Pengaruh Senam Hamil Menggunakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sesela Kabupaten Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3810Abstract
Abstrak
Senam hamil merupakan olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan dengan cara melatih teknik pernapasan dan sikap tubuh serta melatih otot-otot yang berfungsi dalam proses persalinan sehingga diharapkan ibu hamil siap menghadapi persalinan baik fisik maupun mentalnya. Senam hamil juga merupakan bentuk metode koping yang dapat mengurangi terjadinya stress fisik akibat kehamilan, seperti mengurangi kram kaki dan punggung, meningkatkan kemampuan ibu untuk adaptasi dengan adanya perubahan pada tubuhnya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment berbentuk desain one group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester II dan trimester III di wilayah puskesmas sesela dengan sampel 38 responden menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Berdasarkan uji statistik Wilcoxon didapatkan nilai p value 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Senam Hamil menggunakan Audio Visual terhadap Keterampilan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sesela.
Kata Kunci: Senam Hamil, Audio Visual, Ibu Hamil
Â
Abstract
Pregnancy exercise is a sport that is carried out by pregnant women to prepare for childbirth by practicing breathing techniques and body postures as well as training the muscles that function in the delivery process so that pregnant women are expected to be ready to face labor both physically and mentally. Pregnancy exercise is also a form of coping method that can reduce the occurrence of physical stress due to pregnancy, such as reducing leg and back cramps, increasing the mother's ability to adapt to changes in her body. Methods: This research is a Quasi Experiment research in the form of a one group design. The population in this study were all pregnant women in the second and third trimesters in the Sesela Public Health Center area with a sample of 38 respondents using the Wilcoxon test. Results: Based on the Wilcoxon statistical test, a p value of 0.001 < 0.05 was obtained, meaning that there was a significant effect between Pregnant Gymnastics using Audio Visual on the Skills of Pregnant Women in the Work Area of the Sesela Health Center.
Keywords: Pregnancy Gymnastics, Audio Visual, Pregnant Women
References
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Anderson, Ronald.H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan media Video Pembelajaran.Jakarta : Grafindo Pers.
Anik dan Sukaryati, Yetty. (2016). Senam Hamil Senam Nifas dan Terapi. Musik.
Jakarta: CV.Gr
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Aulia, Hendarmin. Hindun, Siti. (2010). Pengaruh senam hamil terhadap proses
persalinan normal di klinik YK Mandira Palembang. JKK, Th 42 No 1: 60–66.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Kehamilan ideal
usia 20 s/d 35 tahun.
Buchmann, E. J., Sa, F., Stones, W., & Thomas, N. (2016). Preventing Deaths From Complications of Labour and Delivery. Best Practice & Research Clinical Obstetrics & Gynaecology. https://doi.org/10.1016/j.bpobgyn.2016.05.012
Dahlan, M. S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba
Medika.af
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gava Media
Handoko. (2009). Statistik kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
Hasan. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistik. Jakarta: Bumi Aksara Banyu
Media. (2009). Olahraga bagi ibu hamil dan menyusui. Yogyakarta: Tim Redaksi Banyu Media.
Dermawan, A.C., dan Setiawati, S. (2008). Proses pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta: Trans info media.
Depkes. (2007). Pedoman pelayanan antenatal. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik.
Dharma. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitria, Nur C, & Sulastri. (2015). Efektivitas Edukasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kepatuhan Five Moment for Hand Hygiene di Ruang Perawatan Intensif. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto, 6-10
Hikmawati, Isna. (2011). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Mulia Medika, Yogyakarta.
Indiarti. (2008). Senam hamil dan balita. Yogyakarta: Cemerlang Publishing
Jamalzehi et al., (2017). Evaluation of Sleep Quality in Third Trimester of Pregnancy and Its Relation to Birth Characteristics in Women Referred to Gynecology Clinic of Tamin Ejtemaee Hospital of Zahedan, 194–201.
Kemenkes, RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes, RI. (2019). Strategi Penurunan AKI dan Neonatal. http://kesmas.depkes.go.id/portal/konten/~rilis-berita/021517-di-rakesnas-2019_-dirjen-kesmas-paparkan-strategi-penurunan-aki-dan-neonatal. Jakarta: Kemenkes RI.
Larasati, W.,dkk. (2013). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari https://www.academia.edu/10886930/Efektivitas_Pemanfaatan_Aplikasi_WhatsApp_sebagai_Sarana_Diskusi_Pembelajaran_Pada_Mahasiswa_Survei_Pada_Mahasiswa_Ilmu_Komunikasi_Fakultas_Ilmu_Sosial_dan_Humaniora_Angkatan_2012_UIN_Sunan_Kalijaga_Yogyakarta_?auto=downl
Mahmood, M. A., Mufidah, I., Scroggs, S., Siddiqui, A. R., Raheel, H., Wibdarminto, K., … Wahabi, H. A. (2018). Root-Cause Analysis of Persistently High Maternal Mortality in a Rural District of Indonesia: Role of Clinical Care Quality and Health Services Organizational Factors. BioMed Research International, 2018, 3673265. https://doi.org/10.1155/2018/3673265
Maulana, Heri, D.J. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: penerbit buku kedokteran EGC
Nilgia, dkk. (2012). Efektivitas pendidikan kesehatan tentang senam hamil terhadap motivasi ibu hamil dalam melakukan senam hamil di wilayah kerja Puskesmas Harapan Raya Kota Pekanbaru. Skripsi, tidak dipublikasikan. Pekanbaru: Universitas Riau
Nurhudhaeri dkk, 2015 pengaruh sena hamil terhadap peningkatan keterampilan sena hamil diwilayah kerja puskesmas kedungmudu semarang. The 2nd University Research Coloquium 2015. Semarang: STIKES Karya Husada.
Nurhudhariani, dkk. (2015). Pengaruh pelatihan senam hamil terhadap peningkatan keterampilan senam hamil di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. The 2nd University Research Coloquium 2015.Semarang: STIKES Karya Husada
Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam dan Effendi. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo. (2003). Metode Penelitian Teori dan Aplikasinya.Jakarta : PT. Raja
Notoatmojo, S. 2007. Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta. Andi Offset.
Notoatmojo. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktek (edisi 4). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC
Putri. (2008). Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Dengan Keikutsertaan Dalam Senam Hamil Di Rumah Sakit Cinere Depok. Jakarta: Upn Veteran.
Puri. (2008). Hubungan pengetahuan dan motivasi ibu dengan keikutsertaan dalam senam hamil di Rumah Sakit Cinere Depok. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jakarta: UPN Veteran
Purnamayanthi. (2014). Hubungan pengetahuan, graviditas, dan dukungan keluarga dengan motivasi melakukan senam hamil di BPS Yosi Trihanna muda. Bandung: Alfabeta.
Primavera. (2014). Pengaruh media Audio visual (video) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisita. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.
Ri, K. (2015). Bukukesehatanibu Dan Anak. Jakarta: Kemenkes Ri.
Setiawati. 2008. Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.
Setiawati dan Dermawan. (2008). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media
Shamsideen, S.A. (2016). Impact of Audio-Visual Materials in The Dissemination of Knowledge for Facilitators in Some Selected Literacy Centres in Oshodi/Isolo Local Government Area. African Educational Research Journal. Vol. 4(1), pp. 19-24, February 2016. ISSN: 2354-2160. Full Length Research Paper.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Models). Bandung: Alfabeta.
Susilo, 2011. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Cetakan 1. Yogyakarta : Nuha Medika.
St.Vembriarto. (1981). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Paramita.
Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI). (2017). Jakarta : BKKBN, BPS, Kementerian Kesehatan, dan ICF International.
UPT Puskesmas Sesela. 2020. Profil Wilayah Sekitar Kesehatan Ibu dan anak.
Wawan dan Dewi. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan. sikap. Dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Yulaikhah. (2009). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: Egc.
Yulaikhah, Lily. (2008). Kehamilan. Jakarta : EGCi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Supiani Supiani, Nurlathifah N. Yusuf, Eka Mustika Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.