Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII PPKn di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022

Authors

  • Nike Elsalia Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Monalisa Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3598

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa kelas VII PPKn di SMP Nasrani 2 Medan dikarenakan factor Pola Asuh Orangtua siswa yang kurang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap minat belajar siswa kelas VII PPKn di SMP Nasrani 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasrani 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII diSMP Nasrani 2 Medan yang berjumlah 108 orang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan rumus Arikunto dengan Presentase kelonggaran sebesar 25% maka hasil perhitungan diperoleh 27 responden. Teknik pengumpulan data ini berupa kusioner (angket). Hasil dari Penelitian menunjukkan bahwa ttabel dari pola asuh orangtua otoriter menunjukkan hasil negatif (0,745) dan Signifikan (0,464), thitung dari pola asuh orangtua demokratis menunjukkan hasil positif (2,734) dan Signifikan (0,044), thitung dari Pola asuh orangtua permisif menunjukkan hasil posif (2,635) dan Signifikan (0,044).

Kata Kunci: Pola Asuh, Minat Belajar

 

Abstract

The problem in this research is the lack of interest in learning for class VII Civics at SMP Nasrani 2 Medan due to the Parenting Parenting factor of students' parents who are not good. The purpose of this study was to determine the effect of Parenting Patterns on the learning interest of class VII PPKn students at SMP Nasrani 2 Medan. This research was conducted at SMP Nasrani 2 Medan. The population in this study were all students of class VII at SMP Nasrani 2 Medan, amounting to 108 people. The sampling technique used the Arikunto formula with a percentage of leeway of 25%, the calculation results obtained 27 respondents. This data collection technique is in the form of a questionnaire. The results of the study showed that the t table of authoritarian parenting patterns showed negative results (0.745) and significant (0.464), tcount from democratic parenting patterns showed positive results (2.734) and significant (0.044), tcount from permissive parenting patterns showed positive results. (2.635) and Significant (0.044).

Keywords: Parenting, Interest in Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Apritia, Chailin. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Jogakariyan Yogyakarta. Jurnal keluarga. Vol. 1 No. 2

Bright, Horizon, Parenting Style Four Types of Parenting, (4 Mei 2021)

Cumberland, Susan, The Importance of Interest in Learning, (4 Mei 2021)

Conger, R. D., & Conger, K. J. (2004). Resilience in Midwestern families: Selected findings from the first decade of a prospective, longitudinal study. Journal of Marriage and Family, 64(2): 361-373.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Siti. 2013. Jurnal Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat dan Prestasi Siswa†(Gaya pola asuh demokratis dan otoriter) di sebuah Sekolah Dasar. Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Harackiewicz, Judit M. (2016). Interest Matters: the Important of Promoting Interest in Education. HSS Public Access, Author Manuscript: 3(2):220-227

Heale, Roberta. (2015). Validity and reability in quantitative studies. Evid Based Nurs. Vol 18: 66-67. Doi 10.1136/eb-2015-102129

Hidayat, A. A. A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Mustabsyiah, Lia & Formen, Ali (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosi Anak Pada Sikap Tanggung Jawab. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES : 538-542

Merckling, Daniele, & Williams Jessica. (2020). Parenting Styles and Their Effects. Encyclopedia of Infant and Early Chillhood: 470-480.

Mondal, Puja, 7 Important Factors that may Affective Learning Process,(4 Mei 2021)

Mustolikh. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Motiivasi Belajar Mahasiswa Semester IV Pendidikan Geografi Universitas Purwokerto. Geodukasi. Vol 3 No 2: 96-102

Nurhayati, Diah. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar KKPI Kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta. Journal Mekatronika UNY. Vol 7:69-78

Ricardo & Meilani. (2017). The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 2(2):188-201

Shahsavari, Mahmood. (2012). A General Overview on Parenting Styles and Its Effective Factors. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(8):139- 142

Silvia, Vitor, 8 Factors That Affect Students Motivation in Education, (4 Mei 2021)

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Stephanie Glen, Likert Scale Definition and Examples, (Mei 2021

Stephanie Glen, ANOVA Test: Definition, Types, Examples, (4 Mei 2021)

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.USA: John Wiley & Sons.

Taylor, Marygrace, The Different Parenting Styles And What To Know About Them (4 Mei 2021)

Umairoh, Siti. (1015). Perbedaan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 3 No 3: 157- 165

Downloads

Published

2022-08-06