Efektivitas Unit Lost & Found Terhadap Kualitas Pelayanan Bagasi Penumpang Maskapai Citilink di Masa New Normal Pandemi Covid 19 di Terminal Kedatangan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3908Abstract
Abstrak
Menghadapi masa new normal pandemi Covid-19, Pemerintah mengeluarkan kebiijakan baru yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ditengah kondisi yang sangat kompetitif saat ini, penting untuk mempertahankan standar kualitas pelayanan yang memenuhi harapan pelanggan dan mengubahnya menjadi pengguna berulang. Salah suatu pelayanan terhadap penumpang juga berarti pelayanan terhadap barang bawaan penumpang yaitu bagasi. Unit Lost & Found sebagai divisi yang sangat berperan dalam proses pelayanan bagasi penumpang di area kedatangan dituntut untuk bekerja secara optimal dengan memaksimalkan jumlah petugas yang tersedia agar tercapai efektivitas kinerja yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas unit Lost & Found terhadap kualitas pelayanan bagasi penumpang maskapai Citilink di masa PPKM di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terjadi pengurangan SDM yang berpengaruh pada efektivitas petugas unit Lost & Found, hal tersebut tidak menunjukkan penurunan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan bagasi di unit Lost & Found Citilink. Dengan petugas yang tersedia saat ini unit Lost & Found tetap bekerja secara efektif, meskipun pada suatu kondisi membuat petugas dituntut untuk bekerja lebih ekstra bahkan petugas menjadi kewalahan. Sehingga diperlukan adanya penambahan SDM dan pengembangan sarana untuk meminimalisir terjadinya permasalahan, komplain penumpang dan menunjang proses pelayanan yang lebih optimal.
Kata Kunci: Unit Lost & Found, PPKM, Kualitas Pelayanan Bagasi, Efektivitas.
References
DAFTAR PUSTAKA
Azmarani, Adinda Wahyu, 2016, Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier (Studi Deskriptif di PT. Citilink Indonesia Cabang Surabaya).
Anjani, Tutut, dkk, 2019, Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.
Ariessanti, Hani Dewi, Muhamad Yusup dan Ifran Sanni, 2019, Model Sistem Lost And Found Pada Pencarian Bagasi Di Maskapai Penerbangan. Jurnal Of Innovation And Future Technology (IFTECH).
Abdul Majid, Suharto dan Warpani, Eko Probo D, 2014. Ground Handling: Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Rajawali Pers, 2009.
Chonsalasin, Dissakoon dkk, 2020, Measurement Model of Passangers’ Expectations of Airport Service Quality. International Journal of Transportation Science and Technology.
Diniyati, Nur, 2021, Pengaruh Penanganan Bagasi Rusak Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Lombok Praya. STTKD
Erdiana, Tias Vela dan Dyah Hariani, 2017, Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Hamzah, Amir, 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Haerawan, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan Lost & Found Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan PT. Citilink Indonesia Di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Tahun 2018.
Jamilah, Lailina dkk, 2019, Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perkawinan Pada Kantor Urusan Agama.
Lawi, Armin, Fatmawati Sabur dkk, 2013, Kajian Waktu Tempuh Perencanaan Penumpang dan Bagasi Di Terminal Kedatangan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Mawar, Lusi Andriyani, dkk, 2021, Dampak Sosial Ekonomi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia.
Pendi, Pepen. (2016). Kupas Tuntas Penerbangan. Yogyakarta.Deepublish.
Rizal, Muhammad, Ria Afrianti, dan Iman Abdurahman, 2021, Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Bagi Pelaku Bisnis Coffee Shop Pada Masa Pandemi Terdampak Covid-19 Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi.
Sumenge, Ariel Sharon, 2013, Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Minahasa Selatan.
Susilowati, Tri dan Andhika Panji Saputra, 2021, Peranan Unit Lost & Found Dalam Penanganan Bagasi Yang Bermasalah Pada Maskapai Citilink Indonesia Di Bandara Halim Perdanakusuma.
Sutarwati, Sri dan Surhanudin, 2015, Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2021 Tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara Mengenai Bagasi Hilang Pada Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Jurnal Manajemen Dirgantara, Vol. 8 No. 2.
Subiyanto, Didik, dan Ahmad Mudiun, 2017, Komparasi Kualitas Pelayanan Check-in Dengan Pengambilan Bagasi Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.
Yuliana, Dina, 2014, Analisis Persepsi Petugas Operasional Dalam Pelaksanaan Baggage Handling System (BHS) di Bandara Kualanamu – Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novanti Tri Utami, Kifni Yudianto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.