Pengaruh Pendidikan Awal Melalui Kelompok Bermain Terhadap Kemandirian Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3910Abstract
Abstrak
Kesadaran orang tua dalam memberikan layanan pendidikan anak sejak usia dini dewasa ini  sangat minim, hal ini dapat dilihat dari persepsi orang tua bahwa memasukkan anak dalam Kelompok Bermain hanya buang-buang waktu dan mereka khawatir anak akan merasa bosan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diangkat yakni seberapa besar pengaruh pendidikan awal melalui Kelompok Bermain terhadap kemandirian belajar anak Taman Kanak – kanak di TK Tunas Cita Sidoarjo. Sebuah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk  mengetahui pengaruh yang berarti antara kemandirian belajar anak TK yang mengawali pendidikan usia dininya melalui Kelompok Bermain dengan kemandirian belajar anak TK yang tidak diawali melalui Kelompok Bermain di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo. Sampel penelitian berjumlah 88siswa dengan tehnik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis Uji t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t-Test ( ) adalah 4,33 dan nilai t teoritik ( ) db = N – 2 = 44 – 2 = 42. Pada table nilai t dengan db sebesar 42 tidak ada, maka dicari db yang terdekat yaitu db = 40. Pada taraf signifikan 5.% didapat nilai t teoritik adalah 2,021dan pada taraf signifikan 1% didapat nilai t teoritik adalah 2,704. Dari nilai t ini dapat dituliskan bahwa: (4,33) (5%= 2,021) dan  (4,33) > (1% = 2,704). Berdasarkan hasil analisis diatas hipotesa nihil yang berbunyi “tidak ada pengaruh kelompok bermain terhadap kemandirian belajar anak Taman Kanak-kanak di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo†di tolak dan hipotesa alternative diterima.. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dan interpretasi hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya melalui( lulusan ) Kelompok Bermain lebih mandiri dalam belajar dari pada anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya tidak melalui (lulusan ) Kelompok Bermain di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Sidoarjo.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kelompok Bermain, Taman kanak-kanak
References
DAFTAR PUSTAKA
Approriate Practise in Early Child hood Programs Serving Children From Birth Through Age 8. Washing ton : Ninth Printing.
Bredekam,Sue. 1992. Developmentally:
Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education : Preschool Through Primary Grades: USA: Pearson Education.
Baharudin,2004.Paradigma Psikologi Islam, Studi Tentang Elemen Psikologi dari Al-Quran.Yogyakarta:PustakaPelajar.
Desmita, 2010.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Desmita, ( 201I). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Fadlillah,Muh& Lilik M,2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono,2008, Metode Penelitian pendidik an (Pendekatan K uantitatif, dan R & D) Bandung : Alfabeta
Sobur, Alex,(2003) Psikologi Umum, Ban dung: CV Pustaka Setia, .h.219-220.
Santrock, John W.2008.Psikologi Pendidik an:alih bahasa, Jakarta: Kencana.
Santrock, John W. 2002.L:ife-span Development:alih bahasa, Juda Dama nik dkk. Jakarta: Erlangga
Sujono,YulianiNurani.(2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakar ta: PT Indeks.
Sugiyono,2007. Metode Penelitian Kuantita tif Kualitatif dan R&D. Bandung CV Pustaka Setia
Santoso, Soegeng, 2011. KonsepPendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya 1. Jakarta : Kumpulan Makalah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Herini Kuswardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.