Ketujuh, Penerbit. Rineka Cipta

Basrowi dan Suwandi, (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Faturrahman, (2012). Modul Ajar Pengembangan dan Evaluasi Program BK. Pendidikan Profesi Guru Bimbingan Dan Konseling/Konselor (PPGBK). Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Islamuddin, (2012). Psikologi Pendidikan. Penerbit: Pustaka Pelajar

Kulsum, (2011). Tenaga Kerja dan Perlindungan.diunduh dari:www.gogle.com. diakseskan tanggal 26 Juli 2011

Muchith, M. Saekhan. (2009). Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Muhaimin dan Sutiah. (2008). Kurikulum Mandiri Berbasis Mandiri. Penerbit: Rajawali Pers

Mulyajho, (2012). http://mulyajho. Blogspot. com/2012/08/materi-tentang-pendekatan-kualitatif.html?m=1, diakses 03 Februari 2014, 12:00 pm

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya

Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Salahudin, (2011). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia

Suriansyah, (2008). Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Suyatno, (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Penerbit: Masmedia Buana Pustaka

Syaiful Bahri Djamarah, (2008). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah RI nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru dan Dosen

Usman dan Setiawati, (2001). Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Wahyu, (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Downloads

Published

2022-09-21