Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Memecahkan Soal HOTS Matematika

Authors

  • Saib Abdul Maliq Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Aziz Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3410

Abstract

Abstrak

High Order Thinking Skills (HOTS) adalah suatu keterampilan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang melebihi hanya kegiatan menghafalkan fakta atau konsep. Metode Penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Hingher Order Thinking Skills (HOTS) siswa dalam memecahkan soal HOTS matematika pokok bahasan Bangun Ruang pada siswa SMP Zainul Hasan 1 Genggong. Hasil penelitian ini yaitu: (1) HOTS siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta; (2) HOTS siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi indikator menganalisis dan mengevaluasi; (3) HOTS siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu memenuhi indikator menganalisis.

Kata Kunci: Analsis, High Order Thinking Skill (HOTS), Soal HOTS, Matematika.

 

Abstract

High Order Thinking Skills (HOTS) are critical, logical, reflective, metacognitive, and creative thinking skills that go beyond just memorizing facts or concepts. The research method is descriptive qualitative and case study approach. The purpose of this study was to analyze students' Hingher Order Thinking Skills (HOTS) in solving HOTS math problems on the subject of Building Space for students of SMP Zainul Hasan 1 Genggong. The results of this study are: (1) HOTS students with high abilities are able to meet the indicators of analyzing, evaluating, and creating; (2) HOTS students with moderate abilities are able to fulfill the indicators of analyzing and evaluating; (3) HOTS students with low abilities are only able to meet the indicators of analyzing.

Keywords: Analysis, High Order Thinking Skill (HOTS), HOTS Problems, Mathematics.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ariesta, F. W. (2018). Mengintegrasikan Higher Order of Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sains di SD. Binus University | Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Arifin, & Ratu, N. (2018). Profil higher order thingking skill siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar segi empat. Maju, 5(2).

Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87

Ilham, N. W., Jabu, B., & Korompot, C. A. (2020). ANALYSIS OF HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ITEMS IN SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH NATIONAL EXAMINATION 2019. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 7(2). https://doi.org/10.26858/eltww.v7i2.14764

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1).

Megawati, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2020). Analysis of student’s thinking ability to solve higher-order thinking skills (HOTS) math problems. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012050

Nila, N. (2021). IMPLEMENTASI TEORI KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 5. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2). https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.825

PISA. (2020). Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. Ayo Menulis.

Riadi, A. (2016). Problem-based learning meningkatkan higher-order thinking skills siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33654/math.v2i3.44

Shidiq, A. S., Masykuri, M., & Susanti, E. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas Xi Sma N 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, November.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy Revised Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy. The Second Principle.

Downloads

Published

2022-07-22