Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga pada Saat Pandemi terhadap Kepuasan Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3294Abstract
Abstrak
Kualitas pelayanan merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh Garuda Indonesia di ditengah terjadinya perang harga yang dilakukan oleh maskapai lain. Maka Garuda Indonesia selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan mulai dari pre journey hingga post journey untuk kenyamanan penumpang.Mulai saat pemesanan tiket, boarding, check-in, di atas pesawat, hingga sampai tempat tujuan.Untuk menjaga kualitas pelayanan ini, sebulan sekali dilakukan evaluasi dan kontrol sesuai dengan unit masing-masing. Pelayanan yang baik akan sangat berdampak positif bagi citra perusahaan dimata konsumen sehingga kepuasan konsumen harus menjadi tujuan utama dari setiap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Salah satu faktor yang dapat memenuhi harapan pelanggan adalah kesesuaian antara pelayanan yang diberikan dengan harga yang ditetapkan. Pelayanan yang sesuai akan sangat mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap suatu perusahaan. Selain itu faktor harga pun menjadi penentu berjalannya suatu bisnis. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner dan dokumentasi serta membutuhkan sampel 80 responden yang dipilih menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Harga pada saat pandemi (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 87,0% dan sisanya 13% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Penumpang, Garuda Indonesia
Â
Abstract
Service quality is the main activity carried out by Garuda Indonesia in the midst of price wars carried out by other airlines. So Garuda Indonesia always tries to improve the quality of service from pre journey to post journey for passenger comfort. Starting from booking tickets, boarding, check-in, on board the plane, to arriving at the destination. To maintain the quality of this service, evaluation and evaluation is carried out once a month. control according to the respective unit. Good service will have a very positive impact on the company's image in the eyes of consumers so that customer satisfaction must be the main goal of every service provided by the company. One of the factors that can meet customer expectations is the suitability between the services provided and the price set. Appropriate service will greatly affect customer assessment of a company. In addition, the price factor is also a determinant of the running of a business. This research method uses quantitative methods with data collection techniques of observation, questionnaires and documentation and requires a sample of 80 respondents who were selected using Non Probability Sampling with the Purposive Sampling method. The results showed that the variables of Service Quality and Price during the pandemic (X) had a significant effect on the Customer Satisfaction variable (Y) of 87.0% and the remaining 13% was influenced by other variables.
Keywords: Service Quality, Price, Customer Satisfaction, Garuda Indonesia
References
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2015. Skyward Emirates Mendapatkan Miles. (Online) Diakses melalui website https://www.emirates.com/id/indonesian/help/faqs/what-is-a-fare- and-how-is-it-different-from-a-ticket/, pada tanggal 29 Maret 2020
Anonim. 2016. Tiket Maskapai Penerbangan. (Online) Diakses melalui website https://id.wikipedia.org/wiki/Tiket_maskapai_penerbangan, pada tanggal 29 Maret 2020.
Arumsari, Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga DanPromosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Karya Ilmiah. Semarang: Fakultas EkonomikaDan Bisnis UniversitasDiponegoro.
Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darsono, Rahma. 2004. Tarif Dokumen Pasasi. Jakarta: Alfabeta.
Devi, Silvia Sindya. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Udara pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Skripsi. Surabaya: Universitas Narotama.
Ellen, Steph. 2010. Dengan rujukan Principles and Methods of Research; Ariola et al. (eds,); 2006.
Ghozali, Imam. 2016. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponego
Handayani, Tri Hastuti. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia di Kota Solo. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hardiyati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pagilaran. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indrastati, Aryani. 2016.6 Alasan Garuda Indonesia Jadi MaskapaI Penerbangan Favorit. Diakses melalui website https://kreditgogo.com/artikel/Traveling/6-Alasan-Garuda-Indonesia- Jadi-Maskapai-Penerbangan-Favorit.html, pada tanggal 10 Desember 2019
Jacub, DR Rudy dan Fajar Laksono. 2012. Pengaruh Pelayanan dan Harga Sparepart Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kausal Bengkel Cahaya Motor Yamaha-Jakarta. Jurnal Ilmiah Penelitian ManajemenVol. 10 No.1 Surabaya: Program Pasca Sarjana UniversitasJayabaya.
Kamila, Sari. 2014. Perancangan Alur Pelayanan Reservasi Tiket Pesawat di Travelab Polban. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lubis, Arlina Nurbaity dan Martin. 2009. Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 1. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Mayasari, Arif. 2011. Sistem Resrvation dan Ticketing PT Sriwijaya Air Distrik Solo. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.>Management Analysis Journal 1 (4). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Setiyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, dan Efendi. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: IN MEDIA.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Tutik, Anggraini. 2008. Pelayanan reservasi sistem online Tiket Pesawat Domestik Lion Air di PT. Electra Duta Wisata. Tugas Akhir D3 Usaha Perjalanan Wisata. Solo: Universitas Sebelas Maret
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ester Ulandari, Andi Syaputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.