Upaya Meningkatkan Minat Beli Produk Kecantikan Melalui Peran Customer Review dan Harga (Studi Kasus Pengguna Shopee)

Authors

  • Verawaty Verawaty Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Ade Risna Sari Universitas Tanjung Pura
  • Tanti Widia Nurdiani Universitas Islam Raden Rahmat
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara
  • Irma M Nawangwulan IULI-International University Liaison Indonesia
  • Samuel PD Anantadjaya IULI-International University Liaison Indonesia
  • Prety Diawati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Erlin Dolphina Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3894

Abstract

AbstrakPenelitian ini menjelaskan tentang pengaruh harga dan customer review terhadap minat beli produk mascara maybelline pada pengguna Shopee Mall Indonesia di Jakarta. Dengan objek penelitian salah satu produk dari Maybelline yaitu mascara. Penelitian ini membahas mengenai teori dari 3 variabel penelitian yaitu, harga, customer review, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form kepada 152 responden yang kemudian diolah menggunakan program SPSS versi 13.0 dengan menggunakan teknik sampling jenuh untuk mengambil data sample. Hasil uji hipotesis (uji t) bahwa harga tidak berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung sebesar 1.558 < t tabel sebesar 1.976. hasil uji hipoteis (uji t) bahwa customer review berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung sebesar 9.425 > t tabel 1.976. implikasi dari penelitian ini dapat memberikan masukan kepada perusahaan untuk memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi harga dan customer review terhadap minat beli, terutama pada produk Maybelline.Kata Kunci: Harga, Customer Review, Minat Beli

References

DAFTAR PUSTAKA

Almana, Amal M. dan Abdulrahman A. Mirza.2013. The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications. Volume 82.

Ardianti, A. N., & Dr. Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Dharmmesta, B. S. and Irawan. (2001). Manajemen pemasaran modern, edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Fransiska, K. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Desain Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (Studi Kasus Pada Konsumen R.A Jeans Di Media Sosial Instagram). 1–94.

Hatch & Farhady, 1981. Definisi operasional dan pengukuran variabel.

Jones, Gareth R. dan Jennifer M George. 2010. Contemporary Management. New York: McGraw Hill.

Kerlinger, F.N.& Pedhazur, E.J., 1973. Multiple Regression Behavioral Research. Holt Rinehart and Winston, Inc. New York.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsipPemasaran,Jilid 1, Jakarta:Erlangga.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran,7(1), 25-32.

Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk sparepart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel. Journal of Management Universitas pandanaran 4 (4): 1-17.

Stanton, William J. 1988. Prinsip Pemasaran. Erlangga : Jakarta. Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi Pemasaran. Andi : Yogyakarta. Ir. Agustina Shinta, 2011. Manajemen Pemasaran.

Sugiyono, (2017) : Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sukwadi, R., Josua, P. P., & Tannady, H. (2021). Penerapan Model Integrasi Fuzzy Servqual-IPA-QFD Dalam Analisis Kualitas Layanan Stasiun Gambir. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 5(1):181-190.

Tannady, H., Renwarin, J.M.J., Nuryana, A., Mudasetia, Nawiyah, Mustafa, F., Ilham, Palilingan, R. A. (2022). Peran Disiplin dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Perdagangan Oli dan Pipa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):4320-4335.

Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3910-3921.

Terry, G. R. and Franklin, S. G. 1994. Principles of Management.

Yuliana & Tannady, H. (2019). Faktor Determinan Performa Pekerja Konstruksi Melalui Media Motivasi. Journal of Business and Applied Management, 12(2):169-185.

Downloads

Published

2022-08-30