Bagaimana Kemampuan Kreativitas Anak Dengan Masalah Obesitas Melalui Penerapan Media Buku Panduan Menggambar Tema Diriku ?

Authors

  • Neli Vitriyani Syarifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3512

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai latar belakang masalah pada kemampuan kreativitas dalam kegiatan menggambar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kreativitas anak dengan masalah obesitas melalui penggunaan media melalui buku panduan menggambar tema diriku. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah dua orang dari kelompok A, yaitu satu anak dan satu guru. Hasil penelitian yang diperoleh ialah penggunakan media buku panduan menggambar tema diriku diimplementasikan berdasarkan tahapan secara sistematis yang dilakukan selama 13 pertemuan dan diberikan treatment, sehingga dapat meninngkatkan kemampuan kreativitas anak dengan menggambar melalui bentuk dasar.

Kata Kunci: Studi Kasus, Kemampuan Kreativitas, Treatment.

 

Abstract

This research has a problem background on the ability of creativity in drawing activities. The purpose of this study is to describe how efforts to improve the creative ability of children with obesity problems through the use of media through a guide book for drawing the theme myself. The research method used in this research is quialitative with a case study approach. The subjects involved in this study amounted to two people from group A, namely one child and one teacher. The result of the research obtained are that the use of the self-themed drawing guide book is implemented based on stages systematically carried out during 13 meetings and given treatment, so that it can improve cihldren’s creativity skills by drawing through basic shapes.

Keywords: Case Studies, Creativity Skills, Treatment.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amalia, L, Y, N., & Simaputang, N, D. (2019). Pengembangan Buku Panduan Menggambar Tema Diriku terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di Balangbendo. Jurnal PAUD Teratai, 8 (3), hlm. 4.

Dacholfany, M, I., & Hasanah Uswatun. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta : Amzah.

Dhiu, Konstantinus Dua., dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Management.

Hurlock, B, E. (1978). Jilid 2 Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Markhamah, dkk. (2022). Merajut Talenta Inovasi Sejak Dini. Surakarta : Muhammad University Press.

Mulayana, E, D, Nurzaman, I., & Fauziyah, N, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal PAUD Agapedia, 1 (1), hlm. 82.

Sarosa, Samiaji. (2021). Analisis Data Penelitian Kualtatif. Yogyakarta : PT KANIISIUS.

Setiawan, I., dkk. (2022). Bunga Rampai Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Sukabumi : CV Jejak.

Sit, Maganti. (2021). Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.

Sumbono, Agung. (2021). Metabolisme Energi dan Obesitas Seri Biokimia Pangan Dasar. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Yates, E., & Twigg, E. (2016). Developing Creativity in Early Chilhood Studies Students. Thinking Skills and Creativity. http://dx.doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001

Downloads

Published

2022-08-01