Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Baset Learning) Berbasis STEM dalam Materi BangunRuang Matematika Kelas 5 SD Hang Tuah Juanda

Authors

  • Silviana Devi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3572

Abstract

Abstrak

Penelitian ini meliputi penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah kelas 5 A, 5 B, 5 C, dan 5 D SD Hangtuah X Juanda, cluster sampling. Sampel yang dikumpulkan adalah kelas 5 B. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan respon. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase. Dari analisis data Studi Umum tersebut diketahui bahwa kegiatan guru terhadap kegiatan siswa dan respon siswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah STEM (PjBL) sangat baik. Nilai kegiatan guru adalah 97,72, nilai aktivitas siswa adalah 90, dan tanggapan siswa sepenuhnya sesuai dengan penerapan model pembelajaran STEM berbasis masalah (PjBL)

Kata Kunci: PjBL, STEM, Matematika

 

Abstract

This research includes quantitative descriptive research. The population used is class 5 A, 5 B, 5 C, and 5 D SD Hangtuah X Juanda, cluster sampling. The sample collected is class 5 B. The data collection method in this study is observation and response. The data analysis method in this study used descriptive statistics of percentages. From the analysis of the General Study data, it is known that the teacher's activities on student activities and student responses in applying the STEM problem-based learning model (PjBL) are very good. The teacher activity score is 97.72, the student activity value is 90, and student responses are fully in accordance with the application of the problem-based STEM learning model (PjBL)

Keyword: PjBL, STEM, Matematika

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, A. N. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Biologi , 11.

Afriana, J. P. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 202–212.

Antika, R. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 72-79.

Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadkiyyah Jurnal Pendidididkan Islam.

Fanani. (2018). Pengmbangan Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar. Surabaya: Adi Buana University Press.

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 130-141.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Yohanes, d. (2016). Beban Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan , 187-195.

Downloads

Published

2022-08-04