Pengaruh Strategi Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3311Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental desaign. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Krejengan, dengan jumlah 28 kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, dan 32 kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 soal. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai sig > 0.05. Maka,  dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Krejengan.
Kata Kunci: Strategi Inquiry, Kemampuan berpikir kritis, Matematika
Â
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of the Inquiry strategy on students’ critical thinking skills in mathematics. The research method used in this study is  quasi-experimental design. The sample in this study was class VII SMP Negeri 1 Krejengan, with a total of 28 classes VII-A as the experimental class and 32 classes VII-B as the control class. This study uses the Cluster Random Sampling technique. The test instrumen used in the form of essay question. Data collection in this study used a posttest which was then analyzed using SPSS version 22. The results in this study showed a sig value > 0.05. It can be concluded that the application of the Inquiry strategy can be concluded to improve students’ critical thinking skills in class VII mathematics at SMP Negeri 1 Krejengan.
Keywords: Inquiry Strategy, Critical Thinking Skills, Mathematics
References
DAFTAR PUSTAKA
Colbum, A. 2000. An Inquiry primer. Scien Scope, 23(6), 42-44.
Duta, Nusindo. 2005. Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Semarang: Diperbanyak oleh CV. Duta Nusindo.
Egok, A. S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 07. No.2.
Ibrahim, M. 2007. Pembelajaran Inquiry [Online]. Tersedia: http://agungprudent.wordpress.com/2009/05/27/model-pembelajaran-inquiry-2
Indarti, M. S, Hadi. S, Djoko. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Malang: Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching & Learning. Mizan Media Utama. Bandung
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Komperensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sari, N. 2015. Pengaruh Strategi Inquiry Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Kasongan. Yogyakarta: Univeristas Negeri 1 Yogyakarta.
Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2)
Suprijono, A. 2011. Model-model Pembelajaran Emancipator. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. 2007. Model –model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wati, S.E. 2022. Wawancara dengan Guru Matematika Kelas VII. Kraksaan: SMP Negeri 1 Krejengan.
Y. Hanggara, V. Alfionita. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batam. Jurnal Pythagoras. 4/2: 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Busyriatul Hasanah, Abdul Aziz, Eka Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.