Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Tingkat Kesadaraan Berdemokrasi Siswa Kelas VIII di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3800Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Tingkat Kesadaran Berdemokrasi Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasrani 2 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji Keberartian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh positif terhadap Tingkat Kesadaran Berdemokrasi Siswa, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (21.979 > 1,988). Kemudian hasil perhitungan Uji Keberartian Regresi diperoleh fhitung > ftabel (52,277 > 3,109) dan nilai signifikannya 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah berarti
Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraaan, Perilaku Demoratis.
Â
Abstract
This study aims to determine whether the effect of civic education on the level of democratic awareness of class VIII students of SMP Nasrani 2 Medan in the academic year 2021/2022. This type of reseach is a survey with a quantitative approach. The population in this study were all grade VIII student of SMP Nasrani 2 Medan in the 2021/2022 academic year. The analytical method used in this study is Normality Test, Simple Linear Regression Test, and the Significance Test. The result of the study indicate that civic education has a positive effect on the level of students’ democratic awareness, which indicates that the value of thitung > ttabel (21.979 > 1,988). Then the result of the calculation of the Regression Significance Test are obtained of fhitung > ftabel (52,277 > 3,109) and the significant value was 0,00 < 0,05. So it can be concluded that the independent variable and the dependent is significant
Keyword: Civic Education, Democratic Behavior.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abubakar, Iskandar. (2001). “Antisipasi Penggunaan Bahan Bakar Transportasi di Indonesiaâ€. Jakarta : Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Al Muchtar, Suwarno (2000). “Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPSâ€. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.
Arikunto, Suharmisi. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta : Rineka Cipta.
Budimansyah, Dasim dkk. (2008) “PKn dan Masyarakat Multikulturalâ€. Bandung, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Cholisin. (2004). “ Pengembangan Paradigma (civic Education)â€. Diktat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.
Djamarah, S.B & Zain, A. (2002) “Strategi Belajar Mengajarâ€. Jakarta: Rineka Putra.
Dc dMuazzinah, Riska. (2019). “Skripsi Konsep Demokrasiâ€. Banda Aceh. Permendiknas No.16 Tahun 2007, Tentang Standar Pendidik dan Kependidikan.
M.S Kaelan. (2000) “Pendidikan Pancasila Edisi Reformasiâ€. Yogyakarta : Paradigma.
Sihombing, Yolandita. (2021). “Pengaruh Kompetensi Peddagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Selama Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 1 Kerajaan Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2021/2022â€: Medan
Sulisworo, Dwi. (2012). “Bahan Ajar Demokrasiâ€: Yogyakarta.
Soekijdo, Notoatmojdo. (2010). “Ilmu Perilaku Kesehatanâ€. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D).Alfabeta: Bandung.
Wawan, Dewi. (2011). “Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusiaâ€. Yogyakarta : Nuha Medika.
Winataputra, U.S. (2006). “Materi dan Pembelajaran PKn SDâ€. Jakarta: Universitas Terbuka., Dkk.(2007). “Strategi Belajar Mengajarâ€.Universitas Terbuka.
Undang-Undang No 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Martina Ratna Sari Sinambela, Monalisa Siahaan, Kondios Pasaribu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.