Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3602Abstract
Abstrak
Kepuasan pelanggan sangat penting untuk diperhatikan bagi perusahaan First Media, karena dari kepuasan pelanggan tersebut berarti First Media telah berhasil dalam menjual produk dan jasanya kepada pelanggan sehingga akan meningkatkan pada sumber pendapatan masa depan. Menurunnya pelanggan First Media pada 5 tahun terakhir ini, salah satunya adalah karena kurangnya rasa kepuasan dalam menggunakan layanan internet First Media yang disebabkan beberapa faktor antara lain kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan thitung sebesar 14,654 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1.651972. Harga memiliki pengaruh negative terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai sig. 0,356 lebih besar dari 0,05 dan thitung sebesar 0,925 lebih kecil dari nilai ttabel yaitu 1,651972. Kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0.05 dan nilai fhitung sebesar 471,237 lebih besar dari ftabel yaitu sebesar 3,04. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,815, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan First media di Pondok Aren Tangerang Selatan sebesar 81,5%.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Harga, Kualitas Pelayanan, Pelanggan
Â
Abstract
Customer satisfaction is very important to pay attention to for First Media companies, because from customer satisfaction it means that First Media has succeeded in selling its products and services to customers so that it will increase on future sources of income. The decline in First Media customers in the last 5 years, one of which is due to the lack of satisfaction in using First Media internet services which is caused by several factors including service quality and price. This research is aimed at determining the effect of service quality and price on customer satisfaction and knowing how much influence it has. The research method used is quantitative, with data collection through questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression which is processed with the help of SPSS software version 26. The results showed that the quality of service has a positive influence on customer satisfaction partially with the sig value. 0.000 is smaller than 0.05 and the calculation of 14.654 is greater than the ttable value of 1.651972. Price has a negative influence on customer satisfaction partially with the sig value. 0.356 is greater than 0.05 and the calculation of 0.925 is smaller than the ttable value of 1.651972. Service quality and price have a simultaneous positive influence on customer satisfaction with a sig value of 0.000 less than 0.05 and a calculated value of 471.237 greater than the ftabel of 3.04. As a result of the coefficient of determination of 0.815, it can be concluded that the quality of service and price have a positive and significant effect on customer satisfaction of First media in Pondok Aren South Tangerang by 81.5%.
Keywords: Customer Satisfaction, Price, Quality of Service, CustomerReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdil Gofur. (2019). “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelangganâ€. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37 – 44.
Agus Eko Sujianto. (2009). Aplikasi Statistik Dengan SPSS. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ari, Jusuf & Efendi. (2015). Prinsip- Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi
Line in Service (LIS) Fixed Broadband Indonesia. (2017). Diunduh pada tanggal 2 Februari 2020. Broadband Survey Spire Research & Consulting.
Creswell, John W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. YOGYAKARTA: PUSTAKA PELAJAR
Cek Area Layanan First Media. (2020). Diunduh pada tanggal 3 Maret 2020 dari http://www.firstmedia.com/get/subscribe/cekarea-layanan
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States: Pearson
Herdiansyah, Haris. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Internet dan TV Kabel Mati Kecewa Layanan Pelanggan First Media. (2019). Diunduh pada tanggal 12 Maret 2020 dari https://news.detik.com/suara-pembaca/d-4593455/internet-dan-tv-kabel-mati-kecewa-layanan-pelanggan-first-media.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Kecewa Pelayanan CS Firstmedia Atas Keluhan Tagihan Berlebih. (2017). Diunduh pada tanggal 12 Maret 2020 dari https://mediakonsumen.com/2018/06/04/surat-pembaca/kecewa-pelayanan-cs-firstmedia-atas-keluhan-tagihan-berlebih.
Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat: Jakarta.
Mauludin, Hanif. (2010). Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nugroho, N. T. (2015). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta)â€. Jurnal Paradigma, 12, 114 - 122.
Qaliti et al. (2019). “Impact of Price on Customer Satisfaction; mediating role of Consumer Buying Behaviour in Telecom Sectorâ€. International Journal of Research, 06 (4).
Sintya, Lapian & Karuntu. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek Online pada Mahasiswa FEB UNSRAT Manado. Jurnal EMBA, 6 (3).
Subroto, FX. A. (2013). “Pengaruh Market Orientation terhadap Service Quality, Satisfaction dan Loyalty Pelanggan Toko Buku Gramedia di Jawa Timurâ€. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15 (1).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Stanton, William J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll) (2020). Diunduh pada tanggal 12 Maret 2020 dari https://jalantikus.com/tips/harga-pasang-wifi/
Wood, I. (2009). Layanan Pelanggan. Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hendy Tannady, Yohanes Totok Suyoto, Edi Purwanto, Adhika Ibnu Anugrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.