Bagaimana Dasar Kebutuhan Alat Permainan Edukatif Papan Alur untuk Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun?

Authors

  • Indri Helpiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3564

Abstract

Abstrak

Pemberian rangsangan pada anak usia dini melalui pengembangan aspek-aspek dalam perkembangan anak melalui pendidikan.salah satu upaya yang dapat dilakukan dan dioptimalkan yakni kemampuan kognitif salah satunya di bidang kemampuan membilang anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Educational Design Research (EDR) tahap analisisdan eksplorasi yakni menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara kepada guru kelompok B. Pengenalan lambang bilangan dan membilang pada anak merupakan salah satu perkembangan kognitif yang harus dikembangkan dan di optimalkan. Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan kognitif anak yaitu memfasilitasi anak dengan alat permainan edukatif yang memiliki peran untuk memfasilitasi perkembangan anak. Alat permainan edukatif papanalur menjadi salah satu solusi untuk mengoptimalkan membilang anak karena permainan edukatif terdapat nilai-nilai stimulus perkembangan anak.

Kata Kunci: Edukatif, Membilang, Anak

 

Abstract

The provision of stimulation to early childhood through the development of aspects of child development through education. One of the efforts that can be done and optimized is cognitive ability, one of which is in the field of the ability to count children. The method used in this study is Educational Design Research (EDR) in the analysis and exploration stages, using observation techniques and interview techniques for group B teachers. The introduction of number symbols and counting in children is one of the cognitive developments that must be developed and optimized. One way to optimize children's cognitive development is to facilitate children with educational game tools that have a role to facilitate children's development. The groove board educational game tool is one solution to optimize counting children because educational games contain stimulus values for children's development.

Keywords: Educative, Counting, Children

References

DAFTAR PUSTAKA

Astini, B. N. Dkk. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan anak, 6(1). 31-40.

Gandana, dkk. (2018). Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (0-6 Tahun). Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Kusuma, Tesya. C. & Listiana, H. (2021). Pengembangan Pembuatan APE bagi anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Educational Design Research: A Theoritical Framework For Action. Jurnal UPI, I, Bandung:Upi Kampus Tasikmalaya.

Mckenney. S. & Reeves, T. C. (2012). Conducting Educational Design Research.USA: Rout Ledge.

Mutiah, Diana. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta:Pranadamedia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Virdyna, Nina. K. (2019). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Pemekasan: Duta Media Publishing

Yasbiati & Gandana, Gilar. (2020). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Downloads

Published

2022-08-03