Peran Mahasiswa Sebagai Generasi Muda dalam menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Muhamad Hijran Universitas Bangka Belitung
  • Dini Oktariani Universitas Bangka Belitung
  • Zikri Rahmani Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i4.3793

Abstract

Abstrak

Berbagai peristiwa yang terjadi saat ini terjadinya perselisihan karena adanya setiap warga negara tidak menghargai keberagaman. Selain itu pula, perilaku Mahasiswa yang cenderung individualis menjadi sorotan tajam dalam mayarakat. Disadari atau tidak, teknologi informasi juga turut andil dalam merebaknya pola budaya Barat (westernisasi) yang sangat mudah digandrungi oleh sebagian besar Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam mengahadapi Era Society 5.0. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa Mahasiswa haruslah setidaknya mempunyai 3 (tiga) kompetensi kewarganegaraan, yang meliputi Pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), kecakapan kewarganegaraan (civic skills), dan Watak kewarganegaraan (civic disposition). Dengan terjalinya kompetensi kewarganegaraan tersebut, diharapkan dapat mewujudkan mahasiswa yang terlibat aktif dalam suatu tatanan negara dan mengahadapi Era Society 5.0.

Kata Kunci: Mahasiswa, Generasi Muda, Era Society 5.0

 

Abstract

Various events that occurred at this time the occurrence of disputes because every citizen does not respect diversity. Apart from that, the behavior of youth who tend to be individualistic has become a sharp focus in society. Whether we realize it or not, information technology has also contributed to the spread of Western cultural patterns (westernization) which are very easily loved by most students. This study aims to find out how the role of students in dealing with Era Society 5.0. The results of this study found that students must have at least 3 (three) citizenship competencies, which include civic knowledge, civic skills, and civic disposition. With the establishment of civic competence, it is hoped that students will be actively involved in a state system and face the Era of Society 5.0.

Keywords: Students, Young Generation, Era Society 5.0

References

DAFTAR PUSTAKA

Agus Cahyono, E., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review ; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12. Retrieved from https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43

Asyari, D & Dewi, D.A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milineal dalam menanamkan Jiwa Nasionalisme di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3 (2), 30-41

Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 3 (2), 196-210.

Bettany-Saltikov, J. (2012).How to do a systematic literature review in nursing: a step-by-step guide. McGraw-Hill Education (UK).

Branson, Magaret S., dkk. 1999. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: Kerjasama LKIS dan The Asia Foundation

Fadilah, & Dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.

Fauzi R, & Roza P. (2019). Implementasi Nilai Kebajikan Warga negara (Civic Virtues) di Institut Teknologi Bandung. Journal Of Moral and Civic Education. 3 (2), 92-106

Hartini, S., Siregar, M., & Arifi, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Al- Asasiyya: Journal of Basic Education. 4 (1), 14-29

Hijran, Muhamad; Oktariani, Dini. Peran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Pengembangan Sistem Ekonomi Kerakyatan Saat Pandemi Covid-19 Menurut Undang-Undang 1945. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, [S.L.], V. 8, N. 2, P. 95-101, Nov. 2021. Issn 2620-8504.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 14 (2), 218-225

Nurohmah, W., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Nilai -Nilai Pancasila Di Era Globalisasi.Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1045-1049

Pangalila, Theodorus. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 (1), 91- 103

Reza A. Suntara (2022). Indonesia Emas 2045 Bukan Isapan Jempol Belaka . Babel Pos edisi Selasa, 22 Maret 2022

Reza A. Suntara (2022). Warge Negara yang Baik. Babel Pos edisi Kamis, 31 Maret 2022

Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review.Management research news.

Roza, Prima. (2020). Digital Citizenship: Menyiapkan Generasi Milineal Menjadi Warga Negara Demokratis di abad Digital. Jurnal Sosioteknologi. Volume 19, No. 2, 190- 202

Sujana, I Putu Windu M. (2019). Civic Virtue Dalam Rangka Mewujudkan Pemilu Harmoni dan Berkeadilan. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaan. 1 (2), 63-72

Waldi, Atri., dkk. (2019). Penguatan Civic disposition (watak kewarganegaraan) bagi Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Generasi Muda pada Era Revolusi Industri 4.0. JP-Ipteks Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2), 15-23

Winataputra, Udin S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung; Widya Aksara Press.

Downloads

Published

2022-11-21