Efek Bullying Terhadap Psikologis Anak Usia Dini di Desa Morikana

Authors

  • Ode Yahyu Herliany Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Dino Rizadman Rahia Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Nur Susi Saltifa Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Harmawati Harmawati Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Dahlia Dahlia Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Surya Surya Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Fina Fina Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Salma Rudi Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau
  • Raina Raina Sekolah Tinggi Agama Islam YPIQ Baubau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3585

Abstract

Abstrak

Anak yaitu manusia muda dalam umur, muda dalam jiwa dan perjalanan hidupnya karena mudah terpengaruh dengan keadaan sekitarnya. Pengetahuan tentang perkembangan anak dapat membantu mereka mengembangkan diri, dan memecahkan masalah yang dihadapinya, melalui pemahaman dengan faktor faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Berbagai upaya untuk menfasilitasi perkembangan tersebut, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Saat ini banyak faktor internal maupun eksternal yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak salah satunya bullying. Tujuan kegiatan sosialisasi ini di desa Morikana Kecamatan Mawasangka Tengah, yaitu bagaimana cara meningkatkan kesadaran orang tua dan guru tentang bahaya bullying terhadap psikologis anak dan mengedukasi masyarakat tentang apa saja jenis bullying dan apa yang harus dilakukan ketika anak mengalami bullying. Metode yang dilakukan melalui tiga tahap ialah tahap persiapan, tahap implementasi atau pelaksanaan, dan tahap monitoring dan evaluasi. Para orang tua sangat antusias mendengarkan dan memberi pertanyaan dari materi yang disampaikan. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi intensitas dari kegiatan bullying di desa Morikana tersebut.

Kata Kunci: Sosialisasi, Orang Tua, Bullying, Psikologis Anak

 

Abstract

Chilidren are humans who are young age, young in spirit and in their journey of life because they are easly influenced by their surroundings. Knowledge of child development can help them develop themselves, and solve the problems they face, trough under standing the factors that influence childrens development. Various efforts to facilitate this development, both in the family, school,and community environment. Currently, there are many internal and external factors that can interfere with the process of child development, one of wich is bullying. The purpose of this socialization activity in Morikana village, Mawangka Tengah District, is how to increase the awareness of parents and teachers abou the psychological dengers of bullying on children and educate public about what types of bullying are and what to do when children experience bullying. The method is carried out thorugh theree stages, preparation phase namely the implementation or implementation stage and the monitoring and evaluation stage. The parents were very enthuasuastic about listening and asking questions from the material presented. So it is hopped that this activity can reduce the intensity of bullying activities the Morikana village.

Keywords: Socialization, Parents, Bullying Effect, Child Psychology

References

DAFTAR PUSTAKA

Apriastuti, D.A.(2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembanagn Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan.Vol.4 1 Juni 2013, hal 1-14.

Ahmed,E, & Braithwaite, V. (2004). Bullying and victimization: Cause for Concern for both families and schools. Social Psychology of Education, 7(1) 35-54

Assegaf, A.R. (2004) Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi kondisi, kasus dan konsep. Yogyakarta : Tri Wacana

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Mata Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU (Terjemahan). Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Wolke, D. Woods, S dan Stanford K. (2001). Bullying and victimization of Primary school children jn England and Germany: Prevalence and school Factors, Britis Journal of Psychology.2(92) 673-696

Downloads

Published

2022-08-04