Pengaruh Pendidikan Awal Melalui Kelompok Bermain Terhadap Kemandirian Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Tahun 2022

Authors

  • Herini Kuswardani Universitas PGRI Argopuro

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3910

Abstract

Abstrak

Kesadaran orang tua dalam memberikan layanan pendidikan anak sejak usia dini dewasa ini  sangat minim, hal ini dapat dilihat dari persepsi orang tua bahwa memasukkan anak dalam Kelompok Bermain hanya buang-buang waktu dan mereka khawatir anak akan merasa bosan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diangkat yakni seberapa besar pengaruh pendidikan awal melalui Kelompok Bermain terhadap kemandirian belajar anak Taman Kanak – kanak di TK Tunas Cita Sidoarjo. Sebuah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh yang berarti antara kemandirian belajar anak TK yang  mengawali pendidikan usia dininya melalui Kelompok Bermain dengan kemandirian belajar anak TK yang tidak diawali melalui Kelompok Bermain di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo. Sampel penelitian berjumlah 88siswa dengan tehnik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data  dengan studi dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis Uji t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t-Test  ( ) adalah 4,33  dan nilai t teoritik ( ) db = N – 2 = 44 – 2 = 42. Pada table nilai t dengan db sebesar 42 tidak ada, maka dicari db yang terdekat yaitu db = 40. Pada taraf signifikan 5.% didapat nilai t teoritik adalah 2,021dan pada taraf signifikan 1% didapat nilai t teoritik adalah 2,704. Dari nilai t ini dapat dituliskan bahwa: (4,33) (5%=  2,021) dan  (4,33)  > (1% = 2,704). Berdasarkan hasil analisis diatas hipotesa nihil yang berbunyi “tidak ada pengaruh kelompok bermain terhadap  kemandirian belajar anak Taman Kanak-kanak di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo†di tolak dan hipotesa alternative diterima.. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dan interpretasi hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya melalui( lulusan ) Kelompok Bermain lebih mandiri dalam belajar dari pada anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya tidak melalui (lulusan ) Kelompok Bermain di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Sidoarjo.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kelompok Bermain, Taman kanak-kanak

References

DAFTAR PUSTAKA

Approriate Practise in Early Child hood Programs Serving Children From Birth Through Age 8. Washing ton : Ninth Printing.

Bredekam,Sue. 1992. Developmentally:

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education : Preschool Through Primary Grades: USA: Pearson Education.

Baharudin,2004.Paradigma Psikologi Islam, Studi Tentang Elemen Psikologi dari Al-Quran.Yogyakarta:PustakaPelajar.

Desmita, 2010.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Desmita, ( 201I). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Fadlillah,Muh& Lilik M,2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono,2008, Metode Penelitian pendidik an (Pendekatan K uantitatif, dan R & D) Bandung : Alfabeta

Sobur, Alex,(2003) Psikologi Umum, Ban dung: CV Pustaka Setia, .h.219-220.

Santrock, John W.2008.Psikologi Pendidik an:alih bahasa, Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2002.L:ife-span Development:alih bahasa, Juda Dama nik dkk. Jakarta: Erlangga

Sujono,YulianiNurani.(2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakar ta: PT Indeks.

Sugiyono,2007. Metode Penelitian Kuantita tif Kualitatif dan R&D. Bandung CV Pustaka Setia

Santoso, Soegeng, 2011. KonsepPendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya 1. Jakarta : Kumpulan Makalah

Downloads

Published

2022-08-31