Peran Promosi, Eco Friendly Packaging dan Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Ritel Kopi Susu
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3912Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eco-friendly packaging, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Stuja Coffee di Cipete. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, peneliti memperoleh data kuantitatif dari penyebaran kuesioner menggunakan Google Forms. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan program SPSS Statistik Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 responden yang berdomisili di Jabodetabek dengan ketentuan mengetahui dan pernah membeli produk Stuja Coffee, penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dan purpose sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eco-friendly packaging, promosi dan harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci: Packaging, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian.
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustini & Gd.Suasana. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks di Bali. Buletin Studi Ekonomi, 25(1), 52–79.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 1(April), 1-10.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition Global. Harlow, Essex, England: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. Edisi 15. Pearson: Education.inc.
Margalena, S. d. . (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Yogyakarta.
Mario, P. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal EMDA, 3(3), 1101–1112.
Marpaung. F, Markus, Assyifa et al. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7, 49–64.
Muqarabbin, Alex Maulana. (2017). Teori yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Perilaku Konsumen (Theory of Planned Behavior). School of Business & Management.
Mursid, M. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasurdin, A. M., Nasser, M., Noor, M., & Hassan, H. (2003). Students’ choice intention of a higher learning institution : an application of the Theory of Reasoned Action (TRA). Malaysian Management Journal, 7(1), 47–62.
Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52.
Pontjo dan Yoni. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9
Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh kemasan dan harga pada keputusan pembelian minuman isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(2007), 1–20
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfa Beta.
Suwastiari, N. L. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee di Denpasar.Jurnal EMAS, Vol 2.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi et al. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 67–80.
Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Budi Harto, Poniah Juliawati, Andina Dwijayanti, Tanti Widia Nurdiani, Yohanes Totok Suyoto, Joko Ariawan, Magdalena Magdalena, Hendy Tannady
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.