Analisis Eksploratif Produk Tabungan Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Menabung pada BMT Maslahah Besuk Agung

Authors

  • Ila Rizqina Universitas Islam Zainul Hasan
  • Abdul Aziz Wahab Universitas Islam Zainul Hasan
  • Nuntufa Nuntufa Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3853

Abstract

Abstrak

Dalam memenuhi kehidupan masyarakat perlu adana penyusunan program prioritas kebutuan di antaranya maslaah pendidikan melalui kegiatan menabung.Baitul mal a tamwil (BMT) atau bisa juga disebut Balai usaha mandiri terpadu menumbuh kembangkan bisnis usaha mikro.maka dari itu BMT Maslahah besuk agung mengeluarkan produk tabungan pendidikan untuk suatu rencana keuangan dari pihak orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak mereka yang bersifat tak terduga.permasalahan yang di kaji dalam penelitiaan ini ialah bagai mana perkembangan produk tabungan pendidikan pada BMT Maslahah besuk agung dan bagaimana strategi yang digunakan dala meningkatkan minat nasabah pada produk tabunagn pendidikan ini.tujuan penelitian ini untuk menganalisis perkembangan produk tabungan pendidikan dalam meningkatkan minat menabung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (fiel research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder, selain itu, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi

Kata Kunci: Minat Menabung, Maslahah Besuk Agung

 

Abstract

In fulfilling people's lives, it is necessary to prepare priority programs for needs, including education problems through saving activities. Baitul mal a tamwil (BMT) or it can also be called an integrated independent business center to grow and develop micro-enterprise businesses. Therefore, BMT Maslahah visits Agung issues educational savings products for a financial plan from the parents in preparing unexpected costs of education for their children. The problem examined in this research is how the development of educational savings products at BMT Maslahah Besuk Agung is and what strategies are used to increase customer interest in the product. The purpose of this study is to analyze the development of educational savings products in increasing interest in saving. This study uses a type of qualitative field research (field research) that is descriptive in nature using primary and secondary data sources, in addition, the data collection method in this study uses interviews and documentation

Produk tabungan pendidikn minat menabung anggota

Keywords: Interest in Saving, Maslahah Besuk Agung

References

DAFTAR PUSTAKA

Amilia, Ainul.2015 “ Analisis Terhadap Pelaksanaan Produk Simpanan Pendidikan Di BMT Marhaman Wonososbo†Universitas Islam negri Walisongo Semarang.

Budantoro, Ibnu Maulan.2012 “Analisis Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dampaknya Untuk Meningkatkan Minat Menabung Nasabah†Universitas Diponegoro.

H Zainuddin Ali, M.A hukum perbankan syariah, jakarta : sinar gafika, 2008 hlm 45

Latifa, Luluk.2019 ’’ Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Berjangka Pada BMT Usaha Terpadu (UGT) Sidogiri Capem Galis Bangkalan ‘’

Muhammad, Ridwan, “ Manajemen Baitul Mal Wa Tamwil Yogyakarta ‘’ :UII Pres,2014

Nurhidayat, Arief.2016 “ Upaya Meningkatkan jumlah Nasabah Melalui Strategi Pemasaran Produk Tabungan Ceriaku Di PT.BPRS Khasanah ummat Porwokerto†Institut Agama Islam Negri ( IAIN ) Purwokerto

Riadi, Rian Arta.2018 “Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Tabungan Pendidikan Di BPRS Metro Madani KC.Tulang Bawang Barat†Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro.

Saputri, Hermas Eka.2017 “ Analisis Produk Simpanan Ceria Pintar (Simpanan Pendidikan) Dalam Meningkatkan Minat Menabung Pada Anggota BMT Assyafi’iyah Sukoharjo Pringsewu†Universitas Negri Raden Intan : Lampung

Sulistyoningrum, Laxim.2017 ‘’ Analisis Strategi Pemasaran BMT Harapan Umat Pati Cabang Puri Dalam Meningkatkan Minat Anggota Terhadap Produk Tabungan Simpanan Pelajar ‘’

Downloads

Published

2022-08-25