Peran Promosi, Eco Friendly Packaging dan Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Ritel Kopi Susu

Authors

  • Budi Harto Politeknik LP3I
  • Poniah Juliawati Politeknik LP3I
  • Andina Dwijayanti Politeknik LP3I
  • Tanti Widia Nurdiani Universitas Islam Raden Rahmat
  • Yohanes Totok Suyoto Universitas Pembangunan Jaya
  • Joko Ariawan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Magdalena Magdalena Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3912

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eco-friendly packaging, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Stuja Coffee di Cipete. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, peneliti memperoleh data kuantitatif dari penyebaran kuesioner menggunakan Google Forms. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan program SPSS Statistik Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 responden yang berdomisili di Jabodetabek dengan ketentuan mengetahui dan pernah membeli produk Stuja Coffee, penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dan purpose sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eco-friendly packaging, promosi dan harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci: Packaging, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustini & Gd.Suasana. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks di Bali. Buletin Studi Ekonomi, 25(1), 52–79.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 1(April), 1-10.

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition Global. Harlow, Essex, England: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. Edisi 15. Pearson: Education.inc.

Margalena, S. d. . (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Yogyakarta.

Mario, P. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal EMDA, 3(3), 1101–1112.

Marpaung. F, Markus, Assyifa et al. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7, 49–64.

Muqarabbin, Alex Maulana. (2017). Teori yang Biasa Digunakan Untuk Mengukur Perilaku Konsumen (Theory of Planned Behavior). School of Business & Management.

Mursid, M. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasurdin, A. M., Nasser, M., Noor, M., & Hassan, H. (2003). Students’ choice intention of a higher learning institution : an application of the Theory of Reasoned Action (TRA). Malaysian Management Journal, 7(1), 47–62.

Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52.

Pontjo dan Yoni. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh kemasan dan harga pada keputusan pembelian minuman isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(2007), 1–20

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfa Beta.

Suwastiari, N. L. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee di Denpasar.Jurnal EMAS, Vol 2.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wahyudi et al. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 67–80.

Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741.

Downloads

Published

2022-08-31