Bagaimana Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Bahasa Ekspresif di TK Mawar Sidamulih ?

Authors

  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tita Puspitasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3493

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Sidamulih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana implementasi yang diterapkan dalam meningkatkan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi, diskusi. Teknik analisis data berupa koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran di TK Mawar Sidamulih mendapatkan hasil yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan setiap anak menunjukan perkembangan sesuai dengan kemampuan masing-masing yang dimiliki anak. Saran yang dapat disampaikan adalah kemampuan bahasa ekspresif sangat penting diberikan sejak dini karena kemampuan berbahasa pada usia remaja akan sangat tergantung pada kemampuan bahasa pada waktu kecil. Keterampilan bahasa ekspresi juga dapat dikembangkan oleh guru diantaranya dengan penerapan metode bermain peran.

Kata Kunci: Bahasa Ekspresif, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini

 

Abstract

The problem in this research is how to implement the role playing method in improving the expressive language of children aged 5-6 years at Mawar Sidamulih Kindergarten. The purpose of this study is to obtain an overview of how the implementation is applied in improving the expressive language of children aged 5-6 years through the role playing method. This type of research is qualitative research. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection methods used are observation, interviews, and documentation. For the validity of the data used in thisstudy is to increase research persistence, triangulation, discussion. Data analysis techniques in the form of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the expressive language skills of children aged 5-6 years through the role playing method at Mawar Sidamulih Kindergarten got different results. This is because each child shows development according to the abilities of each child. The suggestion that can be conveyed is that expressive language skills are very important to be given from an early age because language skills at a young age will depend on language skills at a young age. Expression language skills can also be developed by the teacher, including the application of the role-playing method.

Keywords: Expressive Language, Role Playing Method, Early Childhood

Author Biography

Dian Indihadi, Universitas Pendidikan Indonesia

Guru Pendidikan Kewarganegaraan di MTs. Ummul Quro Putri

References

DAFTAR PUSTAKA

Akollo, Jane Gresia. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengemmbangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan (DIDAXEI-FIPK IAKN AMON), Vol 1, No 1. Ambon : DIDAXEI.

Ermita, Nevi. (2018). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Tk Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Skripsi : UIN LAMPUNG.

Haenilah, E. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran PAUD (pertama). Media Akademi.

Indonesia, R. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mintarsih, Neng. (2019). Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Kelompok B di PAUD Tunas Mundu Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Skripsi : IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuniati, Sri. & Rohmadheny, P.C. (2021). Bermain Peran : Sebuah Metode Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Prndidikan Anak Usia Dini (Jurnal Obsesi-UAD) Vol 5, Issue 1, Pages 60-69. Yogyakarta : Jurnal Obsesi.

Downloads

Published

2022-07-29