Evaluasi Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo

Authors

  • Joni Agus Pratama Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Hamid Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ismatul Izzah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3715

Abstract

Abstrak

Evaluasi Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana perencanaan kinerja guru dalam proses pembelajaran, pelaksanaan evalusi kinerja guru. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tahapan data reduction, data display, canclutation/verification. Hasil penelitian yang telah di lakukan mengenai Evaluasi Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo, yaitu perencanaan kinerja guru perlu dilakukan sebelum melaksanakan sebuah kegiatan, Begitu juga dalam proses pembelajaran mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah dan kualitas belajar siswa. seperti membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan materi, menyiapkan peraga dan lain-lain.walaupun masih ada beberapa guru yang belum maksimal dalam membuat perencanaan pembelajara. pelaksanaan evalusi kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo pelaksanaan evaluasi kinerja guru ialah suatu upaya pengembangan guru untuk meningkatkan sikap profesional guru dalam kinerjanya, atau usaha kepala sekolah untuk mengumpulkan informasi dan mengetahui guru dalam proses belajar mengajar Sehingga dapat mencapai sesuai dengan standar target yang diharapkan.

Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja Guru, Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan

 

Abstract

Evaluation of Teacher Performance in Curriculum Implementation at Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo. The purpose of this study was to determine how the planning of teacher performance in the learning process, implementation of teacher performance evaluation. This study was designed using qualitative methods. Data was collected using interview, observation, and documentary studies. The data analysis technique was carried out by going through the stages of data reduction, data display, cancellation/verification. The results of the research that has been done regarding Teacher Performance Evaluation in Curriculum Implementation at Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo, namely teacher performance planning needs to be done before carrying out an activity, Likewise in the learning process has an important role in achieving school goals and the quality of student learning. such as making learning tools, preparing materials, preparing demonstrations and others. Although there are still some teachers who are not optimal in making lesson plans. the implementation of teacher performance evaluation at Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan Alasnyiur Besuk Probolinggo implementation of teacher performance evaluation is an effort to develop teachers to improve the professional attitude of teachers in their performance, or the principal's effort to collect information and know teachers in the teaching and learning process so that they can achieve in accordance with the target standards set. expected.

Keywords: evaluation, teacher performance, Madrasah Ibtidaiyah Bahjatussibyan

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, 2008.Perencanaan Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), hal. 15

Ahmad, La Ode Ismail. 2018. “Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor Yang Mempengaruhinya,†dalam Jurnal penilaian kinerja guru, halaman 54.

Arif Prasetyo, W., Eka Wisnu, W., & Nurgiansah, T. H. (2022). Pemilihan Umum di Indonesia dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3217–3225.

Dewantara, J. A., Syamsuri, Jumarni, Aprillia, D. T., Afandi, Safitri, E., Pratiwi, E. M., & Nurgiansah, T. H. (2022). Political Sociology Analysis in The Scope of Students. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 520–533. https://doi.org/10.26618/jed.v

Dewantara, J. A., Syamsuri, Wandira, A., Afandi, Hartati, O., Cahya, N., Sapitri, P., & Nurgiansah, T. H. (2022). The Role of Buzzers in Social Media in Guiding Public Opinion Regarding Political Choices. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 681–694. https://doi.org/10.26618/jed.v

Eko Putro Widoyoko, 2017, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pndidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar ,115

Erma, 2009, Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,hal 201

Haslina, Yusrizal dan Nasir Usman. 2017. “Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA Negneri 5 Lhokseumawe,†dalam Jurnal Magister Administrasi,45

John W Creswell,2010 Research Design Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, Dan Mixed (Yogyakarta:Pustaka Pelajar)hal 26

Nurchotimah, A. S. I., Utomo, A. D. N., Khasanah, D. R. A. U., & Nurgiansah, T. H. (2022). Development of Electronic Books (E-Books) for Supervision of Public Services to Increase Knowledge of PPKn Teachers. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 513–519. https://doi.org/10.26618/jed.v

Nurgiansah, T. H., Wulandari, M. A., & Bety, C. F. (2022). Resolution of Social Conflicts Through Multicultural Education. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 428–436. https://doi.org/10.26618/jed.v

Downloads

Published

2022-08-14