Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Tingkat Kesadaraan Berdemokrasi Siswa Kelas VIII di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022

Authors

  • Martina Ratna Sari Sinambela Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Kondios Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3800

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Tingkat Kesadaran Berdemokrasi Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji Keberartian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh positif terhadap Tingkat Kesadaran Berdemokrasi Siswa, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (21.979 > 1,988). Kemudian hasil perhitungan Uji Keberartian Regresi diperoleh fhitung > ftabel (52,277 > 3,109) dan nilai signifikannya 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah berarti

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraaan, Perilaku Demoratis.

 

Abstract

This study aims to determine whether the effect of civic education on the level of democratic awareness of class VIII students of SMP Nasrani 2 Medan in the academic year 2021/2022. This type of reseach is a survey with a quantitative approach. The population in this study were all grade VIII student of SMP Nasrani 2 Medan in the 2021/2022 academic year. The analytical method used in this study is Normality Test, Simple Linear Regression Test, and the Significance Test. The result of the study indicate that civic education has a positive effect on the level of students’ democratic awareness, which indicates that the value of thitung > ttabel (21.979 > 1,988). Then the result of the calculation of the Regression Significance Test are obtained of fhitung > ftabel (52,277 > 3,109) and the significant value was 0,00 < 0,05. So it can be concluded that the independent variable and the dependent is significant

Keyword: Civic Education, Democratic Behavior.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abubakar, Iskandar. (2001). “Antisipasi Penggunaan Bahan Bakar Transportasi di Indonesiaâ€. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Al Muchtar, Suwarno (2000). “Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPSâ€. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.

Arikunto, Suharmisi. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta : Rineka Cipta.

Budimansyah, Dasim dkk. (2008) “PKn dan Masyarakat Multikulturalâ€. Bandung, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Cholisin. (2004). “ Pengembangan Paradigma (civic Education)â€. Diktat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.

Djamarah, S.B & Zain, A. (2002) “Strategi Belajar Mengajarâ€. Jakarta: Rineka Putra.

Dc dMuazzinah, Riska. (2019). “Skripsi Konsep Demokrasiâ€. Banda Aceh. Permendiknas No.16 Tahun 2007, Tentang Standar Pendidik dan Kependidikan.

M.S Kaelan. (2000) “Pendidikan Pancasila Edisi Reformasiâ€. Yogyakarta : Paradigma.

Sihombing, Yolandita. (2021). “Pengaruh Kompetensi Peddagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Selama Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 1 Kerajaan Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2021/2022â€: Medan

Sulisworo, Dwi. (2012). “Bahan Ajar Demokrasiâ€: Yogyakarta.

Soekijdo, Notoatmojdo. (2010). “Ilmu Perilaku Kesehatanâ€. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D).Alfabeta: Bandung.

Wawan, Dewi. (2011). “Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusiaâ€. Yogyakarta : Nuha Medika.

Winataputra, U.S. (2006). “Materi dan Pembelajaran PKn SDâ€. Jakarta: Universitas Terbuka., Dkk.(2007). “Strategi Belajar Mengajarâ€.Universitas Terbuka.

Undang-Undang No 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-08-21