Efektivitas Pembelajaran Berbasis Diskusi bagi Anak Jalanan (Studi Kasus di Sekolah Anak Jalanan Minda Rescue atau PKBM Minda Utama)

Authors

  • Yayat Hidayat Universitas Insan Cendikia Mandiri
  • Dimas Regyyana Universitas Insan Cendikia Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3932

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan suatu negara. Mengingat pendidikan juga menjadi sebuah unsur penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan itu, pendidikan menjadi salah satu fokus utama pembangunan suatu bangsa. Sedangkan, Indonesia dengan keadaan alamnya yang beragam dan pembangunan yang terpusat di beberapa tempat membuat kesenjangan pendidikan menjadi keniscayaan yang terjadi saat ini. Pendidikan informal untuk anak jalanan dapat digolongkan sebagai pendidikan berbasis masyarakat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, populasinya adalah pembina PKBM, dua (2) orang tutor dan warga belajar sebanyak delapan (8) orang. Teknik analisis data sebelum, saat dan setelah penelitian. Metode diskusi yang digunakan tutor di Sekolah Anak Jalanan Minda Rescue sudah efektif karena langkah-langkah yang harus dilakukan dan hal-hal yang mempengaruhi metode diskusi telah dilaksanakan dengan maksimal, sehingga proses pembelajaran dengan menggunkan metode diskusi sudah mampu menghasilkan tujuan belajar yang yang tidak monoton bagi peserta didik, peneliti juga mendapati bahwa sebagian besar prilaku para peserta didik serta unsur-unsur yang ada di sanggar belajar cukup baik dari segi motivasi semangat belajar dalam menjalankan aktifitas pembelajaran. Contoh yang diamati peneliti di sanggar belajar ini setiap harinya semua guru dan peserta didik melakukan diskusi diluar pembelajaran, dengan demikian dinyatakan bahwasannya metode diskusi yang di lakukan di dalam pembelajaran menambah motivasi semangat belajar peserta didik.

Kata Kunci: Pendidikan, Kesenjangan Pendidikan, Metode diskusi

 

Abstract

Education is the most important factor in the sustainable development of a country. Considering that education is also an important element in improving the quality of human resources. With that, education becomes one of the main focuses of the development of a nation. Meanwhile, Indonesia with its diverse natural conditions and development that is concentrated in several places makes the education gap a necessity that is happening today. Informal education for street children can be classified as community-based education. The method used is descriptive qualitative, data obtained by observation, interviews, and documentation, the population is PKBM coaches, two (2) tutors and eight (8) learning residents. Data analysis techniques before, during and after the study. The discussion method used by the tutor at the Minda Rescue Street Children's School has been effective because the steps that must be taken and the things that affect the discussion method have been carried out to the maximum, so that the learning process by using the discussion method has been able to produce learning goals that are not monotonous for students, the researchers also found that most of the behavior of the students and the elements in the learning studio were quite good in terms of motivation, enthusiasm for learning in carrying out learning activities. The example observed by researchers in this study center every day all teachers and students conduct discussions outside of learning, thus it is stated that the discussion method carried out in learning adds to the motivation of students' learning enthusiasm.

Keywords: Education, Education Gaps, Discussion Method

References

DAFTAR PUSTAKA

Artikel blogspot. (2015). Pendidikan Kesetaraan. Diakses dari http://karyacombirayang.blogspot.com/2015/10/makalah-pendidikan-kesetaraan-program.html

Artikel jejak pendidikan. (2016). Pengertian dan Jenis-jenis Instrumen Penelitian. Diakses dari http://www.jejakpendidikan.com/2016/07/pengertian-dan-jenis-jenis-instrumen.html

Artikel kompas. (2015). Pendidikan Bagi Anak jalanan. Diakses dari https://www.kompasiana.com/deirradesu/54f6b36ca3331104568b468b/pendidikan-bagi-anak-jalanan

Artikel meentanet. (2022). Metode Diskusi Menurut Para Ahli. Diakses dari https://meenta.net/metode-diskusi-menurut-ahli/

Artikel pendidikan id. (2021). Pengertian Pendidikan Secara Umum. Diakses dari https://artikelpendidikan.id/pengertian-pendidikan-secara-umum/

Blaine R. Worthen & James R. Sanders. (1973). Educational Evaluation: Theory and Practice. Ohio: Charles A. Jones Publishing Company.

Burhan Bungin. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Deddy Mulyasa. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Djudju Sudjana. (2001). Pendidikan Luar Sekolah :Wawasan, Srjarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung : Falah Production.

Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayat Yayat. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan di Kota Bandung

Ibnu. (2009). Definisi atau Pengertian efektivitas. Diakses dari http://noebangetz.blogspot.com/2009/07/definisi-atau-pengertian- efektivitas.html

MacBeath, John dan Mortimore, Peter. (2005). Improving School Effectiveness : memperbaiki efektivitas sekolah. Penerjemah: Nin Bakdi Soemanto. Jakarta: Gramedia

Michael Quinn Patton. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. (Alih bahasa: Drs. Budi Puspo Priyadi, M. Hum). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

S. Eko Putro Widoyoko. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudarwan Danim. (2004). Motivasi, Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: RINEKA CIPTA

Suyabrata & Sumadi. (2003). Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003. Cet. Ke-13.

Downloads

Published

2022-09-02