Peran Mahasiswa Sebagai Generasi Muda dalam menghadapi Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.3793Abstract
Abstrak
Berbagai peristiwa yang terjadi saat ini terjadinya perselisihan karena adanya setiap warga negara tidak menghargai keberagaman. Selain itu pula, perilaku Mahasiswa yang cenderung individualis menjadi sorotan tajam dalam mayarakat. Disadari atau tidak, teknologi informasi juga turut andil dalam merebaknya pola budaya Barat (westernisasi) yang sangat mudah digandrungi oleh sebagian besar Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam mengahadapi Era Society 5.0. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa Mahasiswa haruslah setidaknya mempunyai 3 (tiga) kompetensi kewarganegaraan, yang meliputi Pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), kecakapan kewarganegaraan (civic skills), dan Watak kewarganegaraan (civic disposition). Dengan terjalinya kompetensi kewarganegaraan tersebut, diharapkan dapat mewujudkan mahasiswa yang terlibat aktif dalam suatu tatanan negara dan mengahadapi Era Society 5.0.
Kata Kunci: Mahasiswa, Generasi Muda, Era Society 5.0
Abstract
Various events that occurred at this time the occurrence of disputes because every citizen does not respect diversity. Apart from that, the behavior of youth who tend to be individualistic has become a sharp focus in society. Whether we realize it or not, information technology has also contributed to the spread of Western cultural patterns (westernization) which are very easily loved by most students. This study aims to find out how the role of students in dealing with Era Society 5.0. The results of this study found that students must have at least 3 (three) citizenship competencies, which include civic knowledge, civic skills, and civic disposition. With the establishment of civic competence, it is hoped that students will be actively involved in a state system and face the Era of Society 5.0.
Keywords: Students, Young Generation, Era Society 5.0
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus Cahyono, E., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review ; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12. Retrieved from https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43
Asyari, D & Dewi, D.A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milineal dalam menanamkan Jiwa Nasionalisme di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3 (2), 30-41
Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 3 (2), 196-210.
Bettany-Saltikov, J. (2012).How to do a systematic literature review in nursing: a step-by-step guide. McGraw-Hill Education (UK).
Branson, Magaret S., dkk. 1999. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Kerjasama LKIS dan The Asia Foundation
Fadilah, & Dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.
Fauzi R, & Roza P. (2019). Implementasi Nilai Kebajikan Warga negara (Civic Virtues) di Institut Teknologi Bandung. Journal Of Moral and Civic Education. 3 (2), 92-106
Hartini, S., Siregar, M., & Arifi, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Al- Asasiyya: Journal of Basic Education. 4 (1), 14-29
Hijran, Muhamad; Oktariani, Dini. Peran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Pengembangan Sistem Ekonomi Kerakyatan Saat Pandemi Covid-19 Menurut Undang-Undang 1945. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, [S.L.], V. 8, N. 2, P. 95-101, Nov. 2021. Issn 2620-8504.
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 14 (2), 218-225
Nurohmah, W., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Nilai -Nilai Pancasila Di Era Globalisasi.Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1045-1049
Pangalila, Theodorus. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 (1), 91- 103
Reza A. Suntara (2022). Indonesia Emas 2045 Bukan Isapan Jempol Belaka . Babel Pos edisi Selasa, 22 Maret 2022
Reza A. Suntara (2022). Warge Negara yang Baik. Babel Pos edisi Kamis, 31 Maret 2022
Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review.Management research news.
Roza, Prima. (2020). Digital Citizenship: Menyiapkan Generasi Milineal Menjadi Warga Negara Demokratis di abad Digital. Jurnal Sosioteknologi. Volume 19, No. 2, 190- 202
Sujana, I Putu Windu M. (2019). Civic Virtue Dalam Rangka Mewujudkan Pemilu Harmoni dan Berkeadilan. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaan. 1 (2), 63-72
Waldi, Atri., dkk. (2019). Penguatan Civic disposition (watak kewarganegaraan) bagi Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Generasi Muda pada Era Revolusi Industri 4.0. JP-Ipteks Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2), 15-23
Winataputra, Udin S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung; Widya Aksara Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Hijran, Dini Oktariani, Zikri Rahmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.