Peran Guru IPS dalam Menanamkan Sikap Empati dan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo

Authors

  • Diyaul Badri Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abu Yazid Adnan Quthny Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Achmad Zurohman Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3645

Abstract

Abstrak

Latar belakang Penelitian ini ialah Pendidikan moral yang menjadi wadah dalam mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki budi pekerti yang baik. Nilai-nilai tradisi yang menjunjung tinggi akan moralitas saat ini sudah sedikit demi sedikit mulai bergeser seiring adanya dampak dari era globalisasi dan teknologi. Penelitian ini mempunya tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru ips dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial siswa di MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejngan Probolinggo. Dan jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam Penelitian ini adalah Kepala Sekolah,guru ips, TU, dan siswa Kelas XI. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru IPS dalam menanamkan sikap empati dan kepedulian sosial siswa di kelas XI MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan sudah bisa dikatakan bagus dalam menerapkannya kepada siswa.

Kata Kunci: Guru IPS, Sikap empati, kepedulian sosial.

 

Abstract

The background of this research is moral education which is a forum for printing the next generation of the nation who has good character. Traditional values that uphold morality are now gradually starting to shift along with the impact of the era of globalization and technology. This study aims to describe the role of social science teachers in instilling empathy and social care in students at MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejngan Probolinggo. And this type of research uses field research using qualitative methods. The subjects in this study were the principal, social science teacher, TU, and class XI students. The results of this study indicate that the role of social science teachers in instilling empathy and social care in students in class XI MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan can be said to be good in applying it to students.

Keywords: Social Studies teacher, Attitude of empathy, social care.

References

DAFTAR PUSTAKA

A Budiyanto, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kepedulian Sosial Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 2016, 16.

Anita Lie, Metode Pembelajaran Gotong Royong (Surabaya: CV. Citra Media, 1999), 11-12.

Binti Maunah, Sosiologi Pendidikan (Tulungagung: Media Akademi, 2016), 125-127.

Faiqottul Himmah, et al, “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demakâ€, Sosiolum, 2019, 159

Hadi Machmud, “Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anakâ€, STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, 2014, 80

Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik(Jakarta: Kencana, 2011), 22.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2014), 6.

Muhammad Daffa , “Memabangun Rasa Empati Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa SMP dan SMAâ€, Jurnal Fokus, 2016, 241

Muhammad Muchson, Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006), 23.

Nur Kholis, “Paradigma Pendidikan Islam dan Undang-Undang Sisdiknas 2003â€, Jurnal Kependidikan,2014, 73-75.

Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007), 82.

Muhiddinur Kamal, Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis (Bandar Lampung: Aura CV Anugrah Utama Raharja, 2013), 1.

Singgih Pamungkas, “Upaya Sekolah dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang†Skripsi(Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019).

Syaharuddin dan Mutiani, Strategi Pembelajaran IPS Konsep dan Aplikasi (Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, 2020), 14-17.

Synaroch Fatimah, “Proses Penanaman Nilai Moralitas Siswa (Studi di SMA Negeri 2 Kota Batu)â€, Jurnal Humanity, 2014, 181.

Wahyu Tri Utami, “Pengaruh Program Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa di SMP Islamiyah Ciputat†Skripsi (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011).

Downloads

Published

2022-08-10