Analisis Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A di TK Pertiwi DWP Tasikmalaya

Authors

  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aini Loita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anis Fitria Sundari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3700

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisis keterampilan motorik halus anak kelompok A di TK Pertiwi DWP Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jumlah partisipan lima orang anak kelompok A, dua anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru, keterampilan motorik halus pada anak kelompok A di TK Pertiwi DWP Tasikmalaya masih rendah. Disarankan untuk lebih memperhatikan lagi mengenai perkembangan motorik halus anak khususnya ketika anak sedang diajarkan untuk memegang pensil dan menulis agar dapat dilakukan secara baik dan benar. Sehingga anak dapat melakukannya dengan baik sesuai dengan pencaian anak kelompok A pada umunya, dan bagi orang tua dianjurkan untuk selalu mendampingi anak ketika belajar dirumah serta dapat memberikan stimulus pada anak dengan baik.

Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Motorik Halus, Anak Usia Dini

 

Abstract

This study aims to determine the condition of the fine motor skills of group A children in TK Pertiwi DWP Tasikmalaya. This study used a qualitative descriptive method with five participants in group A, two boys and three girls. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation techniques, while for data analysis techniques used descriptive methods. Based on the results of interviews with teachers, fine motor skills in group A children in TK Pertiwi DWP Tasikmalaya are still low. It is recommended to pay more attention to the fine motor development of children, especially when children are being taught to hold a pencil and write so that it can be done properly and correctly. So that children can do well in accordance with the achievement of group A children in general, and parents are recommended to always accompany children when studying at home and can provide good stimulus to children.

Keywords: Fine Motor Skills, Motor Skills, Early Childhood

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, Sumardi & Mulyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), hlm. 359.

Dewi, Nurul & Surani. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 1(7), hlm. 191.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), hlm. 62.

Khadijah & Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Moeslichatoen, R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), hlm. 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4il.327

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Rosda.

Swaliana & Riza. (2018). Deteksi Perkembangan Kompetensi Motorik Anak di PAUD Nadila Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 2(3), hlm. 45.

Downloads

Published

2022-08-12