Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Showroom Mobil Manggala Motor Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Adham Rizky Pratama Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Edi Santoso Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Sri Hartono Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3590

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap kinerja konsumen pada Showroom Mobil Manggala Motor Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa; Berdasarkan hasil uji t variabel independen Pengaruh Promosi, diperoleh nilai t hitung < t table (5,730 < 1,984 ), maka Ho diterima, artinya tidak terdapat pengaruh. Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Harga, diperoleh nilai t hitung > t table (10,397 > 1,984 ) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Pelayanan, diperoleh nilai t hitung > t table (2,297 > 1,984 ) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F variabel dependen Keputusan Pembelian, diperoleh nilai F hitung > F table (151,352 > 2,84) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama/simultan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

 

Abstract

This study uses a quantitative approach, namely data that can be calculated in the form of numbers. Research with quantitative methods is intended to determine the effect of Promotion, Price and Service Quality on consumer performance at the Manggala Motor Car Showroom, Janti Village, Slahung District, Ponorogo Regency. Based on the results of the discussion in accordance with the data managed by the multiple linear regression analysis model, it is concluded that; Based on the results of the t-test of the independent variable Effect of Promotion, obtained the value of t count < t table (5.730 < 1.984), then Ho is accepted, meaning that there is no influence of Promotional Influence on Purchase Decisions. Price, the value of t arithmetic > t table (10.397 > 1.984 ) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of price on purchasing decisions. Quality of Service, obtained the value of t arithmetic > t table (2.297 > 1.984 ) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of Service Quality on Purchase Decisions. “Based on the results of the F test of the dependent variable of Purchasing Decision, the calculated F value > F table (151.352 > 2.84) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of Promotion, Price and Service Quality together/simultaneously on the Purchase Decision.â€

Keywords : Promotion, Price, Service Quality, Buying Decision

References

DAFTAR PUSTAKA

Alindra, Aput Ivan. 2015. Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Depok Sports Center. Skripsi. Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Amir, Taufiq. 2013, Manajemen Ritel, PPM, Jakarta.

Anita Susanti. 2015. Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Minimarket Indomaret Dengan Almaret di Komplek Cahaya Kemang Permai Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatakan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Basu Swasta. 2014. Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Djuremi, Leonardo Budi Hasiolan dan Maria Magdalena Minarsih. 2016. Pengaruh Harga Kerja, Harga, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pasar Kota Semarang. Journal of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Fandy Tjiptono. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset

Firnidia, Linda. 2017. Pengaruh Pengaruh Promosi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. 2017. Organisasi dan Produksi. Dasar Peningkatan Prodiktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Hanafi. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

John C. Mowen dan Michael Minor. 2015. Perilaku Konsumen .Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Julianan. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Amstrong. 2017. Prinsip-prinsip pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan K. Lane. 2015. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Jilid II. PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : Grafindo.

M. Misbakhul Munir. 2017. Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Permata di Kecamatan Balapulang. Universitas Diponegoro Semarang.

Ma’ruf, Hendri. 2013. Pemasaran Riteil PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mowen, John C. dan Michael Minor, 2014, Perilaku Konsumen, Jakarta:

Mudrajad Kuncoro, 2015. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Niti Susastro, Mulyadi. 2015. Perilaku Konsumen: Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Peter, J. Paul & Olson, Jerry C. 2018. Perilaku Konsumen dan Stretegi Pemasaran (Dimas Sihombing: Terjemahan

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga

Saladin, Djaslim. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat. Bandung: Linda Karya.

Santoso, S. 2014. Statistik Multivariat, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo

Sekaran, Uma 2014. Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Singgih Priatmaji Sasongko. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sri Hartono dan Naning Kristiyana. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Lombok NTB: CV. Alliv Renteng Mandiri.

Sri Hartono dan Umi Farida. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II (Buku Ajar). Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Sutisna, 2015. Perilaku Konsumen dan Harga Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, Edy. 2014. Harga. Jakarta: Kencana.

Terence A. Shimp. 2016. Periklanan Produk dan Aspek Tambahan Harga Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

William J. Stanton. 2019. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun. Jakarta: Erlangga.

Yuliani. 2013. Pengaruh Lokasi, Harga dan > 5 Juta Terhadap Keputusan Pembelian di ABC Swalayan Purbalingga. Universitas Negeri Semarang

Yusrizal. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompensasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Taman Siswa Padang.

Downloads

Published

2022-08-05