Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam

Authors

  • Moh Hafas Al-Ahdab Villa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ainol Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Athar Zaif Zairozie Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3561

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui minat belajar siswa dan upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam dan salah satu guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas siswa memiliki minat belajar yang masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni dari guru, keluarga, teman dan sarana prasarana yang memadai. Untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan upaya dengan menciptakan pembelajaran yang menarik misalnya dengan menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan dorongan dan motivasi kepada anaknya sehingga minat anak dalam belajar semakin meningkat.

Kata Kunci: Minat belajar, Pembelajaran matematika, Siswa

 

Abstract

The purpose of this study is to determine student interest in learning and the efforts that need to be made to increase student interest in learning mathematics. The type of research used is descriptive-qualitative with data collection techniques through triangulation, namely observation, interviews, and documentation. The research subjects in this study were students of class XI Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam and one of the mathematics teachers. Based on the results of the study, it was found that the majority of students had a low interest in learning. This is influenced by several factors, namely teachers, family, friends, and adequate infrastructure. To overcome this, the teacher makes efforts to create interesting learning experiences, for example, by using learning media when learning takes place. In addition, parents also need to provide encouragement and motivation to their children so that the children's interest in learning increases.

Keywords: Learning interest, Math Learning, Student

References

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, P. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di ISP Citra Bangsa. UIN Syarif Hidayatullah.

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa ISP Pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatifatematika Inovatif, 4(4), 799–807. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Haylock, & Thangata. (n.d.). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. SAGE Publications Ltd.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(23), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (keempat). Penerbit Alfabeta.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Hikayat Publishing.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Taufan, A. (2019). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X ISk N 3 Sungai Penuh Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.52060/pgsd.v1i2.143

Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29

Downloads

Published

2022-08-03