Pengaruh Brand Ambassador, Iklan dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli di Tokopedia (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE GICI Depok)

Authors

  • Agustini Agustini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Rizal Bakti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Anisa Olinfia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3606

Abstract

Abstrak

Perkembangan online commerce menjadi fenomena dalam perekonomian sebuah negara yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pemerataan kesejahteraan ekonomi di Indonesia. secara digital apalagi ketika pandemi covid-19 terjadi, tren belanja online menjadi pilihan nyata. Model penganalisis yang digunakan adalah analisis regresi linier. multipleSample selection dilakukan dengan cara accidental sampling Dan responden sampel ini berjumlah 75, menggunakan multiple regression analysis Hasil uji regresi regression menunjukkan bahwa 52,5% dari minat beli dapat diekstrifrifkan oleh brand ambassador, advertising dan brand awareness dimana sebanyak 47,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan secara bersamaan brand ambassador, advertising, dan brand awareness secara serentak secara positif dan signifikan mempengaruhi minat beli dengan hasil analisis nilai Fcalculate (27.660) > Ftabel (2,73). Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel brand ambassador menunjukkan hasil Thitung analyisis (0.089) kemudian brand ambassador variabel parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Variabel iklan merupakan efek positif dan signifikan terhadap minat membeli bersama Thitung (2.438) dan Thitung (6.041) brand awareness yang sebagian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian di tokopedia pada siswagici Depok.

 

Abstract

The development of online commerce becomes a phenomenon in the economy a country that is expected to give a positive impact equitable distribution of economic welfare in Indonesia. digitally especially when the pandemic covid-19 happen, the trend of online shopping to be a real option. Model an analyzer used are linear regression analysis. multipleSample selection is done by means of accidental sampling And these sample respondents were 75, using multiple regression analysis Regression test results show that 52,5% of buying interest can be expalined by brand ambassador, advertising and brand awareness where as the remaining 47,5% is explained by other factors not researched in this study. While the F test result show the simultaneously the brand ambassador,advertising,and brand awareness simultaneously positively and significantly affect the buying interest with the result of the analysis of the value of Fcalculate (27,660) > Ftabel (2,73). T test result shows that the brand ambassador variable shows the results of Thitung analyisis (0,089) then a partial variable brand ambassador has no positive and significant effect on the interest The variable advertising is a positive and significant effect on the interest of buying with Thitung (2,438) and Thitung (6,041) brand awareness partially influential positive and significant to the interest in buying at tokopedia inGICI Depok students.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aaker, D.A (2013). Manajemen Pemasaran Strategis (1st ed). Salemba Empat

Amstrong, Kotler (2015), “Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth Editionâ€, England : Pearson Education, Inc

Astuti, Widya. (2019). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Iklan Terhadap Minat Beli Produk OPPO di Kalangan Masyarakat Jakarta Selatan

A.shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan promosi edisi delapan. Jakartan: Salemba Empat

Chindella Arima (2017). Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Belanja Online dengan Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fisip Administrasi Bisnis 2014-2017 Universitas Mulwarman). Ejournal Administrasi Bisnis,Voulme 2, Nomor 6,2018:487-497)

Dina Febiana. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada pengunjung yang melakukan

pembelian pada Bikers Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 16 no 1 November 2014

Dinnie, Keith. 2015. Nation Branding : Concept,Issue, Practice E-boook. New York : Rotledge

Devita Wardiyastuti. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Brand Image (Studi kasus pada followers instagram wedanganradjiaman sebagai calon konsumen). Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta 2017

Greenwoo, Lea. (2012). How to build a good bussiness. Jakarta: Gramedia Heppiana lestari. Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (survei online pada konsumen innisfree di Indonesia dan China

Kertamukti, Rama 2015 Strategi Kreatif dalam Periklanan : konsep pesan, media branding. Anggaran Depok : PT Raja Grafindo Persada

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Bandung: Alfabet

Moriarty,Sandra,Nancy,Mitchel,WellsD William (2019), Advertising & IMC Principles and Practice ,9th Edition. Australia : Pearson

Mulyaputri, V.M. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Minat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya. Ilmu Manajaemen 9(1)

Purnomo, Aldy (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Penerbit CV Wade Group

Ranu Burhanudin (2017). Pengaruh Iklan Traveloka di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi di Indonesia) The Impact of Traveloka Television Advertisement On Purchase Intention (study in Indonesia) Issn :2355-9357 E- Procedding Of Mangement : Vol 4, 2 Agustus 2017 / page 1453

Royan, Frans. 2004. Marketing Selebrities . Jakarta : PT Elex Media Komputido Setiawan,Iwan. (2021). pengaruh citra merek, kesadaran merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek pengguna smartphone samsung di kota Depok

Sugiarto. (2017). Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta : Penerbit Andi

Sugiyono. (2015) . Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Cetakan ke 22.Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Cetakan ke 26. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis

. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. (2017). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi,Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI Suciningtyas. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit : Andi, Yogyakarta

Widiana, Wayan Plong. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent PT Unilever. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 5, No 4,

:1942-1968

Wirdamulia A (2019). Strategi Pengelolaan makna Merek (M.K Fahmi (Ed) 1st ed PT Penerbit IPB Press

Downloads

Published

2022-08-07