Penerapan Quizizz Sebagai Media Penilaian Online Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Intan Rahmadani Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3873

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakna pada masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas selama pandemi COVID-19. Pada masa PTMT metode pembelajaran dan penilaian harus dilakukan secara online. Berbagai aplikasi penilaian online dapat digunakan untuk mempermudah proses penilaian selama PTMT. Media penilaian Quizizz online dengan berbagai keunggulannya dapat menjadi alternatif bagi tenaga pendidik. Quizizz dapat meminimalisir kelemahan-kelemahan yang terjadi ketika melakukan penilaian secara konvensional. Jenis penilitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Terpilih 72 mahamahasiswa Sekolah Tinggi Alhikmah kota Tanjungbalai Tahun ajararan 2020/2021.Dari hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Quizizz sebagai alat penilaian online dapat mengatasi permasalahan PTMT. Metode penilaian alternatif melalui quiziz menjembatani jarak dan waktu, menciptakan kuliah yang menghibur, dan memotivasi mahasiswa.

Kata Kunci: Quizizz, penilaian online, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

 

Abstract

This research was conducted during the Limited Face-to-face Learning period during the COVID-19 pandemic. During the PTMT period, learning and assessment methods must be carried out online. Various online assessment applications can be used to simplify the assessment process during PTMT. Quizizz online assessment media with its various advantages can be an alternative for educators. Quizizz can minimize the weaknesses that occur when conducting conventional assessments. This type of research uses a descriptive approach with quantitative methods and qualitative methods. Selected 72 students of Kota Tanjungbalai Alhikmah High School for the 2020/2021 academic year. From the results of the questionnaire given to students, it can be concluded that using Quizizz as an online assessment tool can overcome PTMT problems. Alternative assessment methods through quizizz bridge distance and time, create entertaining lectures, and motivate students.

Keywords: Quizizz, online assessment, Limited Face-to-face Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Seyla. 2020. Penerapan Alat Evaluasi Online Quizizz Berpendekatan STEM untuk Mengukur Keterampilan Menganalisis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anggraini., L. 2020, Sistem Ujian Online dan Penilaian siswa berbasis web pada SMA PGRI 109 Tangerang, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana, Tangerang.

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 282–289.

Amornchewin, R. 2018. The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students' Learning Engagement. Indonesian Journal of Informatics Education, (2):85-90.

Ayuningtyas, D., Praherdiono, H., & Wedi, A. 2018. Aplikasi web evaluasi prosespembelajaran dengan pendekatan assessmen as learning. Jurnal KajianTeknologi Pendidikan, 1(1), 77-84.

Irwansyah, Yudhi. 2013. Studi Deskriptif Kinerja Guru dalam Penanaman Kedisiplinan Pada Siswa Kelas III E Melalui Pelajaran PKn di SDIT Iqra’ Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Pratiwi, V. 2016. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1).

Pujiasih, Erna 2020 ‘Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. 2018. Pengembangan media evaluasipembelajaran sejarah berbasis google formulir di sma n 1 Prambanan.ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14(1).

Rusmana, & Martha, I. 2019. Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1).

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. 2021. Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272.

Downloads

Published

2022-08-28