Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media, Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Clothing Online Store)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3871Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh social media marketing, harga dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada salah satu toko busana online di Jakarta. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis baik parsial maupun simultan dengan bantuan program SPSS versi 20. Sampel yang diambil sebanyak 155 responden. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert untuk mengukur setiap pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara social media marketing, harga dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: interaction design, customer review, promosi, penilaian kredibilitas onlineReferences
DAFTAR PUSTAKA
Andini, C., Ariyanti, M. & Sumrahadi. (2016). “Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli pengunjung Online Store Lazada Indonesiaâ€. E- Proceeding of Management. Vol. 3, No. 2.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Chumairah, S., Hamid F. Z., & Wijiyanty, M. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Media Sosial (Instagram) dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan “Goreng†(Studi Pada Konsumen Sate Taichan “Goreng†Cabang Tebet). Epigram. Vol. 15, No. 1, hlm 64.
Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen (New Era Of Management). Jakarta: Salemba.
Farki, A., Baihaqi, I. & Wibawa, B. M. (2016). “Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesiaâ€. Jurnal Teknik ITS. Vol. 5, No. 2.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States: Pearson.
Hasan. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. cetakan 3, Jogja.
Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT BumiAksara.
Hudek dan Vrcek. (2006). “e-service quality evaluation instrumentâ€, pada 19 januari 2020 dari www.emeraldinsight.com
Husaini, Usman. (2011). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ichsan, M., Jumhur, H., & Dharmoputra, S. (2018). “Pengaruh Consumer Online Rating and Review terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakartaâ€. E-Proceeding of Management. Vol. 5, No. 2, hlm 1830.
Indonesia, D. P. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2005. Jakarta: Depdag RI.
Kotler, Philip & Armstrong (2012): Marketing Management 14th Edition New Jersey: Pretice Hall.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Latief, A. (2018). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Solo Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 7, No. 1, Mei, 2018.
Laudon, K.C & Traver, C.G. (2012). E-Commerce 2012. Edinburgh Gate: Pearson. Mo, Z., & Fan, utanto, M, A., & Aprianingsih, A. (2016). “The Effect of Online Consumer Review toward Purchase Intention: a Study in Premium Cosmetic in Indonesiaâ€. Journal International Conference on Ethics of Business,
Maulana, R. dan Kurniawati, K. (2014). “Pengaruh Kualitas E-service terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Website Koren Denim)â€. Jurnal Manajemen. Vol. 13, No. 2, hlm 120.
Nasir & Hart. (2017). “Pengaruh E-Service Quality dan Diskon terhadap Minat Beli pada situs online di website Zalora.co.id di Surabaya†Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 1, No. 1.
Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan.
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Schepers, M. (2015). “The Impact of Online Customer Reviews Factor on the Dutch Consume Buying Decisionâ€. IBA Bachelor Thesis Conference, Enschede, Netherlands, July .
Shaharudin, M. R., Mansor, S. W., Hasan, A. A., Omar, M. W. & Harun, E. H. (2011). “The Relationship between Product Quality and Purchase Intention: The Case of Malaysia’s National Motorcycle/scooter Manufacturerâ€. African Journal of Business Management. Vol. 5, No. 20.
Solomon, M et al. (2015). Marketing: Real People, Real Choices. England: Pearson Educated Limited.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Sutanto, M. A. & Aprianingsih, A. (2016). “The Effect of Online Consumer review toward Purchase Intention: A Study in Premium Cosmetic in Indonesia†International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science.
Utami, R. P. & Saputra, H. (2017). “Pengaruh Harga dan Social Media Marketing terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medanâ€. Jurnal Niagawan. Vol. 6, No. 2.
We Are Social, Hootsuite. (2020). Digital 2020. Diakses pada tanggal 8 Februari 2020 dari https://wearesocial.com/digital-2020
Weeans. J R. S. (2013). “Social Media Marketing, Harga, Promosi & Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comfortaâ€. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado Vol 1 No. 4.
Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian menggunakan SMART PLS 03. Yogyakarta: Innosain.
Zeithaml, Valerie A. Bitner, Mary Jo & Gremler, Dwayne D. (2018). Service Marketing: integrating customer focus Across the firm, 7th edition. New York: Mc Graw-Hill
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Akmal Abdullah, Miftahorrozi Miftahorrozi, Henky Hendrawan, Rini Raharti, Arief Nuryana, Hilda Yuliastuti, Verawaty Verawaty, Rahmayati H.M

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.