Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe pada Materi Hubungan Simbol dengan Makna Sila Kedua Pancasila Kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3566Abstract
Abstrak
Pendidikan berperan terpenting pada usaha embina serta pembentukan karakter bangsa. Pendidikan tentunya sangat berhubungan erat dengan pembelajaran. Untuk memberikan pembelajaran yang terbaik maka diperlukan adanya sebuah media belajar. Suatu media pembelajaran yang bisa dipakai ialah dengan Sparkol VideoScribe. Penelitian ini hendak dilaksanakan penelitian berkaitan pada media pembelajaran berbasis Videoscribe yang diterapkan dalam materi Hubungan Simbol dengan Makna Sila Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berbentuk kuesioner, observasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian kesimpulannya ialah dari uji validitas kelayakan media, sebagian besar dinyatakan layak. Hal ini memperlihatkan media belajar berbasis Sparkol Videoscribe ini sangat layak dijadikan media dalam belajar. Kemudian berdasarkan hasil dari penyebaran angket kepada siswa, didapatkan hasil sejumlah dua ratus delapan puluh sembilsn jawaban YA dan tiga puluh satu jawaban TIDAK. Hal itu memperlihatkan media belajar Sparkol VideoScribe ini sangat bagus untuk diaplikasikan sebagai media belajar.
Kata Kunci: Pendidikan, Media, Pembelajaran, Sparkol VideoScribe
Â
Abstract
Education plays the most important role in the effort to foster and shape the nation's character. Education is of course very closely related to learning. To provide the best learning, it is necessary to have a learning media. A learning media that can be used is Sparkol VideoScribe. This research intends to carry out research related to the Videoscribe-based learning media which is applied in the Material Relationship of Symbols with the Meaning of the Precepts of Pancasila Class IV Elementary School. The method used is a research and development method based on the Borg and Gall model. Data collection techniques used are in the form of questionnaires, observations, and interviews.Based on the research, the conclusion is from the media feasibility test, most of them are declared feasible. This shows that this Sparkol Videoscribe-based learning media is very worthy of being used as a medium for learning. Then based on the results of distributing questionnaires to students, the results obtained are two hundred and eighty nine YES answers and thirty one NO answers. This shows that the Sparkol VideoScribe learning media is very good to be applied as a learning medium.
Keyword: Education, Media, Learning, Sparkol VideoScribe
References
DAFTAR PUASTAKA
Abdurrahman, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta,2011), hlm.104.
Affrida Zulfiana, dan S. (2017). Jenis-jenis Media Dalam Pembelajaran. Makalah, 1–17. http://eprints.umsida.ac.id/1635/
Ahmadi Abu, Uhbiyati Nur: 2015.Ilmu Pendidikan Jakarta : Rineka Cipta
Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada
As-Syifa, D. (2018). Media Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/34rhg
Dilla Oktavianingrum, “Pengembangan Media Audio Visual Sparcol dalam Pemeblajaran Mengelola Rapat Pertemuan di LPP IPMI Kusuma Bangsa Surakarta “ Jurnal Perpustakaan. Uns. (2016) h.3
Dwi Erlia, Pengembangan Media Berbasis Sparkol Videoscribe Pokok Bahasan Kinematika Gerak di Perguruan Tingg, Universitas Negeri Lampung. 2017. h 2
Faturrohma, M., & Sutistyorinmi. (2012). Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Miftah, M. (2013). Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan Vol.1 No.2 ..
Nurseto Tejo.2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol 8.
Pudjawan, K., Gede, D., & Putra, A. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INOVATIF BERBASIS VIDEO SCRIBE BAGI GURU-GURU SD DI GUGUS 3 KECAMATAN. 1657–1663.
Rusman dkk. 2015. Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers
Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Yamin Martinis.2013. Desain Pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan, Referensi, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ericha Ristaviana Putri Wahyuni, Achmad Fanani, Rarasaning Satianingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.