Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

  • Riska Alfianita Universitas Kristen Satya Wacana
  • Suhandi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3735

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam melakukan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pengunaan dari model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Contextual Teachig and Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental dengan desain The Static-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang ada di Gugus Gajah Mada Kecamatan Bringin sejumlah 111 siswa, namun sampel yang digunakan dalam penelitian ini di SD Negeri Bringin 01, SD Negeri Bringin 02, dan SD Negeri Pakis dengan jumlah 65 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan dari perolehan hasil uji T kemampuan pemecahan masalah pada kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,004 Ë‚ 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan model Problem Based Learning lebih unggul dan efektif secara signifikan dibandingkan model Contextual Teachig and Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi geometri bangun datar pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Contextual Teachig and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

 

Abstract

The purpose of conducting this research is to determine the effectiveness of the use of the Problem Based Learning learning model and the Contextual Teachig and Learning learning model on math problem solving abilities in grade IV elementary schools. This study uses a Quasi Experimental type with The Static-Group Comparison design. The population in this study was the fourth grade elementary school students in Gugus Gajah Mada, Bringin District, with a total of 111 students, but the samples used in this study were Bringin 01 Elementary School, Bringin 02 State Elementary School, and Pakis State Elementary School with a total of 65 students. The results obtained in this study were based on the results of the T-test of problem-solving abilities in the experimental group 1 and experimental group 2 which showed a Sig. (2-tailed) value of 0.004Ë‚0.05, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the application The Problem Based Learning model is significantly superior and effective compared to the Contextual Teaching and Learning model on the ability to solve mathematical problems in geometrical geometry in fourth grade elementary school students.

Keywords: Problem Based Learning, Contextual Teachig and Learning, Math Problem Solving Ability

References

DAFTAR PUSTAKA

Bakoban, F. I. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (PBL) pada Materi Segiempat. Universitas PGRI Semarang, 241.

Damarsari, R. (2017). Evektifitas Penggunaan Media Pertama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II di SDN Bangurejo 2 Yogyakarta. Nursing Research, 32(4), 253.

Fuadah, L. F. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Etnosains Pada Materi Redoks Kelas X Di MAN 1 Cirebon. UIN Walisongo, 3-5.

Hasriyani, A., Baharullah., Agustan, S. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Project Based Learning (PjBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1178-1179.

L.R. Gay. 2012. Educational Research : Competencies for Analysis and Application. United States of America: Merrill Publishing Company, 265-297.

Latifah, Teli., Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 3(2), 137.

Marliana, N., Nugraheni, N. (2018). Keefektifan Model CTL dan PBL Berbasis Teori Buner Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Negeri Semarang, 7(1), 22.

Nurhasanah, D. S., Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72.

Parwati, Ni Nyoman. (2019). Adaptasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Snama PGRI, 1, 87.

Purba, D., Zulfadli., Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. MathEdu, 4 (1), 26.

Putra, Aan., Ines Feltia M. (2021). Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 3(1), 39.

Rahmawati, D., Henny, D. K., Sri, G. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 220.

Sariani, N. L. A., Suarjana, I. M., Dibia, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorentasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. Journal of Education Terchnology, 2(3) pp, 96.

Surya, A., Widiawati, M., Istiyati, S. (2019). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1.

Susanti, Rani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung, 7.

Wahyudi., Anugraheni, I. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana Univercity Press, 16.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Mipa SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 6(2), 12.

Downloads

Published

2022-08-16