Pengaruh Strategi Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Busyriatul Hasanah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Aziz Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Eka Rahayu Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3311

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental desaign. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Krejengan, dengan jumlah 28 kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, dan 32 kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Penelitian  ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 soal. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai sig > 0.05. Maka,  dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Krejengan.

Kata Kunci: Strategi Inquiry, Kemampuan berpikir kritis, Matematika

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the Inquiry strategy on students’ critical thinking skills in mathematics. The research method used in this study is  quasi-experimental design. The sample in this study was class VII SMP Negeri 1 Krejengan, with a total of 28 classes VII-A as the experimental class and 32 classes VII-B as the control class. This study uses the Cluster Random Sampling technique. The test instrumen used in the form of essay question. Data collection in this study used a posttest which was then analyzed using SPSS version 22. The results in this study showed a sig value > 0.05. It can be concluded that the application of the Inquiry strategy can be concluded to improve students’ critical thinking skills in class VII mathematics at SMP Negeri 1 Krejengan.

Keywords: Inquiry Strategy, Critical Thinking Skills, Mathematics

References

DAFTAR PUSTAKA

Colbum, A. 2000. An Inquiry primer. Scien Scope, 23(6), 42-44.

Duta, Nusindo. 2005. Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Semarang: Diperbanyak oleh CV. Duta Nusindo.

Egok, A. S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 07. No.2.

Ibrahim, M. 2007. Pembelajaran Inquiry [Online]. Tersedia: http://agungprudent.wordpress.com/2009/05/27/model-pembelajaran-inquiry-2

Indarti, M. S, Hadi. S, Djoko. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Malang: Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching & Learning. Mizan Media Utama. Bandung

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Komperensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sari, N. 2015. Pengaruh Strategi Inquiry Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Kasongan. Yogyakarta: Univeristas Negeri 1 Yogyakarta.

Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2)

Suprijono, A. 2011. Model-model Pembelajaran Emancipator. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2007. Model –model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wati, S.E. 2022. Wawancara dengan Guru Matematika Kelas VII. Kraksaan: SMP Negeri 1 Krejengan.

Y. Hanggara, V. Alfionita. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batam. Jurnal Pythagoras. 4/2: 1-11.

Downloads

Published

2022-07-16