Upaya Meningkatkan Minat Beli Produk Kecantikan Melalui Peran Customer Review dan Harga (Studi Kasus Pengguna Shopee)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3894Abstract
AbstrakPenelitian ini menjelaskan tentang pengaruh harga dan customer review terhadap minat beli produk mascara maybelline pada pengguna Shopee Mall Indonesia di Jakarta. Dengan objek penelitian salah satu produk dari Maybelline yaitu mascara. Penelitian ini membahas mengenai teori dari 3 variabel penelitian yaitu, harga, customer review, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form kepada 152 responden yang kemudian diolah menggunakan program SPSS versi 13.0 dengan menggunakan teknik sampling jenuh untuk mengambil data sample. Hasil uji hipotesis (uji t) bahwa harga tidak berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung sebesar 1.558 < t tabel sebesar 1.976. hasil uji hipoteis (uji t) bahwa customer review berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai t hitung sebesar 9.425 > t tabel 1.976. implikasi dari penelitian ini dapat memberikan masukan kepada perusahaan untuk memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi harga dan customer review terhadap minat beli, terutama pada produk Maybelline.Kata Kunci: Harga, Customer Review, Minat BeliReferences
DAFTAR PUSTAKA
Almana, Amal M. dan Abdulrahman A. Mirza.2013. The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications. Volume 82.
Ardianti, A. N., & Dr. Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Dharmmesta, B. S. and Irawan. (2001). Manajemen pemasaran modern, edisi kedua. Jakarta: Erlangga.
Fransiska, K. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Desain Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (Studi Kasus Pada Konsumen R.A Jeans Di Media Sosial Instagram). 1–94.
Hatch & Farhady, 1981. Definisi operasional dan pengukuran variabel.
Jones, Gareth R. dan Jennifer M George. 2010. Contemporary Management. New York: McGraw Hill.
Kerlinger, F.N.& Pedhazur, E.J., 1973. Multiple Regression Behavioral Research. Holt Rinehart and Winston, Inc. New York.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsipPemasaran,Jilid 1, Jakarta:Erlangga.
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran,7(1), 25-32.
Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk sparepart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel. Journal of Management Universitas pandanaran 4 (4): 1-17.
Stanton, William J. 1988. Prinsip Pemasaran. Erlangga : Jakarta. Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi Pemasaran. Andi : Yogyakarta. Ir. Agustina Shinta, 2011. Manajemen Pemasaran.
Sugiyono, (2017) : Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sukwadi, R., Josua, P. P., & Tannady, H. (2021). Penerapan Model Integrasi Fuzzy Servqual-IPA-QFD Dalam Analisis Kualitas Layanan Stasiun Gambir. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 5(1):181-190.
Tannady, H., Renwarin, J.M.J., Nuryana, A., Mudasetia, Nawiyah, Mustafa, F., Ilham, Palilingan, R. A. (2022). Peran Disiplin dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Perdagangan Oli dan Pipa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):4320-4335.
Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2):3910-3921.
Terry, G. R. and Franklin, S. G. 1994. Principles of Management.
Yuliana & Tannady, H. (2019). Faktor Determinan Performa Pekerja Konstruksi Melalui Media Motivasi. Journal of Business and Applied Management, 12(2):169-185.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Verawaty Verawaty, Ade Risna Sari, Tanti Widia Nurdiani, Hendy Tannady, Irma M Nawangwulan, Samuel PD Anantadjaya, Prety Diawati, Erlin Dolphina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.