Pengaruh Senam Hamil Menggunakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sesela Kabupaten Lombok Barat

Authors

  • Supiani Supiani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar
  • Nurlathifah N. Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar
  • Eka Mustika Yanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3810

Abstract

Abstrak

Senam hamil merupakan olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan dengan cara melatih teknik pernapasan dan sikap tubuh serta melatih otot-otot yang berfungsi dalam proses persalinan sehingga diharapkan ibu hamil siap menghadapi persalinan baik fisik maupun mentalnya. Senam hamil juga merupakan bentuk metode koping yang dapat mengurangi terjadinya stress fisik akibat kehamilan, seperti mengurangi kram kaki dan punggung, meningkatkan kemampuan ibu untuk adaptasi dengan adanya perubahan pada tubuhnya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment berbentuk desain one group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester II dan trimester III di wilayah puskesmas sesela dengan sampel 38 responden menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Berdasarkan uji statistik Wilcoxon didapatkan nilai p value 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Senam Hamil menggunakan Audio Visual terhadap Keterampilan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sesela.

Kata Kunci: Senam Hamil, Audio Visual, Ibu Hamil

 

Abstract

Pregnancy exercise is a sport that is carried out by pregnant women to prepare for childbirth by practicing breathing techniques and body postures as well as training the muscles that function in the delivery process so that pregnant women are expected to be ready to face labor both physically and mentally. Pregnancy exercise is also a form of coping method that can reduce the occurrence of physical stress due to pregnancy, such as reducing leg and back cramps, increasing the mother's ability to adapt to changes in her body. Methods: This research is a Quasi Experiment research in the form of a one group design. The population in this study were all pregnant women in the second and third trimesters in the Sesela Public Health Center area with a sample of 38 respondents using the Wilcoxon test. Results: Based on the Wilcoxon statistical test, a p value of 0.001 < 0.05 was obtained, meaning that there was a significant effect between Pregnant Gymnastics using Audio Visual on the Skills of Pregnant Women in the Work Area of the Sesela Health Center.

Keywords: Pregnancy Gymnastics, Audio Visual, Pregnant Women

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Anderson, Ronald.H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan media Video Pembelajaran.Jakarta : Grafindo Pers.

Anik dan Sukaryati, Yetty. (2016). Senam Hamil Senam Nifas dan Terapi. Musik.

Jakarta: CV.Gr

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aulia, Hendarmin. Hindun, Siti. (2010). Pengaruh senam hamil terhadap proses

persalinan normal di klinik YK Mandira Palembang. JKK, Th 42 No 1: 60–66.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Kehamilan ideal

usia 20 s/d 35 tahun.

Buchmann, E. J., Sa, F., Stones, W., & Thomas, N. (2016). Preventing Deaths From Complications of Labour and Delivery. Best Practice & Research Clinical Obstetrics & Gynaecology. https://doi.org/10.1016/j.bpobgyn.2016.05.012

Dahlan, M. S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba

Medika.af

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gava Media

Handoko. (2009). Statistik kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Hasan. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistik. Jakarta: Bumi Aksara Banyu

Media. (2009). Olahraga bagi ibu hamil dan menyusui. Yogyakarta: Tim Redaksi Banyu Media.

Dermawan, A.C., dan Setiawati, S. (2008). Proses pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta: Trans info media.

Depkes. (2007). Pedoman pelayanan antenatal. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik.

Dharma. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, Nur C, & Sulastri. (2015). Efektivitas Edukasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kepatuhan Five Moment for Hand Hygiene di Ruang Perawatan Intensif. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto, 6-10

Hikmawati, Isna. (2011). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Mulia Medika, Yogyakarta.

Indiarti. (2008). Senam hamil dan balita. Yogyakarta: Cemerlang Publishing

Jamalzehi et al., (2017). Evaluation of Sleep Quality in Third Trimester of Pregnancy and Its Relation to Birth Characteristics in Women Referred to Gynecology Clinic of Tamin Ejtemaee Hospital of Zahedan, 194–201.

Kemenkes, RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes, RI. (2019). Strategi Penurunan AKI dan Neonatal. http://kesmas.depkes.go.id/portal/konten/~rilis-berita/021517-di-rakesnas-2019_-dirjen-kesmas-paparkan-strategi-penurunan-aki-dan-neonatal. Jakarta: Kemenkes RI.

Larasati, W.,dkk. (2013). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Diakses dari https://www.academia.edu/10886930/Efektivitas_Pemanfaatan_Aplikasi_WhatsApp_sebagai_Sarana_Diskusi_Pembelajaran_Pada_Mahasiswa_Survei_Pada_Mahasiswa_Ilmu_Komunikasi_Fakultas_Ilmu_Sosial_dan_Humaniora_Angkatan_2012_UIN_Sunan_Kalijaga_Yogyakarta_?auto=downl

Mahmood, M. A., Mufidah, I., Scroggs, S., Siddiqui, A. R., Raheel, H., Wibdarminto, K., … Wahabi, H. A. (2018). Root-Cause Analysis of Persistently High Maternal Mortality in a Rural District of Indonesia: Role of Clinical Care Quality and Health Services Organizational Factors. BioMed Research International, 2018, 3673265. https://doi.org/10.1155/2018/3673265

Maulana, Heri, D.J. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: penerbit buku kedokteran EGC

Nilgia, dkk. (2012). Efektivitas pendidikan kesehatan tentang senam hamil terhadap motivasi ibu hamil dalam melakukan senam hamil di wilayah kerja Puskesmas Harapan Raya Kota Pekanbaru. Skripsi, tidak dipublikasikan. Pekanbaru: Universitas Riau

Nurhudhaeri dkk, 2015 pengaruh sena hamil terhadap peningkatan keterampilan sena hamil diwilayah kerja puskesmas kedungmudu semarang. The 2nd University Research Coloquium 2015. Semarang: STIKES Karya Husada.

Nurhudhariani, dkk. (2015). Pengaruh pelatihan senam hamil terhadap peningkatan keterampilan senam hamil di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. The 2nd University Research Coloquium 2015.Semarang: STIKES Karya Husada

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam dan Effendi. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo. (2003). Metode Penelitian Teori dan Aplikasinya.Jakarta : PT. Raja

Notoatmojo, S. 2007. Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta. Andi Offset.

Notoatmojo. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktek (edisi 4). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Putri. (2008). Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Dengan Keikutsertaan Dalam Senam Hamil Di Rumah Sakit Cinere Depok. Jakarta: Upn Veteran.

Puri. (2008). Hubungan pengetahuan dan motivasi ibu dengan keikutsertaan dalam senam hamil di Rumah Sakit Cinere Depok. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jakarta: UPN Veteran

Purnamayanthi. (2014). Hubungan pengetahuan, graviditas, dan dukungan keluarga dengan motivasi melakukan senam hamil di BPS Yosi Trihanna muda. Bandung: Alfabeta.

Primavera. (2014). Pengaruh media Audio visual (video) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisita. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Ri, K. (2015). Bukukesehatanibu Dan Anak. Jakarta: Kemenkes Ri.

Setiawati. 2008. Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Setiawati dan Dermawan. (2008). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media

Shamsideen, S.A. (2016). Impact of Audio-Visual Materials in The Dissemination of Knowledge for Facilitators in Some Selected Literacy Centres in Oshodi/Isolo Local Government Area. African Educational Research Journal. Vol. 4(1), pp. 19-24, February 2016. ISSN: 2354-2160. Full Length Research Paper.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Models). Bandung: Alfabeta.

Susilo, 2011. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Cetakan 1. Yogyakarta : Nuha Medika.

St.Vembriarto. (1981). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Paramita.

Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI). (2017). Jakarta : BKKBN, BPS, Kementerian Kesehatan, dan ICF International.

UPT Puskesmas Sesela. 2020. Profil Wilayah Sekitar Kesehatan Ibu dan anak.

Wawan dan Dewi. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan. sikap. Dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika

Yulaikhah. (2009). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: Egc.

Yulaikhah, Lily. (2008). Kehamilan. Jakarta : EGCi

Downloads

Published

2022-08-21