Peran Masyarakat dalam Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kecamatan Blimbing Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3877Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Untuk menjelaskan peran masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya nilai-nilaiPancasiladi Kecamatan Blimbing, (2) Untuk menganalisis dampak dari peran masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya nilai-nilai Pancasila di Kecamatan Blimbing, (3) Untuk menganalisis solusi dari dampak peran masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya nilai-nilai Pancasila di Kecamatan Blimbing. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di Kecamatan Blimbing pada tanggal 25 Mei hingga 10 Juli 2022. Subyek penelitian antara lain Kepala Kecamatan Blimbing, staff Kecamatan Blimbing dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci: Peran masyarakat, Kesadaran, dan Nilai-Nilai Pancasila
Â
AbstractThis study aims to analyze: (1) To explain the role of the community in raising awareness of the importance of Pancasila values in Blimbing District, (2) To analyze the impact of the community's role in raising awareness of the importance of Pancasila values in Blimbing District, (3) To analyze analyze the solution of the impact of the community's role in raising awareness of the importance of Pancasila values in Blimbing District. The research method used is a qualitative research type with a descriptive approach which was carried out in Blimbing District on May 25 to July 10, 2022. The research subjects included the Head of Blimbing District, Blimbing District staff and the surrounding community. Data was collected by means of observation, interviews, and documentation. The data were analyzed through three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
Keywords: The role of society, awareness, and values of Pancasila
References
DAFTAR PUSTAKA
Achmadi, R. Z. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.
Eddya, Eko . "Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kebijakan Ekonomi di Kabupaten Tegal 2009-2014." Politika: Jurnal Ilmu Politik 4.1 (2016): 80-88.
I Nyoman Temon Astawa. 2017. Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar : Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Volume 3 Nomor 2
Kardiman, Yuyus. 2014. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi : Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelompok Masyarakat. Vol.14,No.1
Ketetapan MPRS No.XX /MPRS/ 1966 (junctoMPR No.V/ MPR/ 1973, juncto MPR No.IX/MPR /1978) mengulas Memorandum DPR -GR yang mengulas tantangAkar Tata Tertib Hukum Negaradan Tata Urutan Peraturan Undang undang Negara sertaKetetapan MPR No.III /MPR /2000 mengenai AkarHukum dan Tata Urutan Peraturan Undang undang.
Koentjaraningrat, 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta
Luthfiya, Mita. 2017. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar : Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Vol.3,No.2
Mayangsari, A. S. (2017). Kajian Kesejahteraan Masyarakat. Fkip Ump, 4–8.
Mudyahardjo, 2009. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Rajawali Pers.
Resfira, R. 2019. Journal Of Civic Education : Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Masyarakat Berjiwa Nasional. Vol. 1, No. 1
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. ALFABETA:Bandung.
Suryanto, A. 2013. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA : Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Vol.1, No.2
Undang-Undang No. 12 pada Tahun 2011
Undang-Undang Nomor 10 pada Tahun 2004
Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia, 1 (2), 35–38.
Yuli Fatimah, Aris Riswandi Sanusi, & Yogi Nugraha. (2019). Hambatan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smpn 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 41–48. https://doi.org/10.36805/civics.v4i2.1322
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurbani Yusuf, Tri Sakti Handayani, Arif Prasetyo Wibowo, Siti Aisyah Zharotul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.