Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung
  • Elnanto Debataraja Universitas Darma Agung
  • Despin Tafonao Universitas Darma Agung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3907

Abstract

Abstrak

Menghadapi abad 21, pembelajaran tidak lagi berpusat pada kemampuan kognitif saja, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Salah satunya peserta didik dituntut untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tentunya dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran baik dari segi model yang digunakan beserta media yang menarik. Inovasi pembelajaran yang dimaksud adalah Model Pembelajaran PjBL. Model ini dapat menstimulus kemampuan berpikir peserta didik serta mampu menganalisis persoalan-persoalan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan media quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Kelas eksperimen terdiri dari 34 peserta didik dan kelas kontrol terdiri 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknk analisis menggunakan analisis deskriptif yang dihitung dengan membandingkan nilai rata-rata setiap variabel. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji paired sampel t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model PjBL berbantuan media quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: Model PjBL, Quizizz, Berpikir Kritis

References

DAFTAR PUSTAKA

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project Based Learning, Educational Psychology, ESPY 505.

Grant, M.M. 2002. Getting a Grip of Project Learning: Theory, Cases and Recomandation, North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies, Journal Vol.5

Nurfitriyanti, M. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Jurnal Formatif 6(2) : 149-160

P21. 2019. Partnership for 21st Century Learning. Framework For 21†Century Learning, 9.

Rezeki, Rina Dewi, dkk .2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Disertai dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.4 No.1:74-81.

Siboro, Asiroha; ZEGA, Lipur Zupriman; PURBA, Andre. Pengaruh Model Blended Learning Berbasis LMS (Learning Management System) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisikawan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, feb. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1325>. Date accessed: 31 aug. 2022.

Siboro, Asiroha et al. Pengenalan Teknologi Sederhana Sebagai Media Belajar Bagi Peserta Didik Sd Di Kelurahan Kuta Gambir Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. PKM Maju Uda, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, apr. 2022. ISSN 2745-6072. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1618>. Date accessed: 31 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1618.

Siboro, Asiroha; Panjaitan, Jelita. Pengaruh Model PBL berbantuan phet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Pokok Elastisitas Dan Hukum Hooke Siswa Kelas Xi Semester I Sma Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 31-36, sep. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1159>. Date accessed: 31 aug. 2022.

Downloads

Published

2022-08-31