Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Showroom Mobil Manggala Motor Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3590Abstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap kinerja konsumen pada Showroom Mobil Manggala Motor Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa; Berdasarkan hasil uji t variabel independen Pengaruh Promosi, diperoleh nilai t hitung < t table (5,730 < 1,984 ), maka Ho diterima, artinya tidak terdapat pengaruh. Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Harga, diperoleh nilai t hitung > t table (10,397 > 1,984 ) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Pelayanan, diperoleh nilai t hitung > t table (2,297 > 1,984 ) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F variabel dependen Keputusan Pembelian, diperoleh nilai F hitung > F table (151,352 > 2,84) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama/simultan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Â
Abstract
This study uses a quantitative approach, namely data that can be calculated in the form of numbers. Research with quantitative methods is intended to determine the effect of Promotion, Price and Service Quality on consumer performance at the Manggala Motor Car Showroom, Janti Village, Slahung District, Ponorogo Regency. Based on the results of the discussion in accordance with the data managed by the multiple linear regression analysis model, it is concluded that; Based on the results of the t-test of the independent variable Effect of Promotion, obtained the value of t count < t table (5.730 < 1.984), then Ho is accepted, meaning that there is no influence of Promotional Influence on Purchase Decisions. Price, the value of t arithmetic > t table (10.397 > 1.984 ) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of price on purchasing decisions. Quality of Service, obtained the value of t arithmetic > t table (2.297 > 1.984 ) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of Service Quality on Purchase Decisions. “Based on the results of the F test of the dependent variable of Purchasing Decision, the calculated F value > F table (151.352 > 2.84) then Ho is rejected, meaning that there is an effect of Promotion, Price and Service Quality together/simultaneously on the Purchase Decision.â€
Keywords : Promotion, Price, Service Quality, Buying Decision
References
DAFTAR PUSTAKA
Alindra, Aput Ivan. 2015. Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Depok Sports Center. Skripsi. Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Amir, Taufiq. 2013, Manajemen Ritel, PPM, Jakarta.
Anita Susanti. 2015. Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Minimarket Indomaret Dengan Almaret di Komplek Cahaya Kemang Permai Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Universitas Negeri Semarang.
Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatakan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Basu Swasta. 2014. Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Djuremi, Leonardo Budi Hasiolan dan Maria Magdalena Minarsih. 2016. Pengaruh Harga Kerja, Harga, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pasar Kota Semarang. Journal of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.
Fandy Tjiptono. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset
Firnidia, Linda. 2017. Pengaruh Pengaruh Promosi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. 2017. Organisasi dan Produksi. Dasar Peningkatan Prodiktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Imam Hanafi. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Indomaret Klakah Kabupaten Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
John C. Mowen dan Michael Minor. 2015. Perilaku Konsumen .Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Julianan. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Amstrong. 2017. Prinsip-prinsip pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan K. Lane. 2015. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Jilid II. PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : Grafindo.
M. Misbakhul Munir. 2017. Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Permata di Kecamatan Balapulang. Universitas Diponegoro Semarang.
Ma’ruf, Hendri. 2013. Pemasaran Riteil PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mowen, John C. dan Michael Minor, 2014, Perilaku Konsumen, Jakarta:
Mudrajad Kuncoro, 2015. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Niti Susastro, Mulyadi. 2015. Perilaku Konsumen: Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Peter, J. Paul & Olson, Jerry C. 2018. Perilaku Konsumen dan Stretegi Pemasaran (Dimas Sihombing: Terjemahan
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2014. Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga
Saladin, Djaslim. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat. Bandung: Linda Karya.
Santoso, S. 2014. Statistik Multivariat, Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo
Sekaran, Uma 2014. Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Singgih Priatmaji Sasongko. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. Universitas Diponegoro Semarang.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sri Hartono dan Naning Kristiyana. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Lombok NTB: CV. Alliv Renteng Mandiri.
Sri Hartono dan Umi Farida. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II (Buku Ajar). Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.
Sutisna, 2015. Perilaku Konsumen dan Harga Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, Edy. 2014. Harga. Jakarta: Kencana.
Terence A. Shimp. 2016. Periklanan Produk dan Aspek Tambahan Harga Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.
William J. Stanton. 2019. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun. Jakarta: Erlangga.
Yuliani. 2013. Pengaruh Lokasi, Harga dan > 5 Juta Terhadap Keputusan Pembelian di ABC Swalayan Purbalingga. Universitas Negeri Semarang
Yusrizal. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompensasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Taman Siswa Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adham Rizky Pratama, Edi Santoso, Sri Hartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.